7 Tanda Tanda Kamu Sudah Kecanduan Game

in ,
Addicted computer gamer playing late at night. Dragon image on the monitor is mine and can be found in my portfolio.

Terdapat sekitar 2 milyar orang yang bermain video games di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri pada tahun 2017, terdapat sekitar 43.7 Juta orang yang bermain game (Sumber : Newzoo.com). Tentu saja tidak mengejutkan jika 3-4% dari 43.7 juta orang tersebut candu terhadap game. Apalagi pada akhir bulan tahun 2017, WHO (World Health Organization) memasukan kecanduan game sebagai salah satu daftar gangguan kesehatan mental.

Jadi, untuk kalian yang terlalu sering bermain game, sebaiknya hati – hati dengan tanda – tanda yang akan kami berikan di bawah ini, karena berikut kami akan berikan beberapa daftar gejala / tanda orang kecanduan game. Simak artikel dibawah ini.


1. Merasa tidak tenang  jika tidak dapat bermain

Salah satu hal yang paling menonjol dalam sikap orang yang kecanduan adalah Intensitas dimana orang tersebut akan bermain game. Orang yang sudah kecanduan, akan merasa tidak nyaman / tidak tenang jika ia tidak dapat bermain game kesukaannya. Anggap saja dari game MOBA mobile legend/AOV. Jika ia tidak dapat log-in dan menyelesaikan misi di game dalam satu hari itu, maka ia tidak dapat tenang seharian penuh.


2. Prioritas dalam bermain game mengalahkan prioritas lainnya

Pernah tidak pada saat kamu bermain game, dan disuruh makan sama orang tuamu, atau bahkan pacarmu kamu menjawab “Ah, bentar”. Nah, ini mungkin menjadi beberapa tanda / gejala kamu kecanduan game. Orang yang kecanduan game, akan melupakan prioritas lainnya disaat ia bermain. Ia akan merasa lebih terpenuhi saat bermain game, meskipun kebutuhan pokoknya belum terpenuhi.


3. Berbohong dengan teman / orangtua seberapa lama kamu bermain

Saat kamu ditanya “Emang kamu main sehari berapa lama?” dan  kamu menjawab “Ah, enggak cuman sebentar paling cuman 30 menitan”. Padahal kamu bisa betah duduk diam bermain game selama lebih dari 2-3 jam sehari. Bisa jadi ini adalah beberapa tanda / gejala kamu sudah kecanduan bermain game.


4. Memilih bermain game daripada berkumpul bersama teman dan keluarga

Jika kalian lebih memilih bermain game daripada bersama keluarga ataupun teman dekat kalian. Mungkin saja kalian sudah kecanduan bermain. Penting untuk membatasi saat untuk bermain game, dan saat untuk bersama keluarga.


5. Bermimpi tentang game yang baru saja dimainkan

Apalagi yang disebut selain kecanduan jika game yang kamu mainkan pada hari itu juga dapat muncul di mimpimu. Mungkin sudah saatnya kamu menurunkan konsol dan hp mu dan mulai berolahraga.


6. Penyakit seperti Migraine, Carpal Tunnel dsb

Ada beberapa penyakit yang bisa disebabkan karena bermain game. Misalkan Migraine / sakit kepala sebelah yang disebabkan karena lamanya melihat layar komputer. Carpal Tunnel syndrom yang disebabkan karena penggunaan komputer yang melebihi batas wajar yang pada akhirnya akan menghimpit saraf pergelangan tangan, dan masih banyak lagi. Simak Artikel “5 Penyakit Yang Sering Muncul Karena Keseringan Main Game“.


7. Insomnia karena bermain game

Hal ini sering terjadi kepada orang yang sudah bekerja ataupun bersekolah. Ketika kamu memprioritaskan waktu untuk bermain game lebih besar daripada waktu untuk tidurmu. Sehingga kamu akan sering insomnia dan kekurangan tidur. Hal ini akan berakibat kepada kurangnya fokus di pagi hari saat kamu akan bekerja.


Nah brott, daftar diatas adalah tanda – tanda orang yang kecanduan bermain game. Mungkin iya kita bisa melepas stress dari bermain game, namun semua yang berlebihan itu akan berdampak buruk, oleh karena itu kurangi lah bermain game brott!

Avatar

Written by Jay