7 Video Game di mana Kamu Berperan Sebagai Tuhan

Game Tuhan

God game merupakan genre yang sangat langka yang pernah dikembangkan oleh developer. Ini karena konsepnya yang sangat rumit tak hanya dari manajemen saja, namun juga AI yang mengatur jalannya permainan.

Dalam god game, kamu akan berperan sebagai Tuhan bukan seperti Dewa layaknya God of War yang berantem atau mengatur para dewa di Age of Mythology, namun sebagai Tuhan yang mengatur segalanya. Ngerti kan apa yang kami maksud?

Banyak hal yang harus kamu atur, mulai dari pembentukan dunia, populasi, mengurus penyakit, wabah, bencana alam, hingga memantau pengikutmu dari zaman purba ke zaman modern.

Kekuasaanmu juga bisa ditunjukkan dengan memberi bencana, jatuhkan meteor, dan membuat sebuah agama yang percaya akan keberadaanmu.

Namun tak jarang ada god game yang fokus pada kehidupan beberapa individu saja dan tak perlu mengatur dunianya secara luas.

Lantas apa saja gamenya? Berikut 7 video game di mana kamu berperan sebagai Tuhan.

7. Rise to Ruins

Rise to Ruins ini cukup unik karena gabungin god game, strategi, city building, dan survival. Kamu akan membangun desa dan berusaha untuk mempertahankannya malam hari untuk menghalau monster. Sebagai Tuhan, kamu akan bisa menghancurkan musuh dari udara, meningkatkan kecepatan tumbuh atau berkembangnya sumber daya, menyembuhkan warga desa, dan yang lainnya.

6. Populous Series

Dibuat oleh Bullfrog dan dipublish EA tahun 1989, Populous akan berimu peran sebagai Tuhan. Kamu akan bisa pimpin pengikutmu melalui manipulasi hingga ikut campur via jalan suci untuk menghancurkan pengikut Tuhan yang lain. Terdapat 500 level yang bisa dimainkan. Tiap level akan miliki pengikutmu dan pengikut Tuhan lain.

5. The Sims Series

The Sims sebenarnya lebih 50:50 berperan sebagai Tuhan atau simulasi, karena kamu bisa menentukan segalanya, namun juga bisa mengatur segalanya. Kamu akan membuat kehidupan manusia bernama Sims, menuntunnya untuk mendapatkan pekerjaan, menikah, memiliki anak, hingga tiba saatnya mereka untuk pergi. Game ini cukup adiktif hingga saat ini karena update yang terus menerus diberikan dan selalu ada hal baru di setiap permainannya.

4. Black and White Series

Black and White merupakan salah satu dari embahnya god game, kamu akan berperan sebagai Tuhan yang harus memimpin semua orang di beberapa pulau. Bedanya, kamu punya wujud dan terjun langsung ke masyarakat. Tentu saja wujud tersebut bukan kamu, melainkan “utusan Tuhan”. Kamu bisa mengajarinya bertempur, kapan harus makan, dan yang lain. Jika ia salah maka kamu bisa langsung menghukumnya. Game ini miliki konsep bahwa semua yang kamu lakukan akan berdampak di dunianya, mirip-mirip seri Fable lah.   

3. From Dust

From Dust sering disebut sebagai penerus spiritual dari Populous yang juga akan perankanmu sebagai Tuhan. Di game ini kamu bisa menuntun sebuah suku untuk mendapatkan pengetahuan dan mengedit dunia sesuai apa yang kamu suka. Bedanya dengan game simulasi, edit dunia ini hanya akan berlaku dengan memindahkan yang telah ada menjadi sesuatu yang baru. Misalnya saja memindah pasir atau tanah untuk membentuk tanah baru di tengah lautan dan yang lainnya.

2. Spore

Pernah membayangkan untuk membuat makhluk hidup ala dirimu sendiri? Spore adalah jawabannya. Game ini mungkinkanmu untuk membuat makhluk hidup sendiri dari bakteri hingga berevolusi menjadi sesuatu yang baru. Kamu akan menuntun dan melihat perkembangannya hingga puncaknya menjadi penjelajah ruang angkasa.

1. The Universim (Early Access)

Cukup panjang untuk mendeskripsikan The Universim karena banyak hal yang harus dijelaskan. Singkatnya, kamu akan berperan sebagai Tuhan yang akan mengatur semua populasi manusia, mengajarinya cara bersihkan diri, minum dari sumber air yang sehat, membuat sumur, bercocok tanam, pengobatan, hingga tentu saja membuat keturunan. Kamu akan melihat, mengupgrade, dan memantau perkembangan zaman purba hingga modern. Tidak suka? Kamu bisa beri wabah hingga meteor untuk menghancurkan semua yang telah kamu buat.


God Game bisa menjadi salah satu opsi bagi kamu yang bosan memainkan RPG atau adventure. Di sini kamu bisa santai dan mengatur apapun yang ada dalam dunianya sesuka hati tanpa perlu fokus memikirkan strategi yang intens.

Mungkin daftar di atas baru sedikit dari daftar game yang telah ada di pasaran. Dari daftar di atas, mana yang kamu suka? Atau kamu pernah memainkan game bertemakan Tuhan yang lain? Seperti biasa, cantumin ya di kolom komentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version