7 Penyimpanan Cloud Storage Gratis Terbaik 2021 untuk Backup File Pentingmu

Cloud Cover

Di era digital yang kini menjadikan internet sebagai kebutuhan utama, proses backup file melalui layanan penyimpanan cloud storage menjadi sangat penting. Ini disebabkan karena setiap perangkat penyimpanan komputer miliki batas umurnya masing-masing, baik tiga hingga lima tahun tergantung penggunaannya.

Melakukan backup via cloud storage menjadi pilihan utama yang wajib dilakukan oleh setiap insan sebelum umur hard disk atau SSD mulai terkikis dan mati total.

Terdapat banyak servis penyimpanan cloud storage yang bisa diakses oleh banyak orang secara gratis. Tentu saja dengan beberapa batasan yang cukup wajar, setidaknya untuk file penting yang dimiliki setiap penggunanya. Apa saja? Mari kita simak melalui daftar di bawah.

7. Amazon Drive

Tak hanya urusan toko online, gaming via Twitch, dan film via Prime, Amazon juga rambah servis cloud storage melalui Amazon Drive. Layanan ini akan berimu ruang simpan sebesar 5GB untuk versi gratis dan akan jadi unlimited untuk member Prime. Kamu juga bisa mendapatkan tambahan jika bukan member dengan berlangganan bulanan.

Sayangnya jika kamu tak mengurusnya selama kurang lebih satu tahun, maka ruang simpan tersebut juga akan menghilang. Jadikan servis ini cukup tidak baik bagi para pemula.

6. Microsoft OneDrive

Jika kamu menggunakan Windows 8.1 ke atas, Microsoft OneDrive merupakan satu paket layanan Microsoft untuk setiap user Windows modern. Pengguna Windows original yang login via akun Microsoft bisa mendapatkan layanan ini secara cuma-cuma dan terintegrasi langsung ke semua drive Windows asal internetmu ada.

Layanan ini tentu saja bisa digunakan secara terpisah dengan menggunakan akun Microsoft jika kamu menggunakan Linux atau Mac. Sama seperti layanan yang lain, OneDrive miliki versi gratis dan berbayar langganan perbulannya yang tentu saja berikan ruang penyimpanan lebih besar dibanding versi gratisnya yang terbatas di sekitar 5GB saja.

Menariknya, pengguna bisa mendapatkan tambahan ruang penyimpanan tak hanya dari berlangganan, namun juga via link referral.

5. Google Drive

Siapa tak kenal Google Drive? Cloud storage gratis dari perusahaan mesin pencari dan android yang satu ini berikanmu ruang penyimpanan hingga 15GB. Kamu hanya perlu mendaftar sebuah akun, maka semua servis Google termasuk YouTube, Android Play Store, hingga Drive bisa menjadi milikmu.

Upload maupun download menggunakan Google Drive juga berimu keleluasaan dengan kecepatan maksimum sesuai kecepatan internetmu tanpa batasan bandwidth sama sekali. Kamu juga bisa sync atau sambungkan file yang ada di cloud storage langsung ke PC atau laptopmu. Jadi selama kamu masih punya koneksi internet, kamu bisa mengakses filemu yang ada di awan.

Tentu saja mereka juga berikan opsi berbayar dengan ruang simpan yang jauh lebih besar, namun selama file pentingmu tak lebih dari 15GB, sepertinya ruang simpan gratis yang diberikan sudah lebih dari cukup.

4. MEGA

Para pencari file ilegal tentu sangat mengenal MEGA jika mengikuti karirnya di masa lalu. Berawal dari sebuah website penyedia ruang penyimpanan digital MEGAUPLOAD yang sempat picu salah satu kasus pelanggaran hak cipta digital terbesar di dunia yang diadili di meja hijau, Kim Dotcom selaku kreatornya tak berhenti dari bisnis tersebut.

Kim mendirikan MEGA yang berbasis di Selandia Baru sebagai salah satu generasi cloud storage pertama di dunia. MEGA akan berimu ruang penyimpanan gratis hingga 50GB di awal promosinya.

Sayangnya, MEGA memiliki satu kekurangan yakni batasan bandwidth perhari-nya untuk tipe akun gratis. Kamu hanya diberikan sekitar 2GB untuk mentransfer filemu ke MEGA, baik upload maupun download. Membayar servisnya juga akan diberikan batasan, namun jauh lebih besar dari batasan normal versi gratis. Selain itu mereka juga akan memberimu ruang simpan untuk berlangganan.

3. MediaFire

Sama seperti MEGA, MediaFire menjadi salah satu tempat untuk bagikan ragam file ilegal di masa lalu, ini karena kecepatan maksimum yang ia tawarkan di setiap downloadnya. Penggunaannya kini sudah mengikuti MEGA dan Google Drive dengan ragam batasan tertentu.

MediaFire kini dikenal sebagai Media online streaming yang mampu lakukan streaming video atau musik dari platformnya. Bisnis yang telah berjalan selama 11 tahun tersebut buat mereka menyadari untuk membatasi bandwidth streamingnya hingga sekitar 4GB.

2. iCloud

Sama seperti Microsoft yang miliki layanan OneDrive untuk pengguna Windows, Apple juga miliki layanan cloud storage bernama iCloud. Kurang lebih semua layanannya sama seperti OneDrive dimana ia bisa diakses oleh pengguna OS manapun baik Mac dan Windows.

iCloud terintegrasi pada semua produk Apple baik iPhone, Mac (Desktop), maupun Macbook. Dengan kata lain kamu akan bisa akses ke semua produk Apple tersebut di manapun dan kapanpun asal memilikinya.

Layanan cloud storage ini miliki batasan hingga 5GB saja.

1. Drop Box

Drop Box merupakan salah satu generasi cloud service pertama di dunia. Karena termasuk pemain lama, mereka memiliki layanan terbaik di kelasnya. Ya, meskipun batasan filenya hanya sekitar 2GB.

Y Combinator selaku kreator menjadikan Drop Box sebagai cloud storage service dengan kecepatan yang dibutuhkan penggunanya. Sesuai namanya, kamu hanya perlu “melemparkan” file ke sebuah “box” virtual dengan menyeretnya untuk menguploadnya.

Kamu yang miliki uang lebih atau mungkin tengah jalankan bisnis dan miliki kantor dengan data super penting akan bisa mengupgrade akunmu hingga miliki ruang simpan sebesar 3-5 TB.


Penyimpanan cloud storage di atas memang miliki sekitar 2-5GB sebagai standarnya dengan maksimum 15-50GB sebagai layanan penyimpanan terbesar. Menyimpannya di servis ini juga pastikan bahwa filenya akan tetap abadi selama servis penyedia layanan tidak menghapus akunmu.

Kami mungkin melewatkan beberapa servis lain yang mungkin sekarang tengah kamu coba. Oleh karenanya, kamu bisa mencantumkannya via kolom komentar di bawah setelah artikel ini dibagikan.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version