8 Cara Sadis dan Kreatif Developer Menghukum Para Gamer Bajakan

cover 23

Developer tentu membuat sebuah game dengan maksud mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Dan hal tersebut takkan tercapai apabila game yang mereka buat susah payah dimainkan oleh banyak orang secara illegal, maka dari itu mereka mencari solusi bagaimana cara yang tepat untuk menghalangi para pembajak bisa memainkan game mereka.

DRM seperti Denuvo biasanya menjadi cara utama yang dipikirkan oleh developer, namun sebelum Denuvo hadir dan menjadi beban untuk para gamer bajakan, ada beberapa cara unik yang pernah dilakukan developer untuk menghukum serta meng-troll mereka yang bermain secara illegal. Tapi tentunya para pembajak selalu punya cara agar trik dari developer tersebut bisa di-“fix” oleh mereka. Walaupun begitu, usaha dari developer ini tetap harus diacungi jempol. Berikut adalah 8 cara paling kreatif dan sadis para developer untuk pembajak gamer mereka.


1. Serious Sam 3 – Menaruh musuh yang tak bisa dibunuh sama sekali.

Bagi kalian penggemar seri Serious Sam, kalian pastinya tahu jika game satu ini benar-benar sulit untuk diselesaikan bahkan di difficulty normal. Kamu sendirian dengan modal 8 senjatamu harus melawan puluhan hingga ratusan musuh yang datang dan menyerang secara bersamaan kearahmu.

Akan tetapi hal tersebut baru hal sepele dibandingkan dengan yang gamer bajakan harus lawan. Jika kau membajak game ini, kamu akan dipertemukan dengan musuh berbentuk kalajengking yang berlari dengan sangat cepat dan akan terus mengikutimu hingga akhir dunia. Yang memperparah keadaan tersebut adalah musuh ini tak bisa dibunuh sama sekali.


2. The Witcher 2: Assassins of Kings – Ubah model karakter yang sedang kamu “romance”

CD Projekt Red adalah salah satu developer AAA sekarang yang percaya jika seluruh pembajak game mereka bisa jadi pembeli nantinya selama mereka memberikan game yang terbaik. Walaupun begitu tak berarti mereka tak memberikan sedikit hukuman untuk mereka yang bermain secara gratis.

Seperti yang kalian tahu, pada seri The Witcher kalian diberikan opsi untuk “romance” ke beberapa wanita di game. Jika kau bermain di versi illegal, saat adegan “romance” itu dimulai, model karakter dari wanita yang kamu “romance” akan diganti dengan model wanita tua yang jelek. Tak hanya membuat adegan mesramu jadi rusak, namun juga memberikanmu mimpi buruk akan apa yang barusan kau lihat.

https://www.youtube.com/watch?v=jYrewjumFaU


3. The Sims 4 – Membuat tampilan game menjadi pixelated

Kalian tahu apa yang terjadi ketika kamu suruh Sims-mu mandi atau membuang air besar? Karaktermu akan di-blur dengan cara membuatnya pixelated selama proses tersebut berlangsung. Sekarang bayangkan apa yang terjadi apabila seluruh gamemu terlihat seperti itu?

Yup, inilah yang gamer bajakan The Sims 4 akan dapatkan apabila mereka bermain game tersebut secara illegal. Membuatmu  game-mu terlihat seperti game tahun 90-an, atau mungkin membuatnya terlihat seperti film porno yang disensor dari awal sampai akhir.


4. Batman Arkham Asylum – Membuat Batman lupa cara jadi Batman

Batman, The Dark Knight, The Caped Crusader, Bruce Wayne, panggilan apapun yang kalian mau pakai untuk pahlawan super ini tidak akan berarti jika kalian bermain di versi bajakan. Kenapa? Karena apabila game mendeteksi pemain tersebut bermain secara illegal, game akan membuang satu fitur krusial yang Batman selalu perlukan, Gliding alias Batman tak tahu cara menggunakkan jubahnya untuk terbang. Melihat di menit pertama game ini pemain diharuskan menggunakkan fitur gliding, gamer bajakan tak bisa ke bagian selanjutnya karena Batman akan terus jatuh ke tanah tanpa kemampuan gliding-nya.

Hal ini pernah dilaporkan oleh salah satu pemain bajakan ke pihak developer karena dia menganggap hal tersebut sebagai bug. Developer dari game ini yaitu Rocksteady dengan santai menjawab “Itu bukan bug di game, namun bug di moralmu”, uhhhhh…. that’s cold … ice cold.


5. Crysis Warhead – Mengubah peluru senjatamu menjadi ayam

Pada saat game standalone ini dirilis, hanya orang dengan PC “dewa” saja yang dapat memainkan game ini karena spesifikasinya yang amat tinggi pada saat itu. Namun apa jadinya ketika orang yang sanggup membuat PC untuk bermain game ini tak sanggup untuk membeli gamenya? Tentunya sangat tidak masuk akal seperti menembak musuh dengan ayam dan bukan peluru asli. Inilah yang terjadi apabila pemain membajak Crysis Warhead.

Jika kau ketahuan bermain di versi illegal, peluru di semua senjatamu ditukar dengan ayam yang tidak mampu membunuh musuh sama sekali dan hanya mengelitik mereka saja. Ayam-ayam yang ditembakan ini juga takkan hilang begitu saja, mereka akan lari kesana-sini bagaikan ayam asli. Bayangkan apa yang terjadi apabila kamu tembakkan 30+ lebih ayam di game, PC-mu akan ngos-ngosan karena terlalu banyak ayam yang muncul. Walau pembajak tak bisa membunuh musuh dengan senjata ayam ini, setidaknya kini mereka tahu jika ayam duluan yang datang sebelum telur.


6. Grand Theft Auto IV – Drunk camera

Menjadi salah satu franchise game paling terkenal di dunia tentu akan berarti banyak orang yang ingin memainkannya game ini, termasuk mereka gamer bajakan. Rockstar telah menebak jika game mereka akan dibajak oleh banyak orang, maka dari itu mereka menaruh sedikit “kejutan” untuk mereka.

Pada saat pemain diperkenalkan dengan fitur safehouse yang menjadi momen pertama di game setelah kau dijemput Roman, kamera dari game-mu tiba-tiba akan bergoyang begitu saja secara terus-menerus. Dan yup… kamera tersebut takkan berhenti begitu saja kecuali… kamu membeli gamennya secara legal (atau mencoba crack versi baru yang repotnya minta ampun).


7. Michael Jackson: The Experience – Menaruh suara vuvuzela sepanjang lagu

Masih ingat dengan terompet khas yang digunakkan pada saat piala dunia 2010 di Afrika kemarin? Apa yang terjadi ketika seluruh lagu legendaris Michael Jackson diganti dengan suara terompet menjengkelkan tersebut?

Inilah yang harus diderita oleh gamer-gamer bajakan yang mencoba game ini secara illegal. Ubisoft telah menaruh sedikit kejutan untuk para gamer bajakan ini dengan menaruh suara vuvuzela bersamaan dengan musik yang ada di game yang tak hanya merusak lagu-lagu legendaris dari MJ, namun juga membuat telinga gamer tersebut berdarah.


8. Game Dev Tycoon – Membuat studio-mu bangkrut karena para pembajak

Ironis dan ampuh, inilah dua kata yang harus saya bilang tentang hukuman untuk para gamer bajakan di game satu ini. Di Game Dev Tycoon kamu bermain sebagai developer yang tentunya ingin menjadi sukses dengan cara membuat game dan menjualnya. Namun di pertengahan game nantinya kamu akan mendapatkan pesan peringatan bahwa pembajakan game makin lama makin merajarela yang membuat game yang baru saja kamu rilis tadi terjual dengan buruk dan nantinya kamu akan bangkrut secara perlahan-lahan karena orang lebih ingin membajak gamemu ketimbang membelinya.

Tak ada cara untuk memenangkan game ini jika kau bermain di versi bajakan karena gamer tersebut akan rasakan sendiri apa rasanya ketika game mereka dibajak oleh banyak orang.

Exit mobile version