7 Tips Merawat GPU Kesayangan Agar Awet dan Tahan Lama

Merawat GPU

GPU merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sebuah komputer. Komponen ini bertugas untuk memberikan kemampuan dan performa yang dibutuhkan penggunanya dalam bermain game, maupun melakukan pengolahan grafis.

Permasalahan GPU yang sering dialami pengguna adalah overheat, termasuk di antaranya melakukan overclock pada komponen ini. Nah, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, berikut kami rangkum beberapa tips untuk merawat GPU agar awet dan tahan lama.

1. Menggunakan PSU Berkualitas

Menggunakan PSU berkualitas merupakan hal yang sangat-sangat vital untuk menjaga GPU tetap awet dan tahan lama. Selain mampu menyuplai GPU dengan aliran listrik yang stabil dan aman, komponen lain pun akan menjadi lebih awet. Idealnya, PSU berkualitas adalah PSU yang brandnya sudah terdaftar secara resmi di website Clearesult, lengkap dengan sertifikasi 80+.

Sebaliknya, kalau kamu menggunakan PSU abal-abal, besar kemungkinan akan mengakibatkan kerusakan pada komponen yang ada di komputer kita. Oleh karena itu, penting untuk memilih PSU yang berkualitas agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.

2. Sebisa Mungkin Hindari Overclock Berlebih

Overclock juga merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari GPU. Kebanyakan orang melakukan overclock untuk mendapatkan performa lebih dari GPU yang mereka miliki, sehingga kemampuannya akan menjadi sedikit lebih baik.

Sebisa mungkin, hindari overclock berlebih, karena akan memaksa GPU ntuk bekerja lebih keras dari kemampuan yang seharusnya. Selain itu, hal ini tentu akan sangat mempengaruhi suhu dan keawetan suatu GPU.

3. Selalu Perhatikan Sirkulasi Udara Di Dalam Casing

Sirkulasi udara juga memiliki pengaruh yang sangat besar untuk membuat GPU tetap awet dan tahan lama. Dengan memiliki sirkulasi udara yang baik, suhu semua komponen dapat dialirkan secara efisien, sehingga dapat mencegah udara panas yang terperangkap dalam casing.

Meskipun digunakan pada ruang ber-AC, idealnya sebuah komputer menggunakan setidaknya 3 fan, dengan 2 sebagai intake, dan 1 sebagai exhaust. Dengan melakukan hal ini, dipastikan sirkulasi udara tidak akan menjadi suatu masalah.

4. Jangan Lepas GPU Sebelum Mematikan Arus Listrik

Hal ini pernah terjadi kepada seorang teman penulis, loh brott. Entah bagaimana seorang teman tersebut lupa akan hal ini, dan yang terjadi selanjutnya adalah ia tersengat aliran listrik. Jadi, selalu pastikan untuk mematikan tombol on/off di PSU dan cabut kabel dari terminal sebelum ingin melepas GPU.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Selain berbahaya bagi pemilik komputer, hal ini juga sangat berbahaya untuk komponen GPU ini, karena ada kemungkinan terkena arus pendek.

5. Jangan Asal Memberi Thermal Paste

Dokumentasi Pribadi Penulis

GPU mengalami panas berlebih atau overheating meskipun kamu membelinya baru-baru ini? Jangan terburu-buru untuk mengganti thermal paste yang ada pada GPU tersebut, karena akan langsung menghilangkan garansi loh brott.

Coba perhatikan beberapa tips sebelumnya, mungkin ada kaitannya dengan sirkulasi udara di dalam casing atau bisa saja kamu melakukan overclock. Bila memang tidak ada perubahan berarti setelah melakukan tips sebelumnya, coba hubungi toko di mana kamu membelinya untuk mendapatkan solusi.

6. Selalu Pastikan Fan GPU Terpasang Dengan Baik

Nah, buat yang memiliki GPU berumur dan sudah mengganti thermal paste, selalu pastikan fan GPU sudah terpasang dengan baik. Fan yang tercolok dengan baik akan dapat mendinginkan seluruh komponen GPU tanpa masalah. Hal ini merupakan salah satu faktor penting untuk merawat GPU agar bisa awet dan tahan lama.

Bila fan pada GPU mengalami masalah, seperti tidak berputar atau lambat, coba pastikan kabel fan terpasang dengan baik. Namun, bila fan tersebut tidak berputar, mungkin sudah saatnya mengganti fan GPU dengan yang baru.

7. Selalu Pantau Suhu GPU

Memantau semua suhu komponen-komponen dalam komputer, termasuk GPU bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi seperti HWInfo. Dengan aplikasi ini setidaknya kamu dapat memiliki gambaran suhu pada suatu komponen, sehingga bila ada sedikit masalah, kamu akan dapat langsung mengatasinya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kami sarankan untuk merawat GPU kesayangan agar awet dan tahan lama. Walau usia komponen perangkat elektronik tidak ada yang tahu, namun akan lebih baik untuk mencegah daripada menyesal di kemudian hari.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version