7 Tanda Virus/Malware Telah Menjangkiti Komputermu

getty 946873576 397009 e1570988834384

Saat ini komputr atau pc menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi banyak penduduk di dunia ini, karena pc sendiri adalah sebuah alat elektornik yang mempunyai fungsi sangat penting untuk menunjang seseorang, terlebih jika dirinya adalah pekerja kantoran yang setiap hari selalu berada didepan komputer, bahkan sekarang hampir disemua sektor sudah menggunakan perangkat teknologi ini.

Nah tentu saja, dengan semakin berkembangnya komputer, maka pasti berkembang juga program-program didalamnya karena program sendiri adalah sebuah alat untuk menggunakan komputer itu sendiri, namun dipasaran tak semua program itu bersifat baik, tentu saja program jahat juga diciptakan, program-program ini kemudian diberi nama Malware, atau virus yang memiliki banyak jenisnya.

Apa Sih Malware Itu?

Malware adalah software yang diciptakan oleh seseorang yang mempunyai tujuan utnuk merusak sebuah sistem komputer, baik komputer itu sendiri, jaringan dan server dimana sipemilik tak tahu alias tanpa sepengetahuan dan izin si pemilik tersebut. Orang-orang kemudian menyebutnya malicious software, jika disingkat Malware dan apabila diartikan menjadi program berbahaya.

Semua komputer didunia ini pasti bisa terkena atau terinfeksi program jahat ini, baik itu lembaga pemerintahan, perusahaan besar, usaha kecil, hingga pengguna komputer pribadi sekalipun. Mereka, biasanya akan masuk ke komputermu melewati file unduhan yang kalian unduh dari browser.

7 Tanda Komputer Terserang Malware

Sebenarnya ada banyak indikasi yang bisa dirasakan apabila komputer milikmu terkena malware. Namun, sayangnya banyak yang masih belum tahu atau tidak sadar jika komputrenya telah disusupi oleh malware ini. Oleh karena itu Gamebrott akan memberikan 7 tanda virus malware menyerang komputer milikmu. Sehingga kamu bisa segera mendeteksinya dan bisa melakukan proses pembersihan komputermu agar kembali normal.

Berikut, 7 Tanda virus/malware menyerang komputermu:

1. Kinerja Kompter Tiba-Tiba Menjadi Lambat

Salah satu tanda ketika sebuah virus atau malware adalah melambatnya proses kinerja komputer milikmu, hal ini dikarenakan virus atau malware akan menyerang sistem komputermu dan menghancurkanya, sehingga komputer milikmu akan menjadi berat saat berjalan atau menjalankan program, bahkan ada beberapa kasus dimana komputermu hingga berhenti berjalan alias freeze.


2. Timbulnya Popup Iklan Yang Mencurigakan 

Serangan malware juga bisa dideteksi jika tiba-tiba komputermu muncul banyak sekali pop-up iklan mencurigahakan yang sangat mengganggu. Hal ini bisa terjadi, karena si pembuat malware tersebut menyerang korbannya dengan menyisipkan script untuk menampilkan iklan-iklan yang kemudian bisa saja popup iklan tersebut akan mengarahkan ke website-website yang berbahaya.


3. Sering Terjadi Redirect

Malware dalam pembuatanya salah satu tugasnya yaitu mengarahkan korbanya untuk mengunjungi website-website berbahaya yang bisa saja membahayakan komputermu, tentu saja website-website ini adalah website yang sudah diatur oleh sipembuat malware tersebut.

Ketika kalian tiba-tiba sering mendapatkan redirect link kesebuah website-website yang mencurigakan kalian sebaiknya ahrus hati-hati. Bahkan mereka bisa saja membuat sebuah website tiruan yang sangat mirip dengan website aslinya apabila kamu tidak jeli, yang nantinya si korban mengakses website tersebut mereka akan terkena virus yang berbahaya. Dalam sebuah kasus, seorang penipu online bahkan membuat web semirip mungkin dengan website aslinya yang kemudian melakukan penipuan dan sudah banyak korban terkena tipuan tersebut.


4. Tiba-Tiba Terdapat Postingan Misterius di Media Sosial Kamu

Hal ini bisa saja terjadi, pernahkah kamu melihat jika tiba-tiba seseorang mengirim atau membuat postingan yang aneh pada akun sosial Medianya? Jika pernah maka itu adalah salah satu tanda untuk mendeteksi apabila malware telah menjangkiti komputernya. Dengan diretasnya akun media sosialnya akan menimbulkan hal yang berbahaya, bisa jadi para pelaku melakukan penipuan terhadap teman-teman kamu yan mengatasnamakan dirimu.


5. Munculnya Notifikasi Berbahaya 

 

Para pembuat malware biasanya memiliki banyak modus dalam mengelabui korbanya, salah satunya adalah dengan cara menakut-nakuti para korbanya. Biasanya mereka akan membuat seolah-olah komputermu sedang dalam keadaan berbahaya dengan cara menampilkan pesan-pesan yang cenderung menakutkan. Oleh karena itu, jika kamu tiba-tiba sering mendapatkan notifikasi bahwa komputer/laptop Anda terjangkit virus, kamu harus chek pesan tersebut dengan hati-hati.

Modus mereka biasanya akan mengirimkan notifikasi yang sangat mengerikan sehingga korbanya akan terpengaruh untuk mengklik iklan tersebut dan menginstall aplikasi yberbahaya yang telah disiapkan, sehingga apabila korban menginstall aplikasi tersebut, maka pc atau komputernya akan terjangkiti oleh malware.


6. Peringatan Ancaman Data Telah Disegel

Saat ini marak terjadi pengancaman dimana data dari pc kamu akan dikunci dan tak bisa diakses, biasanya si pembuat malware akan meminta uang tebusan kepada korbannya jika ingin menyelamatkan data pada komputer yang mereka jangkiti. Namun, apabila korban tak melakukan seperti yang diminta oleh para pembuat malware tersebut, mereka akan mengancam untuk mengapus data atau menyebarkan data sensitif milik korban.


7. Tidak Dapat Digunakan Tools Default Sistem

Tanda-tanda terakhir adlah apabila tools default dari sistem seperti Task Manager atau Registry Editor tidak bisa digunakan. Hal ini bisa terjadi, dan jika tiba-tiba tidak bisa menggunakan tools default dari sistem, kamu harus waspada dan melakukan scanning pc kamu, seperti yang kamu tahu jika tools ini adalah sebuah tools yang sangat penting untuk melihat aktivitas pada komputer kamu.


Jadi itulah beberapa tanda atau indikasi apabila virus dan malware telah menjangkiti komputer kamu, apabila kamu sudah mendapat salah satu dari indikasi diatas maka kamu perlu waspada dan mengechek pc kamu dengan cara scanning virus menggunakan anti virus atau semacamnya.


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Exit mobile version