72 Tips dan Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Bermain Arknights


Sebulan lebih sudah semenjak server Global game tower defense ber-gacha dan ber-waifu bernama Arknights garapan Hypergryph mengudara. Penulis-pun awalnya ragu untuk memainkan game ini, mengingat game-game gacha terkenal dalam membuat pemainnya merogoh kocek demi mendapatkan karakter-karakter yang diinginkan.

Namun sekitar tiga minggu memainkannya, dan sampai saat inipun juga masih dimainkan, penulis cukup dibuat jatuh cinta dengan banyak hal yang ditawarkannya. Salah satunya adalah karena game Arknights memiliki mekanisme permainan yang membutuhkanmu untuk big brain dan tidak tergantung pada isi dompet pemainnya.

Pada kesempatan kali ini, penulis ingin membagikan pengalaman penulis untuk membantu kalian daam bermain Arknights. Namun agaknya artikel ini justru jadi semacam rangkuman apa yang coba penulis sampaikan melalui review game Arknights sekitar seminggu yang lalu.

Terlepas dari itu semua, berikut ini 72 tips dan hal-hal yang perlu kamu ketahui saat bermain Arknights.

1. Gacha bukanlah segalanya. Semua operator memiliki kegunaannya masing-masing, bahkan operator bintang 3 kebawah. Kamu hanya perlu mengandalkan big brain dan bukan isi dompetmu dalam bermain Arknightis.

2. Saat artikel ini ditulis, Story Mission pada versi server global baru sampai episode 4. Semua Stage tersebut bisa diselesaikan dengan sebagian besar komposisi squad berisikan operator bintang 3 dan 4.

3. Baca briefing yang disediakan sebelum menjalankan suatu stage. Terdapat map agar kamu bisa mempersiapkan strategi, dan biasanya terdapat informasi musuh-musuh apa saja yang akan muncul, serta rekomendasi jenis operator yang perlu diturunkan ke lapangan.

4. Enemy Intelligence tidak akan terbuka sampai semua jenis musuh dalam suatu stage telah kamu hadapi. Saat terbuka, kamu bisa membaca kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh musuh-musuh pada stage tersebut untuk lebih mempersiapkanmu menghadapi mereka pada percobaan berikutnya.

5. Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, anjay. Gagal menyelesaikan suatu stage akan mengembalikan Sanity (sebutan untuk stamina) secara utuh untuk pertama kali mencobanya, kemudian -1 Sanity jika masih gagal untuk percobaan-percobaan berikutnya.

6. Sejatinya kamu hanya bisa mengirimkan 12 operator ke suatu stage, namun kamu bisa membawa Support Unit sebagai operator tambahan. Support Unit bisa diisi oleh operator milik teman-temanmu ataupun pemain lainnya.

7. Kamu akan mendapatkan Originite untuk setiap pertama kali menyelesaikan suatu stage dengan sempurna (tidak ada satupun musuh yang menerobos batas yang ditentukan dalam stage), serta mendapatkan akses untuk menggunakan fitur Auto Deploy dan membuka mode Challenge pada stage terkait (CMIIW).

8. Mode Challenge memiliki serangkaian musuh yang sama persis dengan stage aslinya, namun dengan kondisi-kondisi tambahan seperti HP atau ATK musuh yang meningkat, operator-operatormu yang berkurang DEF-nya, dan masih banyak lagi.

9. Sedikit berbeda, gagal menjalankan mode Challenge tidak lagi mengurangi Sanity-mu sebesar -1, melainkan setengah dari total Sanity yang seharusnya digunakan pada stage tersebut.

10. Biar tidak boros Sanity, gunakan Drill Plan untuk latihan menyelesaikan berbagai stage yang kamu anggap sulit. Drill Pan tidak menggunakan Sanity, namun kamu hanya bisa memakainya sebanyak 30 kali di setiap harinya.

11. Tidak usah sok jago nggak pake Drill Plan karena alasan “halah cuman -1 Sanity ini kalo gagal.” Penulis yakin kamu bakal kewalahan di stage-stage level tinggi, apalagi kalo nggak big brain.

12. Sangat disarankan untuk menyelesaikan misi-misi prolog atau bahkan sampai episode 1 selesai untuk membuka dan memahami semua fitur-fitur serta elemen permainan yang disajikan.

13. Pahami peran dan kemampuan dasar masing-masing kelas operator, terutama seperti cost DP-nya (Deployment Point), jangkauan serangannya, hingga jumlah musuh yang bisa di-block.

14. Secara umum; Vanguard memiliki kemampuan untuk regenerasi DP, Guard memiliki ATK yang cukup tinggi, Sniper menyerang dari jarak jauh, Defender memiliki DEF yang tinggi, Medic untuk menyembuhkan operator yang terkena damage, Supporter untuk memberikan debuff untuk musuh atau buff untuk operator, Caster melancarkan serangan jenis Arts dan bisa AoE namun dengan cost DP yang cukup besar, dan Specialist memiliki kemampuan-kemampuan seperti mendorong atau menarik musuh.

15. Secara umum, operator Melee diletakkan di dataran rendah dan operator Range diletakkan di datara