7 Video Game di mana Tokoh Protagonis Kalah

in
Noctis Luna

Pada umumnya video game miliki kisah klise yang mana si jahat atau antagonis melakukan kejahatan, sementara player akan memerankan protagonis dan berakhir dalam ending yang menyenangkan. Sayangnya, tidak semuanya sama seperti impian dan harapanmu.

Hal ini karena terdapat beberapa video game di mana tokoh protagonis harus mau menerima kenyataan pahit akan ketidakberdayaan mereka. Entah karena memang lemah, situasi tak mendukung, atau harus menerima konsekuensi yang wajib ia terima. Membuatnya menjadi salah satu ending paling sedih di sepanjang franchisenya.

Apa saja gamenya? Berikut 7 video game di mana tokoh protagonis kalah.

Disclaimer

Artikel ini mengandung spoiler, kamu sebaiknya tidak membacanya jika belum memainkan gamenya.

7. Shadow of the Colossus

Demi cinta matinya kepada Mono, Wander mau tak mau harus percaya pada Dormin, sebuah entitas yang memberikan misi menghancurkan 16 Colossi demi menghidupkan kembali Mono. Sayang, rasa cinta Wander demi bertemu kembali Mono membutakan segalanya dan menghancurkan semua Colossi. Hasilnya? Dormin terbebas karena pecahan tubuhnya telah dikembalikan oleh Wander, sementara ia harus kalah dan dirasuki Dormin. Mono memang hidup kembali pada akhirnya, namun Wander? Ia tak bisa bertemu dengan kekasih hatinya tersebut akibat perbuatannya.

6. Halo Reach

Kamu adalah tentara Spartan yang harus melawan serbuan Covenant di planet Reach. Sayangnya semua rekan-rekanmu mati. Kamu hanya bisa menyelamatkan Cortana dan sisa-sisa perjuanganmu yang pada akhirnya bawa cerita serinya ke tokoh yang sudah pasti kamu kenal, Masterchief. Misi terakhirmu adalah bertahan hidup, namun karena kalah jumlah, kamu mau tak mau harus mati diserbu para alien tersebut. Ya, kematianmu tak bisa dihindari oleh cara apapun termasuk cheat sekalipun karena inilah akhir kisahmu.

5. Final Fantasy XV

Final Fantasy XV miliki ending yang jelas tak bisa ditolak oleh para playernya. Hal ini karena semua keturunan Lucis beserta Oraclenya pada akhirnya mati. Ya, termasuk Noctis. Ardyn Izunia, musuh utama gamenya yang sebenernya bisa jadi tokoh utama ingin menghancurkan semua kebahagiaan Noctis dan Luna demi balas dendam kepada adik brengseknya. Hasilnya? Noctis harus menyegel Ardyn dengan kekuatan raja Lucis dan mengorbankan dirinya, lengkap dengan kematian Luna di tangan Ardyn. Misinya sukses, dia menang. Noctis yang ngga tau apa-apa antara konflik mereka berdua? Mati.

4. Red Dead Redemption

Dalam Red Dead Redemption kamu akan perankan John Marston, mantan penjahat harus menyelamatkan anak istrinya yang diculik oleh agen federal. Untuk menyelamatkannya kamu harus bekerjasama dengan mereka sebagai pembunuh bayaran. Rampung, John akhirnya bisa bertemu kembali dengan anak istrinya. Namun pemerintah tak menepati janji dan menghujani rumah mereka dengan peluru. John kemudian keluar rumah demi melindungi keluarganya dan pada akhirnya harus mati di tangan pemerintah.

3. Diablo

Rilis tahun 1997, Diablo menjadi salah satu franchise yang ceritakan Lord of Terror, Diablo yang muncul dari neraka untuk kuasai dunia dengan kehancuran. Namun setelah berhasil mengalahkannya, rupanya makhluk ini rupanya masih hidup dan mengambil alih tubuh tokoh utama. Ini diceritakan dengan gamblang di seri keduanya. Dengan kata lain, usaha player di iterasi pertama tidak ada faedahnya sama sekali.

2. Crisis Core: Final Fantasy VII

Mati saat menjalankan tugas memang sudah menjadi resiko tentara dan Zack Fair sayangnya menjadi salah satu korbannya di Crisis Core: Final Fantasy VII. Pengguna pertama Buster Sword ini ditugaskan untuk mencari SOLDIER Genesis yang hilang. Pencariannya ungkap konspirasi yang cukup mengejutkan. Sayang, pacar Aerith yang satu ini harus mati di akhir kisahnya diberondong tentara Shinra.

1. Red Dead Redemption II

Menjadi prequel yang mengangkat kisah sebelum iterasi pertama, Red Dead Redemption II ceritakan Arthur Morgan dan geng Dutch Van Der Linde untuk temukan kehidupan baru. Sayang konfliknya bersama agen Pinkerton membuat Arthur harus mati setelah menyelamatkan John Marston. Pertempurannya dengan Micah dan sakit yang dideritanya membuat Arthur melihat matahari terbit untuk yang terakhir kalinya.


Itulah 7 video game di mana tokoh protagonis kalah. Apakah kamu geram karena pihak developer membuatnya demikian? Atau mungkin dari ending tersebut, kamu bisa memetik pelajaran? Atau kamu punya game dengan cerita dan tokoh antagonis yang akhirnya memenangkan “pertandingan”? Kamu bisa cantumin semuanya di kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).