7 Tips WhatsApp Untuk Maksimalkan Keamanan Obrolan Pribadi Kamu

in ,

Siapa sih yang sekarang tidak mengenal WatsApps, sebuah aplikasi obrolan yang saat ini popular dan digunakan oleh masyarakat baik di Indonesia dan dunia. Saking populernya hampir semua orang menggunakanya, baik untuk sekedar mengobrol ataupun bertransaksi jual-beli.

Ketika sebuah aplikasi semakin banyak digunakan tentunya akan menimbulkan sebuah pertanyaan, apakah WhatsApp ini aman atau tidak, apakah data kalian bocor atau diketahui oleh orang lain. Oleh karena itu, kali ini Gamebrott akan mencoba memberikan kamu tips dan trik untuk memaksimalkan keamanan chatting kalian dengan teman kalian saat menggunakan WhatsApp agar tidak mudah diketahui oleh orang lain.

Gunakan WhatsApp versi resmi

 

Saat ini sangat banyak sekali beredar aplikasi WhatsApp Mods yang bertebaran di Internet, karena semakin banyaknya aplikasi WhatsApp yang palsu, akhirnya pihak WhatsApp membuat sebuah peringatan kepada para pengguna WhatsApp mods untuk beralih ke versi resmi. Tentu saja pihak WhatsApp sudah benar melakukan tindakan preventif tersebut karena ini menyangkut data pribadi para pengguna aplikasi tersebut.

Secara tidak langsung jika kamu menggunakan WhatsApp Moods, kamu tidak tahu kamu berurusan dengan developer seperti apa, tentu saja data-data pribadimu juga dipertanyakan keamananya karena tidak jelas pengembang dari WA mods tersebut, oleh karena itu keputusan paling bagus ketika kamu menggunakan versi resmi. Untuk mendapatkanya kamu bisa mendownload WhatsApp versi resmi melalui toko aplikasi resmi milik Google yaitu Google Playstore  untuk pengguna Android atau Apps Store untuk pengguna smartphone berbasis iOS.


Aktifkan Enkripsi Data

Enkripsi data adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.

Sebenarnya WhatsApp sendiri sudah menggunakan sistem ekripsi end-to-end sehingga tidak perlu lagi melakukan hal tersebut, namun setidaknya kamu bisa chek kembali apabila sedang mengirim pesan yang sangat sensitif seperti password, credit card, dll.

Cara memastikan bahwa obrolan terenkripsi sepenuhnya:
1. Masuk obrolan dengan kontak Anda
2. Tekan pada tanda tidik 3 pojok kanan atas, lalu pilih view contact
3. Tekan pada Enkripsi
4. Disitu akan terlihat satu set angka yang berbeda bersama dengan QR Code.
5. Kamu hanya perlu meminta kontak untuk memindai Kode QR. Atau sebaliknya.

Foto : OpenWeb

Aktifkan Notifikasi Keamanan

Dengan mengaktifkan fitur ini, nantinya setiap kali memulai obrolan baru, kalian  akan diberikan sebuah kode keamanan untuk kedua perangkat. Untuk mengaktifkanya sangat mudah, kamu cukup ikuti langkah dibawah ini :

Untuk mengaktifkan pemberitahuan keamanan;

1. Buka WhatsApp
2. Kemudian kamu langsung saja pilih pengaturan
3. Pilih Akun
4. Pilih Keamanan
5. Tampilkan pemberitahuan keamanan
6. Ubah slider ke aktif

Foto : OpenWeb

Gunakan Fitur Two-Factor Authentication

Dalam perkembanganya, kini WhatsApp juga memiliki fitur berguna lainya, yaitu Two-Factor Authentication. Fitur ini merupakan langkah yang berguna untuk mengamankan akun kamu.

Nantinya, setelah kamu mengaktifkan Two-Factor Authentication, kode verifikasi akan diperlukan saat kamu akan mencoba mengatur WhatsApp pada perangkat baru.

Cara mengaktifkan Two-Factor Authentication untuk nomor kamu;

1. Buka WhatsApp
2. Kemudian pilih Pengaturan >Akun> Two-Factor Authentication > Aktifkan
2. Masukkan kode sandi 6 digit dikirimkan WhatsApp
3. Masukkan email pemulihan jika kamu lupa kode sandi

Foto : OpenWeb

Selalu Periksa WhatsApp Web

Jika kamu adalah seorang pekerja kantoran atau sering menggunakan fitur ini, setidaknya selalu chek WhatsApp web kamu, karena jika saja kamu lengah dan teledor, bisa saja WhatsApp Web kamu masih terhubung dan ada yang jahil dengan pc atau komputer yang kamu gunakan sehingga data-data obrolan pribadi kamu akan dibaca dan tersebar oleh khlayak umum.


Gunakan Aplikasi Pengunci Tambahan

Kalau kamu sering meletakkan ponsel kamu di meja atau ditempat terbuka, saat dirumah ataupun berkumpul dengan teman, sebaiknya gunakan aplikasi pengunci tambahan ini, dengan menggunakan aplikasi ini setidaknya akan menghindarkan dari kejahilan teman kamu ataupun orang yang kepo dengan isi chat obrolan pribadi kamu.

Saat ini banyak sekali aplikasi pengunci tambahan tersedia di toko aplikasi, namun kamu harus memilah aplikasi-aplikasi tersebut, walaupun itu berada di toko aplikasi resmi seperti Playstore ataupun Apps Store. Salah-salah bukanya mengamankan aplikasimu malah dia memperlambat ponsel kamu karena aplikasi tersebut ternyata berisi iklan yang sangat banyak.


Gunakan Aplikasi resmi WhatsApp PC 

Bagi kamu yang saat ini sering menggunakan WhatsApp di PC, sebaiknya kamu beralih dari menggunakan WhatsApp Web  ke aplikasi khusus WhatsApp di PC Desktop.

Dalam sebuah laporan, menurut perusahaan keamanan dikatakan jika WhatsApp Web dianggap punya ancaman keamanan. Oleh karena itu, disarankan agar para pengguna untuk beralih menggunakan aplikasi versi Desktop dan meninggalkan WhatsApp Web. Untuk mendownloadnya, kamu bisa mengunjungi situs resmi WhatsApp atau klik disini.


Jadi itulah brott 7 tips WhatsApp untuk memaksimalkan keamanan obrolan pribadi kamu, sehingga setidaknya untuk celah obrolan kita bocor itu semakin kecil walaupun tidak sepenuhnya akan aman, ingat brott didunia ini tak ada sistem yang aman.


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]