8 Aplikasi Kompres Video untuk Kecilkan Ukuran Video

Aplikasi Edit Video Pc Gratis Terbaik

Di masa pandemi seperti saat ini, pekerjaan seperti content creation, khususnya membuat sebuah video, semakin bertambah. Hal ini tentu diakibatkan semakin banyaknya orang yang ingin menekuni pekerjaan, atau sebuah hobi ini. Entah itu untuk mencari uang atau untuk sekedar senang-senang, content creation adalah pekerjaan yang menuntut kreativitas.

Mengambil video, lalu mengunggahnya ke platform media sosial favorit, termasuk di antaranya Youtube, sudah termasuk sangat lumrah dilakukan. Entah apa itu konteksnya, namun selama membuat para creator senang, mereka takkan bisa dihentikan.

Namun, ketika mengunggah sebuah video, terdapat sebuah tantangan yang seakan tak ada habisnya, yaitu bandwidth, atau kuota internet. Sebuah video tak mungkin hanya miliki ukuran sekecil 1-2MB, melainkan bisa tembus ke angka ratusan MB, bahkan menembus GB. Kendala inilah yang kerap membuat para creator malas, menghabiskan kuota ataupun bandwidth.

Untuk membantu atasi permasalahan ini, kami ada beberapa rekomendasi aplikasi kompres video untuk kecilkan ukuran video. Sebuah video yang awalnya memiliki ukuran ratusan MB, bisa dikompres, atau dikecilkan untuk dapat mempermudah aktivitas content creation.

Daripada semakin penasaran, yuk check this brott!

1. Handbrake

Link Detil

Buat kalian yang baru pertama kali ingin mencoba kecilkan ukuran video, mungkin kalian bisa mencoba Handbrake. Meski open-source, namun aplikasi ini tak bisa diremehkan, karena dapat hasilkan kualitas kompres yang berkualitas dengan ukuran yang lebih kecil.

2. Format Factory

Link Detil

Mungkin di antara kalian sudah tak asing dengan Format Factory, karena merupakan salah satu aplikasi kompres video yang termasuk “sepuh”. Aplikasi satu ini tak hanya tawarkan kompresi video, namun ada beberapa fitur untuk mengecilkan berbagai macam jenis file.

3. Video Lan

Link Detil

Meski ini merupakan sebuah video player, namun Video Lan menawarkan fitur yang dibutuhkan oleh para content creator, yaitu file compression. Gunakan aplikasi ini pun termasuk cukup mudah, menjadikan aplikasi satu ini sangat fleksibel – bisa untuk menonton video, maupun mengecilkan video.

4. FFMPEG

Link Detil

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Merupakan sebuah aplikasi open-source tak menjadikan FFMPEG kalah secara performa. Hal ini dibuktikan dengan fitur yang dibawanya, yaitu dapat merekam, konversi, bahkan mengecilkan ukuran video ke beberapa format.

5. FreeMake

Link Detil

Sebagai salah satu aplikasi kompres video, FreeMake mengklaim dirinya sendiri sebagai aplikasi video converter terbaik, setidaknya di situsnya. Berdasarkan informasi yang ada di situsnya ini pun, FreeMake tawarkan berbagai macam fitur yang cukup menarik bila dilewatkan content creator.

6. StaxRIP

Link Detil

Merupakan salah satu aplikasi yang mampu kecilkan ukuran video, StaxRIP tawarkan beberapa keunikannya tersendiri. Selain menawarkan hal tersebut, tak lupa bahwa aplikasi ini merupakan open-source, dan harus kamu coba terlebih dahulu.

7. File Converter

Link Detil

Berbeda dibandingkan dengan aplikasi sejenisnya, File Converter akan langsung tertanam di sistem operasi begitu kamu selesai meng-install-nya. Bila tidak terbiasa, para pengguna tetap dapat menggunakan tampilan pada aplikasi untuk mengecilkan ukuran video yang telah dibuat sebelumnya.

8. VidCoder

Link Detil

Sekilas tampilan yang ditawarkan aplikasi ini cukup mirip dengan aplikasi sebelumnya di rekomendasi ini, yaitu Handbrake. Hal ini cukup wajar, mengingat VidCoder menggunakan engine dari Handbrake untuk memperkuat fitur yang sudah ada.

Kesimpulan

Mencari sebuah aplikasi yang cocok untuk kebutuhkan kompres video sebenarnya mudah, namun harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Beberapa ada yang menawarkan fitur ekstra untuk makin menambah efisiensi ketika mengecilkan file. Sebagian lain bahkan ada yang mampu mengecilkan berbagai macam jenis file.

Dari beberapa rekomendasi aplikasi kompres video di atas, kira-kira yang mana yang telah kamu coba atau gunakan? Apakah aplikasi di atas termasuk efektif untuk mengecilkan ukuran video yang kamu buat? Atau apakah ada aplikasi kompres video yang kami lewatkan? Yuk, tambahkan komentarmu di bawah ini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version