72 Tips dan Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Bermain Arknights

Arknights Big Brain

Sebulan lebih sudah semenjak server Global game tower defense ber-gacha dan ber-waifu bernama Arknights garapan Hypergryph mengudara. Penulis-pun awalnya ragu untuk memainkan game ini, mengingat game-game gacha terkenal dalam membuat pemainnya merogoh kocek demi mendapatkan karakter-karakter yang diinginkan.

Namun sekitar tiga minggu memainkannya, dan sampai saat inipun juga masih dimainkan, penulis cukup dibuat jatuh cinta dengan banyak hal yang ditawarkannya. Salah satunya adalah karena game Arknights memiliki mekanisme permainan yang membutuhkanmu untuk big brain dan tidak tergantung pada isi dompet pemainnya.

Pada kesempatan kali ini, penulis ingin membagikan pengalaman penulis untuk membantu kalian daam bermain Arknights. Namun agaknya artikel ini justru jadi semacam rangkuman apa yang coba penulis sampaikan melalui review game Arknights sekitar seminggu yang lalu.

Terlepas dari itu semua, berikut ini 72 tips dan hal-hal yang perlu kamu ketahui saat bermain Arknights.

1. Gacha bukanlah segalanya. Semua operator memiliki kegunaannya masing-masing, bahkan operator bintang 3 kebawah. Kamu hanya perlu mengandalkan big brain dan bukan isi dompetmu dalam bermain Arknightis.

2. Saat artikel ini ditulis, Story Mission pada versi server global baru sampai episode 4. Semua Stage tersebut bisa diselesaikan dengan sebagian besar komposisi squad berisikan operator bintang 3 dan 4.

3. Baca briefing yang disediakan sebelum menjalankan suatu stage. Terdapat map agar kamu bisa mempersiapkan strategi, dan biasanya terdapat informasi musuh-musuh apa saja yang akan muncul, serta rekomendasi jenis operator yang perlu diturunkan ke lapangan.

4. Enemy Intelligence tidak akan terbuka sampai semua jenis musuh dalam suatu stage telah kamu hadapi. Saat terbuka, kamu bisa membaca kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh musuh-musuh pada stage tersebut untuk lebih mempersiapkanmu menghadapi mereka pada percobaan berikutnya.

5. Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, anjay. Gagal menyelesaikan suatu stage akan mengembalikan Sanity (sebutan untuk stamina) secara utuh untuk pertama kali mencobanya, kemudian -1 Sanity jika masih gagal untuk percobaan-percobaan berikutnya.

6. Sejatinya kamu hanya bisa mengirimkan 12 operator ke suatu stage, namun kamu bisa membawa Support Unit sebagai operator tambahan. Support Unit bisa diisi oleh operator milik teman-temanmu ataupun pemain lainnya.

7. Kamu akan mendapatkan Originite untuk setiap pertama kali menyelesaikan suatu stage dengan sempurna (tidak ada satupun musuh yang menerobos batas yang ditentukan dalam stage), serta mendapatkan akses untuk menggunakan fitur Auto Deploy dan membuka mode Challenge pada stage terkait (CMIIW).

8. Mode Challenge memiliki serangkaian musuh yang sama persis dengan stage aslinya, namun dengan kondisi-kondisi tambahan seperti HP atau ATK musuh yang meningkat, operator-operatormu yang berkurang DEF-nya, dan masih banyak lagi.

9. Sedikit berbeda, gagal menjalankan mode Challenge tidak lagi mengurangi Sanity-mu sebesar -1, melainkan setengah dari total Sanity yang seharusnya digunakan pada stage tersebut.

10. Biar tidak boros Sanity, gunakan Drill Plan untuk latihan menyelesaikan berbagai stage yang kamu anggap sulit. Drill Pan tidak menggunakan Sanity, namun kamu hanya bisa memakainya sebanyak 30 kali di setiap harinya.

11. Tidak usah sok jago nggak pake Drill Plan karena alasan “halah cuman -1 Sanity ini kalo gagal.” Penulis yakin kamu bakal kewalahan di stage-stage level tinggi, apalagi kalo nggak big brain.

12. Sangat disarankan untuk menyelesaikan misi-misi prolog atau bahkan sampai episode 1 selesai untuk membuka dan memahami semua fitur-fitur serta elemen permainan yang disajikan.

13. Pahami peran dan kemampuan dasar masing-masing kelas operator, terutama seperti cost DP-nya (Deployment Point), jangkauan serangannya, hingga jumlah musuh yang bisa di-block.

14. Secara umum; Vanguard memiliki kemampuan untuk regenerasi DP, Guard memiliki ATK yang cukup tinggi, Sniper menyerang dari jarak jauh, Defender memiliki DEF yang tinggi, Medic untuk menyembuhkan operator yang terkena damage, Supporter untuk memberikan debuff untuk musuh atau buff untuk operator, Caster melancarkan serangan jenis Arts dan bisa AoE namun dengan cost DP yang cukup besar, dan Specialist memiliki kemampuan-kemampuan seperti mendorong atau menarik musuh.

15. Secara umum, operator Melee diletakkan di dataran rendah dan operator Range diletakkan di dataran tinggi. Namun ada beberapa stage yang memungkinkan operator Ranged hanya bisa diletakkan di dataran rendah. Ada juga beberapa operator Melee yang bisa diletakkan di dataran tinggi, biasanya kelas Specialist.

16. Dalam pertempuran, DP akan teregenerasi dengan sendirinya. Namun ada beberapa stage dengan kondisi khusus dimana DP akan teregenerasi dengan cukup lambat, atau hanya bisa didapatkan dengan cara lain.

17. Vanguard cenderung diturunkan pertama kali agar bisa melakukan regenerasi DP dengan cepat. Namun ada beberapa stage dimana penulis sendiri menurunkan kelas lain terlebih dahulu, sehingga pada akhirnya hal ini kembali pada komposisi squad dan strateginya sendiri.

18. Musuh, terutama yang bertipe Ranged, akan selalu mengincar operator yang kamu turunkan terakhir kali, selama berada di dalam jangkauan serangannya. Sehingga menurunkan operator Defender paling terakhir adalah strategi yang paling umum dilakukan.

19. Ketahui apakah musuhmu lemah terhadap serangan Physical atau Arts. Rule of thumb, biasanya musuh yang membawa perisai atau armor cenderung punya DEF tinggi, sedangkan musuh-musuh berbadan besar atau tipe-tipe musuh Caster cenderung punya RES yang tinggi.

20. Setiap operatormu memiliki Skill-nya masing-masing, kecuali operator bintang 1 dan 2. Skill tersebut membutuhkan Skill Point (semacam mana) yang akan teregenerasi (cooldown) dengan sendirinya sebelum kamu bisa mengaktifkannya. Namun beberapa operator memiliki Skill yang akan aktif secara otomatis, biasanya memiliki cooldown seperti diserang atau menyerang sekian kali terlebih dahulu.

21. Dalam game ini, bar HP direpresentasikan dengan bar berwarna biru, dan bar Skill Point direpresentasikan dalam warna hijau. Entah orang jenius seperti apa yang memutuskan untuk mendesain user interface seperti itu. Semoga dosa besarnya tersebut diampuni.

22. Saat HP operatormu habis, maka ia akan hilang dari lapangan dan kamu harus menunggu cooldown-nya jika ingin menurunkannya kembali. Namun kamu juga bisa menarik kembali mereka (retreat) dan setengah cost DP juga akan kembali kepadamu.

23. Cost DP operator yang telah ditarik dari lapangan akan bertambah sekitar 1/4 poin dari cost DP aslinya (CMIIW). Namun beberapa operator yang memang fokus pada kemampuan redeployment biasanya memiliki cost DP tambahan yang lebih kecil.

24. Sebisa mungkin jangan lihat panduan dari YouTube untuk menyelesaikan sebuah stage, kecuali jika kamu benar-benar mentok walau sudah berusaha big brain. Hal ini tentunya melatih reaksi dan otakmu untuk lebih memahami sebuah pertempuran secara mendalam dan menemukan strategi-strategi yang lebih solid.

25. Menyelesaikan sebuah stage sulit dengan strategi sendiri tentu lebih membanggakan daripada menyelesaikanya karena lihat guide dari YouTube. Hal ini juga tentunya mencegahmu untuk sedikit-sedikit langsung menyerah ketika menghadapi stage sulit.

26. KO KO DA YOOOOOOO~

27. Operator-operatormu tidak akan mendapatkan EXP untuk naik level lewat pertempuran, melainkan dengan memberikan mereka Battle Record.

28. Memberikan Battle Record juga akan mengkonsumsi LMD (sebutan untuk currency dalam semesta Arknights). Konsumsi LMD akan terus meningkat setiap operatormu naik level.

29. Operator-operatormu juga bisa dipromosikan ke Elite 1 dan Elite 2, namun operator bintang 3 hanya bisa sampai Elite 1, dan operator bintang 2 dan 1 tidak bisa dipromosikan.

30. Operator bintang 3 hanya akan mendapatkan peningkatan pada talent pada Elite 1. Operator bintang 4 dan 5 akan mendapatkan Skill baru pada Elite 1 dan peningkatan atau talent baru pada Elite 2. Operator bintang 6 akan mendapatkan Skill dan Talent baru pada Elite 1, kemudian Skill baru lagi pada Elite 2 serta Talent baru dan peningkatan Talent yang didapatkan pada Elite 1.

31. Skill para operatormu bisa dikembangkan secara normal sampai level 7, dan secara khusus sampai level 10. Kamu memerlukan Skill Summary dan beberapa material sesuai dengan yang dibutuhkan operator terkait. Penulis menyarankan untuk menaikkan Skill operator-operatormu sampai level 4, terutama yang sering kamu bawa ke pertempuran.

32. Mempromosikan operator tentunya tidak murah, apalagi ke Elite 2 untuk operator bintang 6. Sehingga kamu perlu memprioritaskan operator mana saja yang perlu kamu bawa ke Elite 2 dan operator-operator mana saja yang cukup sampai Elite 1.

33. Mempromosikan operator membutuhkan Chip sesuai kelasnya masing-masing, material dan tentunya LMD yang tidak sedikit. Material-material bisa kamu dapatkan di berbagai stage yang bersangkutan, namun material tingkat tinggi lebih susah didapatkan karena drop chance, atau didasari oleh keberuntunganmu.

34. Arknights juga nampaknya akan menghadirkan event-event secara berkala yang bisa dijadikan alternatif untuk farming material. Sebagai contoh, event Grani and the Knights Treasure memberikan reward yang bisa dibelanjakan untuk LMD, Battle Record, Material dan lain-lain.

35. Jika luck-mu ampas seperti penulis, maka cara lainnya adalah dengan mengumpulkan material-material tingkat yang lebih rendah yang drop sccara fixed, dan melakukan crafting di Workshop markasmu. Namun hal ini biasanya akan menghabiskan dua hingga tiga kali lipat Sanity dan waktumu.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

36. Berbicara soal markas, kamu juga bisa mengelola markasmu sendiri yang berfungsi untuk menunjang berbagai keperluan permainan, seperti mendapatkan LMD, Battle Record dan juga Material melalui fasilitas-fasilitas yang tersedia.

37. Fasilitas-fasilitas tersebut bisa dioperasikan oleh operator-operatormu dengan keterampilannya masing-masing untuk meningkatkan efektifas dari fasilitas terkait. Operator yang bekerja di suatu fasilitas akan berkurang Morale-nya (semacam tenaga).

38. Saat Morale seorang operator sudah habis, kamu perlu memindahkannya ke Dormitory untuk berisitirahat. Satu Dormitory bisa diisi oleh 5 operator sekaligus.

39. Mendekorasi Dormitory dan meningkatkan skor Ambiencenya juga akan meningkatkan kecepatan regenerasi Morale dari operator yang sedang beristirahat.

40. Walau memang operator bintang 2, 3 dan 4 masih sangat berguna di level tinggi, bukan berarti operator bintang 5 dan 6 tidak berguna. Justru banyak diantaranya, terutama bintang 6, memiliki kemampuan yang bisa dikatakan overpowered, namun jika sudah mencapai Elite 1 atau bahkan Elite 2.

41. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mempromosikan ke Elite tidaklah murah, dan operator-operator bintang 5 dan 6 cenderung punya cost DP yang lebih tinggi dalam pertempuran. Sehingga dianjurkan untuk fokus membentuk strategi yang solid dari operator-operator bintang rendah, sambil pelan-pelan menaikkan operator-operator bintang 5 maupun 6, minimal ke Elite 1.

42. Operator-operatormu juga memiliki tingkat Trust-nya masing-masing yang akan memberikan bonus status tambahan dan membuka latar belakang mereka lebih jauh. Persentase Trust tersebut akan naik seiring kamu mengirimkan mereka ke pertempuran.

43. Untuk menarik gacha, kamu memerlukan Orundum. Satu tarikan Gacha membutuhkan 600 Orundum, namun tersedia juga fitur untuk langsung tarik 10 gacha dengan 6000 Orundum.

44. Orundum bisa kamu dapatkan dengan mengkonversikan Originite, menyelesaikan Daily, Weekly maupun Campaign Mission (quest), serta memainkan stage Annihilation.

45. Stage Annihilation memiliki batas maksimal dalam mendapatkan Orundum di tiap minggunya, namun kapasitas tesebut akan semakin naik dengan menyelesaikan kondisi-kondisi yang ada di tiap stage. Saat ini maksimal 1600 Orundum tiap minggunya jika sudah menyelesaikan semua stage-nya dengan sempurna.

46. Jika kamu pemain yang kekeuh F2P dan tidak ingin menghabiskan uang untuk gacha, disarankan untuk menarik Gacha saat banner baru datang, karena ada satu kali kesempatan untuk mendapatkan operator bintang 5 atau 6 di tarikan ke-10. Atau hanya gunakan saat ada operator yang benar-benar kamu inginkan saja.

47. Cara lain mendapatkan operator adalah dengan fitur Recruitment, dimana kamu akan disajikan dan memilih tag karateristik operator yang bisa kamu dapatkan. Namun kamu perlu memilih durasi antara 1 jam hingga 9 jam, semakin lama, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan operator sesuai dengan tag dan bintang yang lebih tinggi. Menggunakan fitur ini membutuhkan Recruitment Permit.

48. Secara umum, kamu hanya bisa mendapatkan operator maksimal bintang 5 lewat Recruitment. Namun jika kamu mendapatkan Top Operator, maka kamu berkesempatan untuk mendapatkan operator bintang 6. Kamu juga harus menentukan durasinya menjadi 9 jam untuk mencegah tag tersebut tercoret.

49. Kamu bisa menggunakan Expedited Plan untuk memotong durasi Recruitment menjadi instan atau langsung selesai. Sehingga disarankan untuk selalu menggunakan durasi 9 jam saat Recruitment untuk kesempatan lebih besar dalam mendapatkan operator yang kamu incar.

50. Kamu juga bisa memaksimalkan fasilitas Office pada markasmu untuk membuka tambahan slot Recruitment dan mendapatkan kesempatan Refresh untuk mengacak kembali tag yang kamu dapatkan.

51. Jika kamu mendapatkan operator yang sama atau duplikat, maka operator tersebut otomatis berubah menjadi token yang bisa digunakan untuk memaksimalkan potensi operatormu. Tiap operator memiliki 6 potensi maksimal yang berbeda-beda, seperti mengurangi cost DP atau mengurangi cooldown Redeploment.

52. Jika potensi seorang operator sudah terpenuhi dan tetap mendapatkan token duplikat, token tersebut bisa kamu tukarkan menjadi poin Commendation dan Distinction dan bisa kamu belanjakan untuk berbagai item di Certificate Store, seperti material-material promosi atau bahkan mendapatkan operator lainnya.

53. Berbicara soal Store, ada dua hal yang bisa kamu beli dengan uang sungguhan, yakni Originite dan Packs. Originite bisa digunakan untuk gacha, membeli item-item dekorasi markas dan juga Skin operator. Sedangkan Packs berisikan item-item yang disusun dalam bentuk bundle.

54. Skin tidak mempengaruhi status para operatormu. Hanya membuat mereka terlihat lebih keren dan lebih mencolok saja dalam pertempuran.

55. Kamu tentunya juga disarankan untuk mengunjungi Credit Store untuk membeli berbagai item yang terus berganti setiap harinya. Setiap hari saat server reset, kamu juga akan mendapatkan Credits berdasarkan Support Unit yang kamu pakai (maks 20) dan skor dari Dormitory Ambience (maks 50 per Dormitory) pada hari sebelumnya.

56. Credits juga bisa didapakan melalui Reception Office pada markasmu, dimana kamu bisa saling bertukar Clue dengan teman-temanmu. Kamu akan mendapatkan Credits saat menerima ataupun mengirimkan Clue kepada teman-temanmu.

57. Jika kamu sudah mengumpulkan 7 Clue, maka kamu bisa membuka Clue Exchange, sehingga teman-temanmu yang mengunjungi markasmu bisa mendapatkan Credits. Kamu akan mendapatkan 210 Credits setelah Clue Exchange selesai.

58. Begitu juga denganmu, kamu bisa mendapatkan Credits saat teman-temanmu sedang membuka Clue Exchange. Kamu bisa melihat simbol khusus pada menu Friend untuk melihat siapa saja yang sedang membuka Clue Exchange. Kamu hanya bisa mengunjungi 10 Clue Exchange dalam satu hari.

59. Server reset tiap pukul 18.00 WIB.

60. Sanity akan regenerasi sebanyak 1 poin setiap 6 menit. Sehingga dalam satu jam kamu akan mendapatkan 10 Sanity.

61. Sanity bisa di-recover dengan item-item Emergency Sanity Potion yang bisa kamu dapatkan dari Quest, atau biasanya kamu dapatkan secara berkala saat event berlangsung. Kamu juga bisa recover Sanity dengan menggunakan Originite.

62. Naik level juga akan mengembalikan secara penuh Sanity milikmu, atau lebih tepatnya menambahkan Sanity sejumlah dengan maksimal kapasitas Sanity yang kamu miliki (CMIIW).

63. Sebagai contoh, kamu memiliki sisa 20 Sanity saat naik level, dan kapasitas maksimal Sanity-mu adalah 120. Maka saat naik level, jumlah Sanity-mu menjadi 140. Sehingga tidak ada Sanity yang terbuang sia-sia saat naik level.

64. Maksimalkan penggunaan Sanity. Penulis menyarankan kamu untuk jangan meninggalkan permainan saat Sanity penuh. Selalu tinggalkan permainan saat Sanity sedang regenerasi.

65. Selain Story Mission, terdapat juga misi-misi Supplies untuk kamu mendapatkan Battle Record (Tactical Drill), LMD (Cargo Escort), Material untuk markas (Resource Search), Shop Vouchers (Tough Siege) dan Skill Summary (Aerial Threat).

66. Selain itu ada juga Chips Mission sebagai bahan utama mempromosikan operatormu. Vanguard dan Support dalam misi Unstoppable Charge, Sniper dan Caster dalam misi Fierce Attack, Guard dan Specialist dalam misi Fearless Protection, serta Defender dan Medic dalam misi Solid Defense.

67. Misi Supplies dan misi Chips memiliki jadwalnya sendiri-sendiri, sehingga kamu juga perlu memprioritaskan misi mana yang ingin kamu jalankan di hari-hari tertentu.

68. Penulis sendiri cenderung menghabiskan Sanity pada saat hari Cargo Escort terbuka untuk mengumpulkan LMD. Hal tersebut penulis lakukan karena hampir semua aspek permainan, terutama dalam mengembangkan operator membutuhkan LMD yang sangat banyak.

69. Ansel best ‘waifu‘.

70. Diluar hari Cargo Escort, biasanya penulis habiskan untuk menyelesaikan Story Mission, Mode Challenge, mengumpulkan material, serta Tactical Drill untuk mengumpulkan Battle Record.

71. Tidak ada sistem PvP atau elemen kompetitif untukmu mengadu kemampuan secara langsung dengan pemain lain. Sehingga istilah pay-to-win tidak atau belum relevan pada game ini

72. Kamu tidak perlu tengsin jika teman-temanmu pamer gacha operator langka di media sosial, karena belum tentu mereka bisa menyelesaikan suatu stage sulit jika, apalagi mode Challenge. Sehingga lebih baik kamu pamer hasil menyelesaikan suatu stage sulit untuk membuat salty pemain cupu lainnya.


Itulah 72 tips dan hal-hal yang perlu kamu ketahui saat bermain Arknights. Nah apakah kamu punya tips yang bisa dibagikan kepada pemain lainnya yang baru terjun ke dunia Arknights? Yuk, langsung aja share di halaman komentar ya!

Exit mobile version