7 Rekomendasi Game PS Vita Keren dan Unik

Img 09062020 131646 (800 X 450 Pixel)

Img 09062020 131646 (800 X 450 Pixel)

Sebelum adanya Switch, PS Vita bisa disebut sebagai the most powerful true handheld, kekuatan PS Vita ini akhirnya menjadi ladang bagi developer dari untuk merilis ulang gamenya dari berbagai platform ke Vita. Sayangnya karena beberapa alasan tertentu seperti hanya populer di Jepang dan didominasi game JRPG dan light novel, Vita kalah populer dengan console dan handheld saingannya. Meskipun kurang populer, Vita punya beberapa game fantastis yang memang didesain nyaman dimainkan untuk Vita, berikut adalah listnya.


1. Killzone Mercenary

FPS pada umumnya tidak didesain untuk dimainkan di handheld karena limitasi kontrol dan hardwarenya, namun Killzone Mercenary membuktikan bahwa FPS bisa dimainkan dengan nyaman di handheld. Dibangun dengan engine yang sama dengan Killzone 3, Mercenary terlihat sangat indah dan menakjubkan. Sistem combatnya menggunakann seluruh advantage dari Vita (touchscreen+gamepad) dengan playstyle yang bisa anda anda tentukan sendiri, baik stealthy atau going rambo tidak akan memberikan konsekuensi khusus, inilah pengalaman FPS yang seharusnya ada di handheld.


2. Yomawari series

Yomawari merupakan game horror unik yang berfokus pada eksplorasi dan problem solving. Grafisnya dibuat sederhana dengan art style yang creepy, dan untuk urusan sound, Yomawari menanganinya dengan sangat baik. Level yang singkat dengan kombinasi instant death menjadi kombinasi yang pas untuk sebuah game horror yang bisa dimainkan on the go.


3. Uncharted: Golden Abyss

Ingin bisa memainkan game cinematic action sekelas ‘Uncharted’ secara dimana saja dan kapan saja? Well anda kini bisa memainkannya di PS Vita lewat Golden Abyss. Game ini merupakan prequel dari seri original Uncharted, meskipun merupakan prequel, aksi non-stop dari Nathan Drake tetap bisa anda rasakan secara menyeluruh di game ini. Hebatnya lagi, Golden Abyss juga memanfaatkan sistem touchscreen untuk melakukan beberapa hal seperti melakukan takedown dan memanjat.


4. Gravity Rush

Gravity Rush merupakan game dengan konsep open-world yang fresh dalam satu dedake ini, Gravity Rush menceritakan petualangan gadis pemanipulasi gravitas bernama Kat yang menjelajahi dunia ‘World Pillar’ untuk menyembuhkan amnesia-nya. Seperti namanya, anda memiliki kontrol penuh atas gravitasi sehingga anda bisa menjalajahi World Pillar secara vertikal maupun horizontal dengan sangat mudah (dan menantang), sistem gravity based combat-nya pun juga tidak kalah menarik. Game ini pada awalnya akan dirilis untuk PS3, namun mengingat PS Vita memiliki kemampuan gyroscope dan touchscreen yang akan sangat membantu dalam mengendalikan gravitasi, sang developer akhirnya merilis Gravity Rush di Vita.


5. Persona 4 Golden

Banyaknya JRPG berkualitas di PS vita membuat gamer sulit menentukan mana yang ingin dimainkan, namun jika berbicara yang terbaik maka Persona 4 Golden adalah jawabannya. Golden merupakan versi upgrade dari versi PS2 dengan peningkatan grafis dan fitur tambahan seperti cutscene baru, quest baru, dan kemampuan untuk berkebun dan menangkap serangga. Gameplay-nya sendiri tidak berubah banyak, namun dengan tambahan fitur pastinya semakin memperkaya pengalaman anda di gamenya.


6. Tearaway

Jika console PS punya Little Big Planet dan Nintendo punya Mario, maka Vita mempunyai Tearaway, sebuah game adventure 3D dengan kelebihan dari segi kontrol. Bagi yang belum tahu, Vita memiliki 4  jenis kontrol yakni touchscreen, gamepad, touchpad pada bagian belakang, dan gyroscope, Tearaway merupakan game yang memanfaatkan seluruh metode kontrol Vita dan mengimplementasikannya dengan baik pasa gameplaynya, contohnya touchscreen digunakan untuk memutar platform dan touchpad dapat digunakan untuk mengatur seberapa tinggi kita melompat, inilah inovasi game yang seharusnya dari segi kontrol yang seharusnya bisa diimplementasikan ke console yang diberi kelebihan dibanding handheld.


7. Soul Sacrifise

Satu lagi judul game RPG yang membuat PS Vita layak dibeli, game ini merupakan game RPG yang fokus pada combat dan grinding, dalam artian yang sangat baik. Game ini menceritakan seseorang yang mendadak menjadi penyihir berbakat setelah membaca buku bernama Librom, setelah menguasai cukup banyak ilmu pria ini berusaha mencari jalan keluar dari tempat terkutuk. Yang membedakan Soul Sacrifise dari game RPG lain adalah adanya sistem pilihan dalam core gameplaynya, setelah anda membunuh musuh anda bisa menghancurkan jiwanya atau ‘menyelamatkannya’, tentu saja aksi anda ini akan berdampak besar bagi progress anda di masa depan, dan sebagai game grinding, sebagian besar quest bisa berlangsung selama 7-10 jam, cukup lama bahkan untuk standar konsol sekalipun.

Exit mobile version