7 Rekomendasi VGA Murah Meriah di Saat Semua Masih Mahal

Vga Murah Meriah Bima

Sampai detik ini, harga sebuah graphic processing unit atau GPU yang tersedia di pasaran seolah masih belum berani menyentuh MSRP. Entah dikarenakan suplai yang masih tersendat entah di mana atau tunggu momen tepat, meski sudah banyak yang meminang VGA murah.

Ditambah dengan aktivitas nge-game dan content creation yang kini makin lekat dengan keseharian, jadikan kehadiran VGA makin krusial. Jangan heran dengan pelafalan yang benar antara GPU dan VGA, karena keduanya diartikan sama di tanah air tercinta.

Memilih sebuah VGA murah yang berbanding lurus dengan kesehatan dompet dan peruntukan itu sebenarnya gampang-gampang susah. Namun harus dicatat bahwa ketika memilih VGA incaran, entah itu kondisi baru maupun bekas, harus benar-benar memenuhi standar zaman now.

Disclaimer:

Di sini kami hanya akan berikanmu beberapa rekomendasi yang pantas sesuai dengan kondisi pasar saat ini. Standar terendah penulis ialah mampu memainkan games sekelas Genshin Impact, Valorant, Fortnite, maupun Apex Legends dengan resolusi 1080P.

Penulis tegaskan takkan masukkan besaran FPS yang didapat secara mendetail, karena hasil benchmark bisa dengan mudahnya kalian temukan di Youtube. Selain itu, VGA murah yang akan kami rekomendasikan telah disesuaikan agar sesuai dengan standar zaman now.

Kami akan mengurutkannya dari yang paling murah, sampai yang paling relevan dengan zaman now. Semua VGA yang ada di list ini dalam kondisi baru, bukan bekas. Artikel ini di-update per bulan Maret 2022.

1. GT 1030

Kemampuan dari GT 1030 sebagai salah satu VGA murah andalan sejuta umat ini tampaknya tak usah kamu ragukan. Meski diluncurkan beberapa tahun silam, tak membuat kartu grafis ini kehilangan pamor sebagai penerus resmi dari GT 730.

Dibanderol mulai dari 1 Jutaan Rupiah, tampaknya merupakan taksiran yang ideal untuk memainkan games kekinian dengan budget pas-pasan. Perlu dicatat bahwa VGA ini miliki 2 varian, yaitu 2-4GB DDR4 dan 2GB DDR5. Jangan tergiur dengan besaran VRAM yang ditawarkan, karena sudah pasti DDR5 lebih cepat ketimbang DDR4, brott!

2. RX 550

Sebenarnya sedikit berat rekomendasikan VGA murah kubu merah AMD ini yang tentu saja karena taksirannya yang benar-benar tak masuk akal. Rilis di tahun yang sama dengan GT 1030, namun perbedaan ‘berarti’ yang ditawarkan RX 550 ialah menawarkan varian 4GB DDR5.

Kamu bisa mendapatkan varian 2GB DDR5 di rentang 1 Jutaan Rupiah. Namun untuk varian 4GB DDR5, mau tidak mau kamu harus rela merogoh kocek di kisaran 2 Jutaan Rupiah. Penulis kurang menyarankan varian 4GB DDR5 karena limitasi dari RX 550 sendiri yang membuatnya terasa ‘mentok’.

3. GTX 1050Ti

Berbicara kemampuan, nampaknya penerus resmi dari “LORD CESPLENK” alias GTX 750Ti ini sudah lebih dari cukup untuk memainkan games disebutkan. Meski rilis setahun lebih muda dari GT 1030, namun tak serta-merta jadikan kemampuan yang ditawarkannya kurang relevan dengan zaman now.

Hadir dalam besaran VRAM 4GB, kamu bisa mendapatkan VGA murah ini di kisaran 3 Jutaan Rupiah. Namun, kembali catat bahwa harga yang sedang turun-turunnya ini bolehkannya makin turun dalam beberapa waktu mendatang.

4. RX 6500XT

Bila brott menonton Brottcast yang disajikan oleh penulis beberapa waktu lalu, bukannya aneh bila masukkan GPU ini ke dalam daftar? Kubu merah AMD “berusaha” untuk berikan VGA murah yang bisa dijadikan alternatif, namun tampaknya usaha tersebut gagal total.

Meski harganya memang masih di kisaran 3 Jutaan Rupiah, namun banderol tersebut dirasa penulis tidak pantas sama sekali. Bagaimana tidak, kartu grafis yang lebih lawas bahkan miliki kemampuan pemrosesan encoding maupun decoding yang tak dimiliki oleh RX 6500XT. Meski demikian, ini bisa dijadikan salah satu alternatif hanya bila benar-benar murah.

5. GTX 1650

Sebenarnya bila kita berbicara relevansi dengan zaman now, kartu grafis besutan NVIDIA inilah jawaban yang solid, setidaknya untuk saat ini. Rilis sekitar tiga tahun silam, sudah barang tentu kemampuannya terpaut cukup jauh ketimbang GTX 1050Ti bila mengacu benchmark.

Lucunya, NVIDIA luncurkan dua varian memory yang berbeda, yaitu DDR5 dan DDR6 yang terpaut hanya dalam satu tahun. Sebenarnya penulis merasa geli melihat langkah yang diambil oleh NVIDIA karena bedanya juga benar-benar tak berasa. Bila kamu tertarik meminangnya, sediakan alokasi dana sekitar 3 Jutaan Rupiah, brott!

6. GPU Murah Ideal Saat Ini, RTX 3050

Nah, rasanya inilah VGA murah yang paling worth it untuk saat ini sih, brott. Berbekal VRAM 8GB DDR6, rasanya sebuah besaran yang sudah lebih dari cukup untuk beberapa waktu mendatang. Menjalankan games favorit pada resolusi 1080P selain titel yang disebutkan penulis di atas rasanya adalah hal yang mudah.

Berkat “kelangkaan” yang melanda beberapa waktu silam, harga kartu grafis ini sempat touchdown di kisaran 8 Jutaan Rupiah. Dan berkat “banyaknya suplai” saat ini, RTX 3050 akhirnya berhasil sentuh 5 Jutaan Rupiah, buatnya worth untuk di-mention.

7. RTX 3060

Rekomendasi terakhir dari kami kembali diisi oleh NVIDIA dengan RTX 3060 miliknya. Tawarkan VRAM sebesar 12GB DDR6, yang sudah lebih dari cukup untuk mainkan games kekinian dengan gunakan VGA murah.

Dengan banderol yang kini mulai 6 Jutaan Rupiah, tentunya tak payah kalian berpikir untuk meminangnya langsung. Besaran memory yang diusung pun sudah lebih dari cukup bahkan untuk jalankan games di resolusi yang lebih besar.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version