8 Cara Sadis Developer untuk Menghukum Para Cheater – Part 2


Follow Us

Memainkan game online terutama game kompetitif dengan adanya gangguan berkat salah satu player bermain curang tentu akan bisa merusak segalanya. Kerja kerasmu berasa tak setimpal demi melawan player curang atau bahasa kerennya “cheater” tersebut. Banyak developer yang lakukan penanggulangan untuknya. Namun bagaimana jika mereka juga melakukannya untuk game offline? Berikut kami telah rangkumkan cara sadis para developer untuk menghukum para cheater.

Nulis artikel dibayar

Disclaimer: Artikel ini merupakan lanjutan dari list pertama yang pernah kami buat sebelumnya, kamu bisa membacanya agar tahu apa saja yang kami masukkan.

Cheater terbagi atas 2 kategori:

  1. Main curang dengan cara memanipulasi, memanfaatkan bug dan glitch dalam permainan.
  2. Menggunakan kode cheat atau software pihak ketiga atau membuatnya.

8. Crusader No Regret – Dimasukkan ke Ruang Berisi Banyak Boss


Pernahkah kamu mencoba memasukkan kode cheat yang sama di sekuel sebuah video game? Jika ya, maka kamu akan dapatkan kejutan di Crusader No Regret. Memasukkan cheat seri pertamanya akan berimu tulisan “Of course we changed the cheats… duh” lemparkanmu ke level rahasia yang berisi banyak boss. Apapun yang kamu lakukan di sini akan sia-sia, bahkan meskipun kamu berhasil mengalahkan semua boss yang ada dalam gamenya. Sejatinya kamu hanya akan disuruh untuk mati di sini. Seolah asumsikan bahwa developer ingin berkata, “Ngecheat? Mati aja lu”.

7. Heretic – Langsung Mati

Meskipun menggunakan engine yang sama dengan seri Doom, namun bukan berarti game buatan Raven Software ini akan miliki kode cheat yang miliki efek yang sama. Jika di seri Doom kamu bisa memasukkan kode IDDQD untuk masuk dalam God Mode alias kebal, maka di Heretic alih-alih kebal, kamu justru langsung mati. Menjelang kematianmu, developer sematkan tulisan “Trying to cheat eh? Now you die!”. Sebuah sarkasme sekaligus paksaan untukmu agar memainkan gamenya tanpa cheat.

BACA JUGA  Politisi Pakistan Syukuri Video Pilot Pesawat yang Berhasil Lolos dari Maut di GTA V

6. RuneScape – Diadili Kemudian Dibanned (Hingga Permanen)


Banyak sekali game online di luar sana yang akan melakukan apapun untuk membasmi cheaternya. Jika GuildWars akan berimu eksekusi publik, maka RuneScape akan mengadili karakter cheater di sebuah pulau bernama Botany Bay. Karakter yang melakukan bot akan diberikan peringatan dua kali dengan tangan naga yang muncul di atas kepala mereka. Jika mereka tak mengindahkannya hingga yang kedua kalinya maka karakternya akan diambil menggunakan tangan naga tersebut ke Botany Bay. Mereka akan diadili di depan banyak orang dan dilempari oleh batu sebelum akhirnya mati dan akun mereka dibanned. Melanggar peraturannya tiga kali akan berimu sangsi banned permanen.

5. The Stanley Parable – Dimasukkan Ruang Bimbingan Konseling


Pernahkah kamu disetrap guru dan berujung ke ruang BK atau Bimbingan Konseling dan diceramahi agar memperbaiki kelakuanmu di sekolah? Jika ya, pengalaman yang sama akan kamu dapatkan di The Stanley Parable. Memasukkan kode “sv_cheats 1” akan lemparmu ke ruangan bernama “The Serious Room” dan akan diceramahi oleh narator tentang bagaimana berbahayanya cheat untuk gamenya.

BACA JUGA  Piala Presiden Esports Siap Digelar Kembali, Namun Tidak Ada Mobile Legends Lagi

4. Crash Bandicoot N. Sane Trilogy – Dilempar Keju oleh Penonton


Terkadang developer ingin kita memainkan game sesuai apa yang mereka inginkan. Inilah yang terjadi di Crash Bandicoot N. Sane Trilogy. Jika versi PlayStation 1-nya Warped akan perbolehkanmu untuk berdiam di pojokan saat melawan Tiny Tiger, maka versi remakenya tak perbolehkanmu untuk melakukannya lagi. Para penonton akan melempar keju ke arahmu jika melakukannya. Yep, kamu harus melawan Tiny Tiger dengan segenap kemampuanmu seperti yang diinginkan Vicarious Vision.

3. The Witcher 3 – Tidak, Kamu Tak Bisa Farming Sapi Lagi


Eksploitasi bug di sebuah video game merupakan hal yang wajar terjadi. Hal ini sangat mengganggu jika kamu memainkan game online, namun tidak untuk game offline. Tak sedikit developer yang langsung mengupdatenya setelah player menemukan eksploitasi tersebut, namun CD Projekt Red rupanya punya cara lain. Alih-alih memperbaiki bug sapi yang akan respawn setiap satu jam setelah kamu membunuhnya dan melakukan rest, CD Projekt justru berikan kejutan yakni sebuah monster bernama Chort yang akan memburumu jika kamu berusaha mengeksploitasinya. Bisakah kamu mengalahkannya?

2. GTA V Online – Denda Milyaran Rupiah Bagi Pembuat Cheat


Tak ada pemandangan yang lebih memuaskan selain melihat pembuat cheat game online merasakan ganjarannya. Inilah yang terjadi di GTA Online. Menurut laporan kami sebelumnya, seorang pembuat cheat didenda oleh Take Two dan Rockstar milyaran rupiah atas cheat yang didistribusikan. Jadi, hati-hati ya kalau kamu merupakan salah satu pelakunya namun belum tertangkap.

BACA JUGA  Bantu Pengobatan Ayah yang Terkena Kangker, Bocah Ini Habiskan Live Streaming di Twitch Hingga 10 Jam Per Hari

1. PUBG dan Beberapa Game Online Lain – Tuntutan Hukum


Cheater di game online memang sangat meresahkan, terlebih di game kompetitif. Mereka akan merusak semua pengalaman bermain dan kemampuan yang telah kamu bangun di sepanjang permainan. Developer yang sudah jengah mengatasinya tak segan-segan untuk tuntut mereka ke meja hijau, berikan denda, atau kalau bisa memenjarakan mereka atas semua yang telah diperbuat. PlayerUnknown’s Battlegrounds merupakan salah satunya, setidaknya untuk player China. Game yang terkenal akan cheaternya di China ini sempat mengalami penurunan player berkatnya. Pihak Blue Hole yang saat itu dibantu oleh Tencent layangkan tuntutan hukum kepada para pelaku dengan denda milyaran agar mereka jera. Game lain yang juga melakukannya adalah Overwatch, Fortnite, hingga GTA V Online yang telah saya tulis sebelumnya.


Itulah 8 cara sadis developer untuk menghukum para cheater part 2. Apakah kamu masih belum puas dengan daftar di atas? Kami mungkin bisa melanjutkannya ke part 3, itupun kalau kamu menginginkannya. Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa melakukan bookmark laman berikut agar lebih cerdas di dunia video game.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item