7 Sumber Energi Penyebab Perang di Video Game

in
Img 30062020 200906 (800 X 450 Pixel)
Img 30062020 200906 (800 X 450 Pixel)

Manusia memerlukan energi untuk bertahan hidup, baik dari segi kebutuhan biologis manusia yang berupa makanan dan minuman hingga kebutuhan penunjang kehidupan seperti cahaya, transportasi, dll. Beberapa energi tersedia dalam jumlah yang terbatas sehingga manusia berlomba-lomba untuk memperolehnya meskipun harus dengan cara yang tidak manusiawi, ada juga energi yang tersedia dalam jumlah melimpah namun manusia tetap berusaha memperebutkan hak sebagai pemasok energi tersebut dan lagi-lagi berujung pertikaian. Berikut adalah 7 sumber energi di dunia video game yang mengakibatkan peperangan demi mendapatkan energi tersebut dalam jumlah yang besar.


1. Mako Energy/Lifestream – Final Fantasy 7

Img 30062020 200752 (800 X 450 Pixel)Konsep dari Mako Energy dari Final Fantasy 7 sebenarnya merupakan ekspansi dari beberapa mitologi dan pemikiran filosofis di dunia mengenai energi kehidupan yang dihasilkan planet bumi yang cukup kuat untuk menciptakan biosfer, dan apabila suatu makhluk hidup mati, energinya akan diserap kembali oleh bumi dan menghasilkan siklus perputaran energi. Perusahaan Shinra mengetahui peluang lifestream yang tidak terbatas dan berencana memanfaatkannya untuk membuat Mako Energy, Mako Energy merupakan energi bersih yang mendorong kemajuan teknologi umat manusia namun disaat yang sama juga merusak planet. Perusakan planet inilah yang mendorong Cloud dkk. untuk menghentikan Shinra dan memulihkan planet.


2. Minyak Paus Leviathan – Dishonored series

Img 30062020 200821 (800 X 450 Pixel)Minyak paus pada zaman dahulu adalah substansi yang sangat berharga dan digunakan sebagai sumber energi untuk memasak, sumber penerangan, bahan bakar kapal, dll., memanfatkan setting 1800-an nya, Dishonored memanfaatkan minyak paus sebagai pondasi dari tema ‘whalepunk’. Minyak paus di game ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik yang cukup besar untuk menggerakkan kereta, menyalakan generator, bahkan sebagai penambah daya ledak peluru. Tidak mengherankan bahwa Lord Regent dan Laksamana Havelock membunuh ratu dan ingin menguasai Dunwall demi sumber daya-nya yang melimpah, termasuk habitat alami paus Leviathan.


3. Argent – Doom saga

Img 30062020 200830 (800 X 450 Pixel)Argent merupakan sumber energi misterius yang dapat ditemukan di kedalaman neraka, meskipun merupakan sumber energi yang terbarukan, namun Argent cukup langka sehingga manusia maupun iblis saling berperang untuk mendapat essence of hell ini. Argent berbentuk seperti bola plasma yang dapat memancarkan energi yang hampir tidak terbatas, melihat peluang ini, UAC pun mengadakan ‘penambangan’ besar-besaran terhadap Argent yang tentu saja memicu kejadian invasi iblis ke dunia manusia. Dalam gamenya, Doomguy menggunakan Argent untuk meningkatkan performa dari Praetor Suit miliknya.


4. Ragnite – Valkyria Chronicles saga

Img 30062020 200811 (800 X 450 Pixel)Ragnite merupakan semacam mineral radioaktif yang banyak ditemukan di daratan Eropa fiktif dalam seri Valkyria Chronicles, kristal ini memancarkan cahaya biru yang indah dan memiliki aplikasi yang luas dalam berbagai bidang kehidupan. Ragnite dapat digunakan sebagai sumber energi untuk menggerakkan kendaraan berat, radiasinya dapat digunakan untuk sumber pengobatan, dan kerasnya Ragnite dapat digunakan untuk melapisi besi agar lebih kuat. Dengan segudang manfaat ini, tidak heran kekaisaran mencoba menaklukan seluruh Eropa demi mendapat Ragnite dalam jumlah yang masif.


5. Eridium – Borderlanda series

Img 30062020 200838 (800 X 450 Pixel)Eridium merupakan mineral yang dipercaya berasal dari peninggalan bangsa Eridia, makhluk dan peradaban pertama yang berhasil menciptakan tempat hidup di planet Pandora yang memiliki iklim dan makhluk hidup yang ekstrim, bangsa Eridia menggunakan Eridium untuk menciptakan teknologi dan persenjataan yang maju dan tentu saja membawa mereka pada puncak peradaban. Desas desus tentang eridium menyebar luas ke seluruh galaxy hingga perusahaan besar seperti ALTAS, DAHL, dan Hyperion berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi baru dari eridium. Eridium pada gamenya berfungsi sebagai currency khusus untuk mendapatkan item tertentu, dan jika anda menggunakan class ‘Siren’, anda bisa menyerap eridium dan meningkatkan kekuatan anda.


6. H20 – Half Life 2

Img 30062020 200851 (800 X 450 Pixel)Combine memang dikenal sebagai penakluk galaksi, mereka datang dari satu planet ke planet lainnya untuk menghabiskan sumber daya alam, namun yang paling dicari kemungkinan besar adalah air. Air di bumi menutupi 2/3 dari permukaan bumi yang tentu saja menarik perhatian dari Combine untuk menaklukan bumi. Anda bisa menemukan catatan mengenai kapal dari Combine yang menyedot air untuk dikirimkan melalui suatu portal.


7. Sinar Matahari – Ace Combat 7

Img 30062020 200859 (800 X 450 Pixel)Di Strangereal, Osean membangun mega structure yang dapat menjangkau atmosfer dan menyerap sinar matahari dalam skala besar, bangunan ini disebut ISEV atau Lighthouse. Menyadari potensi dari sumber energi yang tidak terbatas dan bisa memajukan Osean menjadi negara adidaya, Eurusea melancarkan serangan untuk merebut Lighthouse dalam event di AC7. Osean sendiri tidak bisa membiarkan Euresea memiliki Lighthouse karena Lighthouse berperan penting bagi negara untuk pemulihan setelah jatuhnya meteor Ulysses.

Avatar

Written by rafi3l