7 Rekomendasi RAM DDR4 Terbaik dan Termurah yang Bisa Kamu Miliki di Tahun 2022

Semua Tentang Ram

Sebuah komputer maupun laptop membutuhkan random access memory atau yang lebih kita kenal dengan RAM untuk bisa menjalankan sebuah sistem. Bila tidak ada sebuah RAM terpasang, maka bisa dipastikan bahwa sebuah komputer tidak akan bisa menyala sama sekali. Untuk itu, kita harus memastikan bahwa kita harus memiliki RAM DDR4 terbaik untuk reliability.

Peran dari RAM ini sendiri tidak lain adalah untuk menyimpan semua data yang sekiranya dibutukan secara sementara untuk diakses kemudian. Biasanya, besaran RAM yang dibutuhkan akan berbeda, dan berbanding lurus dengan kebutuhan.

Teknologi terus berkembang, dan tak terasa kini kita sudah mencapai era di mana memory DDR4 kini makin terjangkau. Tidak hanya itu, banyaknya variasi speed yang ditawarkan brand tentu mudahkanmu sesuaikannya dengan kebutuhan, entah itu gaming, maupun content creation.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikanmu 7 rekomendasi RAM DDR4 terbaik dan termurah yang bisa kamu miliki di tahun 2022. Tentu saja semua ini versi kami, dan akan kami sesuaikan berdasarkan kecepatan yang ada saat ini.

Disclaimer:

Kami tidak mengurutkan barang-barang yang ada di list ini berdasarkan performa atau hal lainnya. Kami menghimbau brott semua untuk selalu pastikan RAM yang mungkin sekiranya buatmu tertarik, dengan berpedoman pada manufaktur motherboard beserta QVL.

Penting untuk Memilih RAM yang Sesuai

Meski tak bisa selalu jadi rule-of-thumb, memilih sebuah RAM tidak boleh asal loh, brott. Pastikan kamu telah mengecek Qualified Vendor List (QVL) pada motherboard yang kamu miliki sebelum membeli RAM DDR4 terbaik atau RAM DDR4 termurah.

Karena bila asal memilih, ditakutkan akan terjadi hal yang tak diinginkan seperti yang dialami penulis, di mana motherboard tak mendeteksi besaran RAM yang sesuai.

1. Team Elite 2x8GB (2400MHz)

Rekomendasi RAM DDR4 terbaik yang bisa kamu miliki di awal tahun ini ialah dari brand Team dengan seri Elite miliknya. Dengan kapasitas sebesar 16GB yang dibagi menjadi dua keping berkecepatan 2400MHz, RAM ini masih relevan untuk zaman now. Dengan desain serba hitam yang elegan, buat memory ini bisa bantu setup minimalismu bersinar.

Berbicara spesifikasi teknis, Panther 2400MHz ini dibekali dengan timing 16-16-16-39. RAM yang dibanderol 800 Ribuan Rupiah ini tentu cukup buatmu tertarik untuk memilikinya, bukan? Menurut kami, Elite adalah best bet bila brott sedang mencari rekomendasi RAM DDR4 termurah.

2. V-GEN Tsunami R 2x8GB (2666MHz)

Di tempat duduk kedua, V-GEN yang merupakan brand lokalan, menyuguhi kita dengan seri Tsunami R yang merupakan seri brand ini. Kapasitas 16GB tampak menjadi tolak ukur setup zaman now yang dominan untuk keperluan tidak sebatas hanya gaming semata. Desain heatsink berwarna biru keunguan tampak sempurnakan tampilan dari RAM DDR4 ini.

RAM Tsunami R dengan speed 2666MHz ini percayakan timing 16-18-18-35, bisa kamu dapatkan mulai dari 900 Ribuan Rupiah.

3. T-CREATE Classic 2x8GB (3200MHz)

Masih didominasi bermacam brand yang tawarkan desain RAM minimalis, tampak T-CREATE serius untuk terjun di pasar budget-oriented consumer. T-CREATE Classic tampaknya ditujukan untuk para content creators, di mana timing yang ditawarkan terlihat cukup loose, yaitu 22-22-22-52.

Dengan banderol yang masih termasuk terjangkau di 1 Jutaan Rupiah, tampaknya RAM ini bisa kamu pertimbangkan terlepas apapun itu platform-nya. Tidak bermaksud mempromosikan, namun kebetulan penulis gunakan RAM besutan Teamgroup ini untuk komputer dengan platform Intel baru-baru ini.

4. KLEVV Bolt XR 2x8GB (3600MHz)

Pada urutan keempat, tampak memory DDR4 besutan Klevv dengan seri Bolt XR yang mampu dipacu sampai dengan 3600MHz. Selain tawarkan kecepatan tinggi, namun kembali kami ingatkan bahwa kamu harus miliki motherboard yang mumpuni untuk manfaatkan performa RAM ini.

Meski tawarkan kecepatan yang termasuk tinggi, namun Klevv masih menawarkan harga yang cukup bersahabat di 1 Jutaan Rupiah. Selain itu, timing yang ditawarkan pun terlihat menarik di 18-22-22-42. Kalau boleh jujur, brand ini ialah salah satu brand RAM DDR4 terbaik dan termurah yang bisa kamu dapatkan.

5. GEIL EVO X II RGB 2x8GB (3600MHz)

Di urutan kelima, tampaknya kami sudah menemukan memory DDR4 dengan sentuhan warna-warni untuk terangi setup milikmu. GEIL dengan EVO X II RGB miliknya tampak hadir dengan desain yang terlihat kokoh dengan pencahayaan di atasnya. Selain harus ada warna-warni, GEIL tak lupa bekali RAM mereka dengan kecepatan 3600MHz yang cukup ngebut.

Dibanderol mulai dari 1 Jutaan Rupiah, memory besutan GEIL ini ideal bagi mereka yang mencari kecepatan dan style di saat yang sama. Dengan timing 18-22-22-42, sebuah besaran yang masih ideal untuk RAM dengan kecepatan lumayan ngebut satu ini.

6. T-FORCE NIGHT HAWK RGB 2x8GB (4000MHz)

Teamgroup memang terlihat memisahkan seri memory yang mereka miliki sesuai dengan kebutuhan user-nya yang dibuktikan dengan seri NIGHT HAWK RGB. Hadir dalam balutan warna putih dan elemen warna-warni khas gamers kekinian, disempurnakan dengan speed 4000MHz.

Selain dipersenjatai heatsink yang cukup bergaya, timing yang dihasilkan terlihat kompetitif di 18-20-20-44, membuatnya cukup disegani. RAM DDR4 ini bisa kamu dapatkan tepat di bawah kisaran 2 Jutaan Rupiah, brott.

7. G.SKILL Trident Z Royal Elite 2x8GB (5066MHz)

Tampaknya, brand G.SKILL dengan seri Trident Z Royal Elite miliknya akan menutup era DDR4 dengan kecepatan terbaik miliknya. Balutan heatsink yang tampak seperti emas dan pencahayaan warna-warni tampak sempurnakan RAM terbaik dan termurah ini bila dibandingkan dengan DDR5.

Berbekal timing 20-30-30-50, Royal Elite yang terlihat mentok dengan kecepatan 5066MHz ini bisa kamu dapatkan senilai 4 Jutaan Rupiah saja. Meski bukan yang termurah, namun setidaknya ini adalah salah satu RAM DDR4 terbaik untuk setup-mu.

Bonus

Sekiranya di atas ialah beberapa rekomendasi dari kami terkait RAM terbaik dan termurah yang bisa kamu dapatkan tahun ini. Kami senantiasa himbau brott semua agar dapat menyesuaikan kebutuhan dan preferensi yang dibutuhkan motherboard agar tak timbul masalah.

Tidaklah masalah bila kamu lebih mementingkan fungsi dengan gunakan RAM DDR4 termurah, karena itulah salah satu esensi dari rakit-merakit komputer.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version