8 Pertanyaan ini Bisa Bikin Gamer Indo Gebuk-Gebukan

rfgtw4eft4

Di dunia ini banyak banget hal yang bisa jadi bahan debat. Dari politik, olahraga, sampe pendidikan. Gak Cuma itu aja, bahkan merembet ke dunia game juga guys! Awalnya, Cuma hal sepele aja, tapi akhirnya malah pada debat. Misalnya aja di forum diskusi tentang hardware komputer atau tentang video game. Obrolan santai yang bertujuan buat cari informasi, bisa berubah seketika jadi perdebatan panas gara-gara sejumlah oknum. Ngomong-ngomong, pertanyaan apa aja sih yang bisa jadi sarana debat? Berikut ini beberapa daftarnya.


1. Mendingan Game original apa Bajakan?

Original image: GearNuke.com

Ini sering kejadian waktu ada newbie tanya di grup-grup yang bahas tentang game. Awalnya sih percakapan baik-baik aja, sampe ada orang fanatik terus ngata-ngatain. Biasanya, biasanya loh ya, gak selalu, debat masalah ini gak jauh-jauh dari harga game itu sendiri. Terus yang kedua, tentang keunggulan dan kekurangan dari dua hal di atas. Padahal, sebenernya kan gak perlu sampe ribut-ribut segala, cukup kasih penjelasan, terus biar si penanya yang pilih, mau beli original apa bajakan.


2. Bagusan PES apa FIFA?

Original image: digitalspy

Nah, dua game sepakbola yang selalu rilis tiap tahun ini, seakan-akan udah jadi rival berat. Dua game ini punya kelebihan sama kekurangan masing-masing kan?  Misalnya FIFA lebih unggul soalnya punya banyak lisensi resmi. Sementara itu, PES lebih unggul karena spek yang dibutuhin buat main gak setinggi FIFA. Tapi, pertanyaan sepele gini, bisa jadi rusuh waktu ada fanboy menyerang. Ada baiknya kalo kamu cobain langsung game-nya entah itu download versi demo apa pinjem punya temen. Dengan cara itu, kamu bisa ngerasain secara langsung experience main game-nya tanpa harus tanya.


3. Mending Beli Konsol apa PC?

Original image: wakeandgame

Sekarang, jaman udah semakin maju. Kalo mau main game, banyak banget pilihan, gak harus pake konsol. Tapi, banyak pilihan justru bikin orang makin bingung. Kamu pernah nemu orang yang bingung mending beli konsol apa PC, terus dia tanya di grup-grup game. Berawal dari pertanyaan ini, bisa jadi ribut. Biasanya, konsol user jelek-jelekin PC pake game eksklusif mereka. Sedangkan, PC user jelek-jelekin konsol pake “alasan 30FPS” dan mereka mengklaim punya kualitas grafik yang lebih tinggi dibanding konsol.


4. 30FPS Sama 60FPS Bedanya Apa?

Banyak gamer yang bingung sama perbedaan antara 30FPS dan 60FPS. Gak jarang juga ada yang bilang kalo dua-duanya sama aja. Ada juga yang mengklaim kalo manusia gak bisa lihat sampe 60FPS. Kalo menurut saya sih terlihat ada bedanya. Kalo gak percaya, coba kamu buktikan sendiri. Gerakan-gerakan kelihatan lebih smooth di 60FPS. Untuk ilustrasinya, bisa kamu lihat di bawah ini:


5. Bagus CSGO apa PB?

Original image: BC-GB.com

CSGO dan PB, merupakan dua game First Person Shooter Multiplayer yang saat ini digemari banyak kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sekalipun. Ketika kamu coba bandingin dua game tadi, biasanya sesi komentar jadi memanas. Dikarenakan PB Player dan CSGO Player berdatangan untuk mempertahankan pendapat mereka. Contoh Ilustrasinya gini:

A: ”Bagus PB apa CSGO gan?”

B: ”PB aja gan, gratis, CSGO apaan, mahal harus bayar”

C: ”CSGO aja, pemainnya lebih dewasa gak kayak bocah, PB apanya gratis? Senjata harus beli Cash pake waktu lagi”

B: ”CSGO kan juga ada item-item yang harus beli pake uang, itu apaan?”

C: ”Tapi kan permanen, gak kayak PB”

B: ”Sama aja! Kalo gak beli senjata gak menang”

C: ”Kata siapa? Damage senjata sama skin sama aja kok!”

Udah ah, silahkan dilanjut sendiri menggunakan imajinasi masing-masing. Bisa 2 halaman kalo gak di stop.


6. Bagus Call of Duty apa Battlefield?

Original image: Gamerant

Lagi, ada dua game First Person Shooter yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Akan tetapi, hubungan antara penggemar dari kedua game ini tampaknya tidak terlalu harmonis. Ketika ada pertanyaan seperti ini, bukannya memberikan jawaban secara baik dan benar, mereka cenderung menjelek-jelekan salah satu game yang nggak mereka sukai. Ilustrasi:

A: “Bagus CoD apa Battlefield?”

B: “Battlefield aja, multiplayernya lebih seru dan rame dari CoD”

C: “CoD aja, Battlefield jelek Single-Playernya”

B: “CoD jelek, gak ada bullet drop, lebih realistik Battlefield, masa nembak ke kepala pelurunya lurus?”

C: “Gak bisa! Battlefield lebih aneh, masa ada orang mati kena bom disetrum langsung hidup?”

Kurang lebih gitulah, tapi kalo dilihat-lihat kayaknya tahun ini Battlefield yang menang deh.


7. Nvidia Sama AMD Bagus Mana?

Pertarungan kubu hijau melawan kubu merah ini seakan nggak ada habisnya. Mereka sering banget keluarin kartu grafis baru dengan performa yang lebih tangguh untuk mengungguli lawannya. Bukan cuma produsennya aja yang bertarung memperebutkan pasar. Pemakainya juga saling bertarung untuk mempertahankan pendapatnya masing-masing gaes! Kalo gak percaya, coba kamu tanyakan pertanyaan di atas ke forum diskusi game atau kalo gak, di forum diskusi hardware. Mungkin kalo kamu tanya di tempat yang udah disebutin di atas, alasan yang kamu dapet masih masuk akal. Tapi, saya pernah mendengar sendiri secara langsung tanpa perantara. Percakapan antara dua orang yang sedang ngobrol masalah kartu grafis. Kurang lebih begini percakapannya:

A: ”Bedanya Nvidia sama AMD apaan sih?”

B: ”Beda, tapi kalo VGA X itu bagus buat game, kalo Y jelek”

Orang yang jawab, langsung bilang kalo salah satu dari kartu grafis di atas itu jelek tanpa kasih penjelasan lebih lanjut. Padahal kemampuan kartu grafis itu sebenernya bukan tergantung pada Nvidia atau AMD-nya.


8. Mobile Legends atau AOV?

Tentunya, kita bisa membungkus listicle ini dengan pertanyaan yang mungkin paling banyak diperdebatkan oleh para gamer mobile di Indonesia ini. Pertarungan antar kubu yang sebetulnya baru seumur jagung daripada game-game di atas yang mungkin sudah lama melenggang, tapi para fansnya siap membela mati-matian di gamenya masing-masing. Popularitas moba analog yang meroket di sini ini memang bisa dari aspek apa saja mulai dari grafik, hero, lisensi, turnamen, dan lain-lain. Namun pada dasarnya ya mereka kurang lebih sama.


Kalo diperhatikan, sebenernya awal dari semua perdebatan yang terjadi tadi itu gara-gara ada sejumlah pihak yang maksa orang lain buat nerima pendapatnya. Kalo cuma adu keyboard di medsos masih mending. Gimana jadinya kalo ada orang yang sampe bacok-bacokan di dunia nyata cuma gara-gara debat masalah game?. Gak lucu kan? Sebagai gamer yang baik, udah sepantasnya kalian tidak memaksakan kehendak ke orang lain dan coba buat terima pendapat dari orang.

Exit mobile version