7 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah untuk Rancang Rumah Idamanmu

Aplikasi Desain Rumah

Mendesain sebuah rumah dalam bermacam ukuran merupakan salah satu bentuk manusia untuk memamerkan kreativitas yang mungkin terpendam dalam bentuk visual. Saat ini, ada banyak sekali aplikasi desain rumah untuk buat rancangan rumah idamanmu menjadi nyata, meski hanya dalam bentuk draft.

Terlebih, mendesain rumah tentu memiliki tantangannya sendiri, karena selain harus sesuai, tentu harus dapat memberikan rasa aman dan nyaman. Mulai dari penataan kamar yang tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan, dan membutuhkan perhatian ekstra.

Melalui bantuan aplikasi desain rumah, tentu hal ini dapat meminimalisir ongkos tak terduga bila dibandingkan dengan merancang rumah tanpa perhitungan. Maksud dari tanpa hitung-hitungan di sini adalah tetap membuat rancangan rumah, namun tak sesuai dengan apa yang diharapkan.

1. FloorPlanner

Link Detil

Mulai dari rekomendasi aplikasi desain rumah untuk rancang rumah idamanmu, tentu harus diawali dengan yang benar-benar gratisan. Salah satu di antaranya adalah FloorPlanner, yang mengklaim dirinya sebagai pemain lama dalam kategori aplikasi desain rumah.

FloorPlanner tawarkan beberapa level dalam aplikasinya, mulai dari Project Level 1 sampai Level 4 yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu bisa mencobanya tanpa perlu takut keluarkan biaya, karena aplikasi ini benar-benar gratis dan patut kamu coba terlebih dahulu.

2. Homestyler

Link Detil

Sederha namun cukup intuitif, rasanya tak salah kami berikan ini kepada Homestyler. Rancang desainmu dari awal dalam bentuk 2D, untuk selanjutnya ditampilkan dalam bentuk 3D masih bisa dilakukan oleh aplikasi satu ini.

Fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap dan mudah untuk dimengerti karena selain berupa gambar, ia tawarkan contoh penggunaan. Meski kita memakai versi gratisan pun, kami merasa bahwa aplikasi ini sudah cukup oke untuk sekedar merancang rumah.

3. DreamPlan

Link Detil

Meski tampilannya sederhana, namun DreamPlan yang tersedia untuk platform Windows dan iOS ini cukup menarik untuk kamu pertimbangkan. Mulai dari desain rumah, lantai, landscape, interior, remodelling, dan lainnya yang cukup menarik untuk kamu coba demi menciptakan rumah idamanmu.

Aplikasi ini memiliki built-in library, di mana ia tawarkan bermacam-macam aksesoris untuk melengkapi desain rumah idamanmu. Tak perlu susah-susah mencari assets di luaran sana, karena DreamPlan sudah dilengkapi dengan sekumpulan aksesori.

4. Planner 5D

Link Detil

Tersedia dalam berbagai platform, mulai dari Android, iOS, dan PC, membuat aplikasi ini mendapat pertimbangan tersendiri. Terdapat ada berbagai macam fitur yang cukup untuk sayang untuk dilewatkan, memperhatikan bahwa ini merupakan salah satu aplikasi rumah ‘gratisan’.

Nilai lebih dari aplikasi ini terletak pada pendekatan augmented dan virtual reality, mencerminkan ini merupakan aplikasi zaman now. Selain itu, fitur menarik lainnya adalah ‘render to the reality’ yang mana diklaim dapat membuat desain 2D menjadi desain 3D. Masih banyak fitur lainnya yang harus kamu coba sendiri untuk benar-benar merasakannya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

5. SketchUp

Link Detil

Sebagai salah satu aplikasi desain, tentu tidak ada yang tak kenal dengan aplikasi satu ini, SketchUp. Dulunya, aplikasi ini hanya tersedia secara berbayar, namun seolah ikuti perkembangan zaman, kini ia pun sediakan versi gratisan. Sayangnya, untuk akses SketchUp, kamu membutuhkan koneksi internet cukup cepat, karena hanya bisa diakses lalui browser.

Meski dapat diakses secara percuma alias free, namun fitur yang ditawarkan dapat bersaing dengan kompetitornya. Tak hanya sekedar aplikasi desain rumah, namun kita diberi kebebasan untuk membuat apapun yang kita mau, layaknya blender. Bedanya, aplikasi ini memang lebih diperuntukkan untuk membuat sesuatu yang berhubungan dengan properti.

6. Home Design 3D

Link Detil

Salah satu aplikasi yang kami rasa cukup banyak tawarkan fitur untuk mendesain sebuah rumah adalah Home Design 3D. Untuk mendapatkan aplikasi desain rumah ini, kamu setidaknya harus merogoh kocek sekitar 80 Ribuan. Namun harga tersebut kami rasa akan cocok dengan banyaknya fitur yang ditawarkan oleh aplikasi satu ini.

Mulai membuat rancangan dalam ukuran milimeter pun dapat dilakukan secara presisi dan sesuai keperluan. Meski aplikasi ini termasuk ramah di kantong, namun fitur yang ditawarkan aplikasi ini tidak kalah dengan kompetitornya. Penulis bahkan pernah gunakan aplikasi ini untuk membuat desain rumah kantor alias ruko untuk seorang teman.

Karena tak hanya tampilkan dalam 2D, aplikasi ini tawarkan tampilan 3D yang tentunya dapat kita isi furnitur gambaran rumah impian.

7. Aplikasi Desain Rumah Terbaik The Sims 4

The Sims 4 adalah aplikasi desain rumah terbaik versi kami

Link Detil

Meski bukan sebuah aplikasi desain rumah ‘murni’, menurut kami video games yang cukup dikenal ini terbilang mampu menawarkan peran tersebut. Alih-alih memainkan game-nya, kamu cukup membuat Sims secara acak, yang dilanjutkan dengan membuat rumah character yang kamu buat.

Bukan bermaksud lakukan promosi, namun The Sims 4 pada kenyataannya memang tawarkan gameplay membuat rumah yang kami rasa cukup imersif. Mulai dari membuat pondasi, menata kamar, bahkan hal-hal detail seperti peletakan aksesoris pun sudah masuk perkiraan dari developer game ini.

Meski hanya sebuah games dengan genre simulation, namun kami rasa tidak ada salahnya memasukkan The Sims 4 ke dalam rekomendasi. Karena selain mampu berikan kebebasan dalam membuat rumah impian, tampilan 3D penuh warna tentu takkan membuatmu merasa bosan dalam berkreasi.

Dulunya, penulis sering memainkan game ini untuk sekedar mencari referensi ketika membangun rumah idaman. Tentu saja tampilan 3D dan penuh warna The Sims 4 ini tak membuat bosan dibanding aplikasi konvensional.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa membuat rancangan rumah tidak dapat main-main, membutuhkan aplikasi desain rumah untuk benar-benar dapat mempermudahmu membangun rumah impian. Karena rumah yang sesuai rencana awal, tentu akan memberikan kepuasan tersendiri, terlebih bila kita sendiri yang merancangnya.

Merancang desain kamar, pekarangan, ruang makan, atau apapun itu dengan sentuhan personal tentu membutuhkan atensi lebih demi hasilkan kepuasan tersendiri. Dengan bantuan beberapa rekomendasi aplikasi desain rumah di atas ini, kami berharap kalian dapat merancang rumah idaman versi kalian sendiri.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version