7 Video Game Edisi Kolektor yang Keren untuk Dimiliki, Ada yang Cuma 8 Unit!

in , , , , ,

Tidak jarang hype dan antusiasme para gamer menjadi sangat tinggi ketika seorang developer membuat game baru yang dapat memikat perhatian mereka. Ketika itu terjadi, developer pun tidak segan untuk semakin memikat gamer dengan beberapa aksesoris serta edisi bundle yang dibuat. Ini biasa dilakukan bagi para gamer yang menginginkan koleksi untuk game kesukaannya.

Kami sekarang telah resmi hadir di platform Tiktok! Follow akun Tiktok kami di @gamebrott.com untuk menjumpai berbagai informasi serta konten-konten video menarik kami lainnya.

Menurut penulis, edisi bundle di bawah berikut patut untuk dijadikan koleksi dan bisa dibilang cukup eksotis. Beberapa edisi bundle ini juga diketahui hanya sedikit yang diproduksi, sehingga membuatnya sangat sulit untuk dikoleksi. Perlu diperhatikan, urutan ini tidak berdasarkan edisi yang terbaik maupun yang terburuk.

 

1. Metro Exodus Artyom’s Edition

Sumber: lupa 87 Youtube Channel

Metro Exodus merupakan game terbaru dari 4A Games dan merupakan sequel dari Metro Last Light. Tidak lama beberapa bulan setelah rilis, 4A Games mengeluarkan edisi bundle atau edisi kolektor yang cukup eksotis, seperti Metro Exodus Edisi Artyom ini. Menurut penulis edisi bundle ini sangat layak untuk dikoleksi dan terlihat cukup mewah karena edisi ini tidak dijual di mana pun, dan hanya berjumlah 10 unit saja (hanya 8 unit yang bisa dibagikan).

Info Metro Exodus Lottery Artyom Edition

Cara memperolehnya hanya melalui Undian yang diselenggarakan oleh beberapa pihak yang dipercaya untuk membagikannya seperti gambar di atas. Untuk info undiannya sendiri bisa di lihat melalui link ini. Sayangnya, undiannya sudah ditutup per tanggal 26 Juni 2019, membuat edisi bundle ini menjadi yang terlangka saat ini.

Artyom's Nixie Watch
Jam Tangan Nixie milik Artyom

Isi dari bundle ini terdiri dari Replika Masker dengan filternya, Korek Api dari Selongsong Peluru Kosong, Dog Tag dengan nama pemilik, Dompet Kulit beserta Peta Aurora serta Jam Tangan Nixie Artyom. Kualitasnya tidak diragukan lagi, pembaca pun bisa menonton video unboxing yang dilakukan oleh sang Author Novel Metro sendiri disini. Penulis sih mau jam tangannya, keren aja gitu, heheh.

 

2. Ghost of Tsushima’s Mystery Box & Collector’s Edition

Collector’s Edition Ghost Tsushima

Tentu pembaca tahu, petualangan Lord Sakai menyelamatkan Pulau Tsushima namun dengan cara yang dianggap tidak etis oleh pamannya. Para gamer menilai bahwa Ghost of Tsushima memilki jalan cerita yang sangat baik serta gameplay yang intens di awal perilisannya. Sebagai bentuk rasa terimakasih, sang developer membuat Mystery Box bagi para conten creator & Collector’s Edition yang ditujukan untuk mereka yang ingin mendapatkan ‘reward’ menarik serta merchandise eksklusif dari edisi bundle tersebut.

Lord Sakai's Mask
Sumber: TheRelaxingEnd Youtube Channel

Berbeda dengan Collector’s Edition, Mystery Box ini hanya dibuat berjumlah 100 unit saja, membuatnya menjadi cukup langka untuk dapat dikoleksi. Isi dari Mystery Box ini adanya tambahan item Tsuba (Pangkal Pedang) serta semacam Pendant atau Medali. Bagi penulis, konten paling baik dari edisi kolektor ini adalah dari Topengnya. Kalau pembaca perhatikan lebih baik, item tersebut merupakan yang paling ‘premium’ karena detail dan teksturnya yang terkesan mulus.

Harga Normal: USD 169,9 atau sekitar IDR 2.368.253,09 (Kurs Per Tanggal 5 Januari 2021)

 

3. Death’s Stranding BB Collector’s Edition

Collector's Edition Death Stranding
Collector’s Edition Death Stranding

Untuk para kolektor sekalian, mungkin edisi kali ini sedikit menakjubkan, karena Kojima, selaku developer Death Stranding, membuat replika dari Pod milik BB. Untuk ukurannya sendiri adalah 1:1, yang artinya ukurannya sesuai dengan yang ada di In-Game. Sebagai perbandingan bisa melihat gambar di bawah ya.

Hideo Kojima & Ashley Johnsons
Hideo Kojima dan Ashley Johnson (VA Ellie TLOU)

Penulis merasa Kojima hanya menonjolkan edisi kolektor ini hanya di Pod BB saja. Untuk item lainnya, ada Nendoroid Ludens Mini Figure, Gantungan Kunci, Steelbook serta Koper Sam Bridges ketika ia menjadi ‘kurir’. Ini menurut penulis masih dapat menjadi koleksi yang layak, terutama dengan Pod BB yang selalu dibawa Sam.

Harga Normal: USD 199,99 atau sekitar IDR 2.787.680,61 (Kurs Per Tanggal 5 Januari 2021)

 

4. Fallout 4 Game of The Year Edition Pip-Boy Re-Release Edition

Fallout 4 GOTY Edition

Fallout 4 merupakan game besutan Bethesda yang bertemakan post-apocalyptic yang mendapatkan gelar Game of The Year 2017. Pip-Boy Edition di tahun 2015 pun dirilis kembali di tahun 2017. Bila membandingkan dengan Fallout 76 Collector’s Edition yang juga mengeluarkan edisi Pip-Boy, penulis lebih memilih Edisi Pip-Boy dari Fallout 4.

Sumber: SOV Gaming Youtube Channel

Pip-Boy edisi GOTY ini juga kurang lebih sama dengan Pip-Boy Edisi Kolektor di tahun 2015. Bila dibandingkan dengan Pip-Boy yang dikeluarkan bersamaan dengan Fallout 76, Pip-Boy Fallout 4 masih jauh lebih berkualitas dibandingkan Pip-Boy Fallout 76. Untuk mendapatkan Pip-Boy Fallout 76 ini pun player harus merakit dulu sebelum dapat digunakan.

Harga Normal: USD 59,99 atau sekitar IDR 836.206,61 (Kurs Per Tanggal 5 Januari 2021)

 

5. Fallout 76 Power Armor Edition

Fallout 76 Power Armor Edition

Meskipun Fallout 76 memang sering mendapatkan keluhan dari player, beberapa merchandise serta edisi kolektor yang dikeluarkan cukup ‘menggugah selera’. Ini ditunjukkan dari Bethesda membuat Fallout 76 di-bundle dengan Replika Helm T-51 Power Armour yang bisa dipakai. Memang edisi koleksi tersebut cukup menarik untuk dimiliki, hanya saja, edisi ini banyak mendapatkan protes dari penggemar karena pembungkusnya.

Power Armor Helmet

Bethesda awalnya menjanjikan bahwa pembungkus helm tersebut dari bahan kanvas, namun diketahui mereka memutuskan menggunakan bahan Nylon atau semacam jaring-jaring sebagai pembungkusnya. Fan pun banyak yang kesal dengan keputusan ini. Bethesda memutuskan untuk membuat tas kanvas tersebut secara terpisah dan player bisa mengajukan kepemilikan bila tas tersebut sudah selesai diproduksi.

Harga Normal: USD 199,99 atau sekitar IDR 2.787.680,61 (Kurs Per Tanggal 5 Januari 2021)

 

6. Titanfall 2: Collector’s Edition (Series 2: Vanguard Pilot Helmet)

Titanfall 2 Vanguard Edition

Titanfall 2 Vanguard Edition tidak berbeda jauh dengan Fallout 76 Power Armor Edition. Bisa dilihat kalau Respawn Entertainment juga membuat Helm Pilot Titan Vanguard. Mengejutkannya, penulis merasa kualitasnya sangatlah bagus. Ini ditunjukkan kalau ia dapat menyala di bagian visor, membuatnya terlihat seperti barang premium dan berkualitas tinggi.

Vanguard Helmet Ballistic Tech
Sumber: Ballistic Tech Youtube Channel

Selain Helm, ada buku catatan kecil dengan pulpen aluminium dengan logo Vanguard, kemudian Dog Tag dengan USB Flash Drive berukuran 8GB yang bisa ditarik-ulur (retractable) serta Vanguard Scarf yang didesain untuk para Pilot Titan. Menurut penulis, edisi kolektor ini sangat layak untuk dikoleksi bagi para pembaca sekalian jika stoknya masih ada.

Harga Normal: USD 249,99 atau sekitar IDR 3.484.635,61 (Kurs Per Tanggal 5 Januari 2021)

 

7. Modern Warfare 2019: Dark Edition

Call of Duty Modern Warfare (2019) Dark Edition

Call of Duty: Modern Warfare (2019) mendapatkan review yang cukup positif dikalangan para gamer. Terutama dengan gameplay serta gadget yang digunakannya, membuat para player menilai seri Call of Duty ini merupakan seri yang hampir realistis (semi-realistis) dan merupakan seri terbaik yang pernah dirilis oleh Activision.

Sumber: LuckmanAirsoft Youtube Channel

Bicara soal gadget, Activision ikut memuaskan para kolektor dengan merilis Call of Duty Modern Warfare Dark Edition, yang berisikan Night Vision Goggle yang dapat berfungsi sepenuhnya, layaknya di Modern Warfare. NVG ini juga dapat melihat setidaknya sekitar 20 Meter dalam gelap dan memiliki USB Charging Dock membuatnya cukup praktis ketika melakukan charging.

Harga Normal: USD 245 atau sekitar IDR 3.414.418 (Kurs Per Tanggal 5 Januari)

 

Itulah ketujuh item kolektor yang layak untuk dikoleksi. Bagi penulis sendiri sebenarnya tidak tahu akan ditaruh di mana item-item ini, karena biasanya edisi kolektor seperti ini butuh perawatan secara berkala. Selain memiliki nilai lebih, item-item ini juga menjadi kebanggaan sendiri bagi pemiliknya, terutama bila unitnya terbatas. Itupun kalau pembaca beruntung mendapatkan salah satunya.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait dengan analisis video game serta insight menarik lainnya dari Gideonair.

For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Written by Gideonair

Avid Graphic Designer. Having huge interest in PC Gaming, Peripherals, Game Analyst-to-be and Mini-Reviews.