8 Cara Nyalain PlayStation 4 yang Baik dan Benar

PS4 nyala

Sebelum kamu protes, kami tahu mungkin artikel ini telat 5 tahun sejak PlayStation 4 pertamakali dirilis, tapi ngga ada salahnya bukan ngasih tau kamu yang mungkin udah jengah dengan PC yang perangkatnya makin mahal dan pingin tinggal plug and play doang? Lebih baik sedia payung sebelum hujan, daripada kamu kagok di tengah jalan. Oke, langsung saja, berikut 8 cara nyalain PlayStation 4 dengan baik dan benar.

8. Punya Duit yang Cukup

Ini berlaku buat kamu yang belum punya PlayStation4. Sebelum membelinya, alangkah baik jika kamu punya duit yang cukup. Ngga lucu dong kalo kamu cuman punya duit 2 juta tapi pingin beli PS4 Pro seharga kisaran 5-6 jutaan? Caranya? Kamu bisa nabung dari gaji bulanan, atau mungkin minjem temen dan keluarga. Asal jangan ngepet atau cari pesugihan, oke?

7. Pastikan Beli PS4 di Toko Terpercaya

Udah susah-susah ngumpulin duit, ngga afdol rasanya kalo kamu ngga beli di toko-toko terpercaya. Kamu ngga mau kan percaya sama toko abal-abal yang mungkin cuman jualan kardus isi batu seharga PS4 Pro?

6. Pastikan Listrik Rumah/Kost Kamu Memadahi

Watt PS4 itu sekitar 100-240 watt, jadi pastikan listrik rumah atau kostmu memadahi. Yaah seenggaknya 900 watt lah, pastiin juga kamu, orang tua, atau orang serumah ngga nyalain hairdryer, rice cooker, AC, kulkas, dan alat elektronik dengan watt gede dalam waktu yang bersamaan.

5. Gunakan TV atau Monitor LED yang Support HDMI

Kamu masih pake TV tabung? Ganti pake TV atau monitor yang support HDMI. Kalo monitor sekiranya lebih mahal, kamu pake TV aja atau sebaliknya. Buat kamu yang punya PS4 Pro, maka kamu perlu punya TV 4K yang support HDR biar pori-porinya Ronaldo di Fifa 18 keliatan.

4. Sambungkan Kabel HDMImu dari PS4 ke TV atau Monitor LED

Yaaa namanya mau maen PS4 harus disambungin dong ke TV atau monitor LED. Kalo ngga mana nongol gambarnya? Inget sambunginnya pake kabel HDMI, jangan kabel USB, gak bakal nancep.

3. Colokkan kabel PlayStation 4 dan TV ke Saluran Listrik

Udah susah-susah nyolok PS4 ke TV atau monitor tapi dinyalain ngga nongol gambarnya? Cek dulu apakah kabel power PS4 sama TV atau monitor udah kecolok belum ke saluran listrik. Lupa bayar tagihan? Mungkin kamu bisa meminta bantuan Thor atau Gundala buat nyalain PS4 sama TV atau monitormu. Mayan listrik gratis, ya ngga?

2. Nyalakan TV atau Monitormu

Kabel HDMI siap, kabel power dah dicolok, tapi kok TV atau monitormu tak menunjukkan tanda-tanda kehidupan? Pencetlah tombol powernya. Atau kalo kamu susah nemuin tombol powernya, kamu bisa baca manual atau meraba-raba di sekitar kanan bawah TV atau monitormu kira-kira letaknya sekitar 95 derajat, awas kesetrum.

1. Tekan Tombol PlayStation di DS4/Joystick atau Tombol Power di PlayStation

TV atau monitor akhirnya nyala. Sayang, PS4mu masih ngambek ngga mau nyala. Tentunya hal ini bisa diatasi dengan menyalakannya melalui tombol dengan logo PlayStation di DualShock 4 (FYI stik PS4 namanya DualShock 4 bukan joystick) sampe bunyi beep atau kalo ngga nemu tombolnya karena matamu mungkin agak rabun langsung pencet tombol powernya di PS4. Kalo PS4mu PS4 Slim, maka tombolnya jelas ada di PS4mu, kalo Pro, maka kamu harus nyari logo power dan itulah yang kamu pencet.

Selamat! Kamu telah bisa menyalakan PS4mu, jangan lupa syukuran, karena sudah melewati langkah yang sulit dengan berbagai rintangan. Sekarang, sisakan duit buat beli gamenya. Karena PS4 tanpa game itu kayak cowok, ganteng, kekar, maskulin, gentlemen, manly, tapi h*mo.

Exit mobile version