7 Rekomendasi Motherboard Intel Terbaik dan Termurah di Tahun 2022

Motherboard Intel Terbaik Dan Termurah

Memilih sebuah motherboard atau rumah untuk prosesor di platform kubu biru Intel memang  tak terlalu susah. Terlebih bila kita hanya gunakan prosesor low-end alias murah meriah untuk sekedar memainkan games yang tak terlalu menuntut. Namun, masih banyak sekali orang yang mencari rekomendasi motherboard Intel terbaik dan termurah di awal tahun 2022 ini.

Sebagaimana yang mungkin brott ketahui, platform Intel memang demen keluarkan bermacam motherboard meski rentang waktu perilisan hanya berbeda beberapa waktu. Meski tidak tawarkan sesuatu yang masif, namun kubu biru memang suka sekali merilis sesuatu yang baru-baru.

Bila kamu amati e-commerce kesayangan, akan tampak beberapa varian baru yang seharusnya disamaratakan, terlebih bila masih satu generasi. Oleh karenanya, kami akan berikan 7 rekomendasi motherboard Intel terbaik dan termurah di tahun 2022 ini, versi kami.

Disclaimer:

Kami hanya akan memberikan rekomendasi motherboard kubu biru mulai dari Generasi Ke-10 dan di atasnya karena lebih up-to-date. Selain itu, rekomendasi teknologi yang lebih baru akan membuat artikel ini relevan sampai beberapa tahun mendatang. Tidak lupa kami tak urutkan motherboard di list ini berdasarkan yang terbaik, namun hanya berdasarkan harga.

1. Asrock H510M-HDV (LGA1200)

Rekomendasi ini kami awali dengan motherboard dengan brand Asrock yang cukup miliki nama, terutama di kalangan budget-oriented customers. Rumah untuk prosesor ini dikhususkan untukmu yang masih berencana ingin manfaatkan prosesor Intel Generasi Ke-10 berkat harganya yang lebih murah.

Tawarkan ukuran Mini-DTX yang menjadi spesialisasi dari brand ini, tentunya berikan kelebihan tersendiri, terutama buatmu yang mencari motherboard berukuran mungil. Sayangnya, kelemahan dari motherboard berukuran mungil ini ialah ia tak sertakan slot M.2 yang bisa jadi pertimbangan lebih. Banyaknya RAM yang bisa dipasang ialah sebanyak dua keping.

Namun, buatmu yang hanya butuhkan rumah bagi prosesor dan tak prioritaskan penggunaan penyimpanan berbasis M.2, Asrock H510M-HDV bisa kamu pertimbangkan. Dengan banderol yang benar-benar dekat di kisaran 1 Jutaan Rupiah, tentu motherboard ini bisa jadi investasi yang murah.

2. Gigabyte H610M-S2 (LGA1700)

Di urutan kedua, kami masih berikanmu rekomendasi rumah bagi prosesor Intel keluaran terbaru yang merupakan Generasi Ke-12, atau Alder Lake. Ketimbang gunakan memory DDR5 yang masih terlalu mahal, Gigabyte lebih memilih dukungan memory DDR4 karena lebih murah dan lebih menjual untuk sekarang.

Ukuran motherboard ini terbilang standar atau normal, yaitu Micro-ATX yang memiliki dua slot RAM. Berkat ukurannya yang sedikit lebih besar, bukanlah hal sulit bagi brand ini untuk tanamkan slot M.2 di dalamnya.

Dengan harga yang masih relatif murah, kamu bisa miliki motherboard bermerek Gigabyte H610M-S2 dengan socket LGA1700. Meski dibanderol di kisaran 1 Jutaan Rupiah, rasanya masih merupakan harga yang masih cukup reasonable, mengingat LGA1700 masih tergolong baru.

3. Asus Prime B660M-K (LGA1700)

Tampaknya pemain lama dengan brand Asus ini seolah menolak lupa untuk berpartisipasi di motherboard mid-end dengan B660M-K miliknya. Dengan chipset B660 yang lebih dikhususkan untuk ditempati prosesor mid-end, namun masih dibekali dengan dukungan memory DDR4, membuatnya pilihan fleksibel.

Besaran dari motherboard ini ialah Micro-ATX standar dengan jumlah slot memory sebanyak dua, membuatnya lebih cocok untuk skema penggunaan standar. Hadirnya slot M.2 di motherboard ini sudah barang tentu mampu mendongkrak nilai rumah bagi prosesor khusus Alder Lake satu ini.

Adalah hal yang wajar bila banderol dari motherboard ini berada pada di kisaran 2 Jutaan Rupiah. Tentu saja semua ini berkat kehadiran socket LGA1700 yang benar-benar baru yang buatmu harus pertimbangkan dahulu.

4. MSI B560I EDGE (LGA1200)

Motherboard Intel terbaik dengan ukuran paling mungil di kelasnya – Penulis

Mungkin urutan keempat ini ialah rekomendasi yang kamu tunggu-tunggu, karena motherboard ini miliki ukuran yang minimalis. MSI dengan B560I miliknya biasanya kerap direkomendasikan untuk diletakkan prosesor mid-end, dikombinasikan dengan case berukuran compact.

Dengan socket yang masih LGA1200, tampak bahwa brand ini seolah menolak untuk dilupakan berkat makin terjangkaunya komponen yang cukup lawas. Ukuran dari motherboard ini ialah Mini-ITX, yang mampu buat sebagian orang termasuk penulis, tergoda untuk memilikinya. Lihatlah slot M.2 yang sudah dibekali dengan heatsink dengan tulisan EDGE tersebut.

Berada pada kisaran 3 Jutaan Rupiah, merupakan hal yang wajar mengingat ada banyak sekali aksesoris tambahan yang menunjang produktivitas kita. Dan meski hanya mendukung Intel Generasi Ke-10 dan Ke-11, motherboard ini masih cukup worth-it untuk dipertimbangkan kok, brott.

5. Asus TUF B660M-PLUS (LGA1700)

Di urutan kelima, kami mendapati brand Asus kembali memasuki list ini, namun dengan ukuran dan varian yang berbeda. TUF singkatan dari The Ultimate Force yang menjadi alternatif murah bila seri ROG atau Republic of Gamers dirasa terlalu mahal. Sesuai dengan chipset-nya, sudah barang tentu B660 mendukung prosesor Intel Generasi Ke-12.

Tawarkan ukuran yang lebih bongsor, namun masih berdasarkan M-ATX, yang buatnya beda ialah jumlah memory yang bisa dipasang. Terdapat empat slot yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu ketika merakit komputer untuk eksekusi semua kebutuhanmu.

TUF boleh dibilang cukup mumpuni direkomendasikan sebagai motherboard untuk platform Intel terbaik dan termurah di tahun 2022, brott.

Dibanderol di 3 Jutaan Rupiah, rasanya harga yang pas mengingat brott akan mendapatkan banyak aksesoris untuk menunjang produktivitas. Selain itu, dukungan socket LGA1700 sudah barang tentu akan ideal bila ditempati oleh sebuah prosesor dengan teknologi baru dari Intel.

6. Asrock Z690 PG RIPTIDE (LGA1700)

Asrock berhasil mengamankan posisi motherboard kelas high-end untuk si biru Intel dengan Z690 PR RIPTIDE miliknya. Rumah yang dirancang khusus untuk prosesor teranyar Intel ini sudah usung chipset Z690 yang termasuk tertinggi di kelasnya. Meski dukung memory DDR4, namun sudah lebih dari cukup mengingat papan ini tergolong murah.

Miliki ukuran ATX dengan jumlah memory sebanyak empat, tampak melengkapi motherboard dengan brand Asrock. Banyaknya slot konektivitas yang tersedia, berikanmu ruang lebih untuk lakukan kustomisasi demi sempurnakan produktivitasmu.

Ditaksir 3 Jutaan Rupiah, kami merasa rumah besutan Asrock ini worth untuk tempati rekomendasi motherboard Intel terbaik dan termurah di tahun 2022.

7. NZXT N7 Z590 (LGA1200)

Beralih ke motherboard lainnya adalah NZXT dengan N7 Z590 miliknya. Tampaknya kali ini kita disambangi oleh sebuah motherboard berukuran besar dengan desain serba putih yang tonjolkan kesan clean. Siapa sangka bahwa brand identik dengan case berkualitas premium dominan putih ini bisa luncurkan motherboard pula?

Berbicara ukuran, motherboard N7 Z590 besutan NZXT miliki ukuran yang cukup bongsor di kelasnya, yaitu ATX. Rumah untuk prosesor high-end ini tawarkan empat slot RAM, dan dibekali dengan cover pelindung berwarna putih atau hitam.

Beranjak ke kisaran 4 Jutaan Rupiah, namun kami merasa bahwa motherboard ini cukup pantas dibanderol pada kisaran tersebut. Ditambah dengan banyak aksesoris tertanam di dalamnya, membuat motherboard satu ini cukup pantas kamu pertimbangkan, brott.


Nah, kira-kira itulah 7 rekomendasi motherboard khusus Intel terbaik dan termurah di tahun 2022 yang bisa kamu pertimbangkan. Gimana brott, apakah kamu tertarik untuk meminangnya?

Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.co

Exit mobile version