8 Event Video Game Terbesar yang Selalu Ditunggu Kehadirannya Oleh Para Gamer

in ,

Game Konvensi merupakan sebuah jenis pameran atau pertemuan yang meliputi beragam macam jenis game yang tidak hanya sebuah video game, pembaca dapat melihat ‘first look’ atau semacam melihat sedikit sebuah game yang akan diumumkan kedepannya atau mungkin bertemu dengan teman-teman yang melakukan cosplay terhadap karakter favorit mereka, lalu melihat produk-produk yang ditawarkan oleh beberapa vendor-vendor lain yang ikut meramaikan event tersebut. Tentu pembaca bila berkunjung kesana bisa sesekali melakukan swafoto dengan para cosplayer disana serta mencoba beragam game yang ditawarkan disana. Setidaknya, penulis merasa list game konvensi dibawah merupakan beberapa referensi dari sekian game konvensi yang populer.

1. GDC (Game Developers Conference)

Sesuai namanya, konvensi ini akan membawakan para pengunjung untuk bertemu dengan para developer-developer ternama untuk mengenalkan teknologi-teknologi untuk pembuatan video game kepada para pengunjung. Beberapa perusahaan tersebut tentu ada dari Intel, Nvidia, Epic, Google, Sony dan lainnya. Acara inti mereka diketahui terdapat dua acara, yang pertama merupakan Game Developers Choice Awards yang merupakan sebuah ajang apresisasi terhadap para pembuat game oleh pilihan para developer dan Independent Games Festival untuk memberikan kesempatan pada para pengembang game untuk mengenalkan produk atau video game serta pemberian penghargaan untuk video game mereka di konvensi tersebut.

2. PAXs (Penny Arcade Expo)

Game konvensi yang berbasis di Amerika Serikat ini menurut penulis cukup unik dengan membawakan perbedaan istilah yang menjadi 4 jenis, pertama ada PAX East yang diadakan di Boston, Massachusettes, kedua PAX West yang diadakan di Seattle, Washington, ketiga PAX South yang diadakan di San Antonio, Texas dan keempat PAX Aus yang diadakan di Melbourne, Victoria. Itulah kenapa istilah PAX untuk mewakilkan keempat konvensi ini disingkat menjadi PAXs. Acara yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari pameran video game indie hingga AAA, pertunjukkan band, pertemuan dengan developer dan masih banyak lainnya.

3. TGS (Tokyo Game Show)

TGS atau Tokyo Game Show merupakan konvensi yang berbasiskan di Jepang, tentu acaranya yang ditawarkan tidak berbeda jauh, mulai dari pameran video game, seminar bisnis serta pemberian penghargaan. Perusahaan-perusahaan yang hadir juga cukup terkemuka seperti Konami, Mihoyo, Tencent dan lainnya.

4. Gamescom

Gamescom merupakan salah satu konvensi game yang cukup besar, beberapa partner yang meramaikan konvensi tersebut diantaranya Bethesda, Sega, Activision, Xbox, EA dan lainnya. Tidak jauh berbeda dari konvensi game yang lain, lucunya di konvensi ini terdapat kompetisi pembuata Meme bagi yang tertarik untuk mengikutinya. Meskipun event-event yang ditawarkan tidak berbeda jauh, ada satu program yang ditawarkan yang disebut sebagai Gamescom Forest, yang bertujuan untuk mengajak para pengunjung ikut berkontribusi dalam pemulihan hutan-hutan serta usaha untuk penghijauan lingkungan kembali dengan cara memberikan donasi sebesar 1 Euro untuk 1 meter persegi lahan yang akan dipulihkan.

5. E3 (Electronic Entertainment Expo)

E3 merupakan salah satu yang terbesar dari sekian game konvensi yang lain. Penulis merasa kalau pembaca wajib mengunjungi pameran yang satu ini, dikarenakan beberapa game eksklusif biasa ditampilkan perdana di event ini sebelum akhirnya di ekspos ke ranah digital seperti di youtube. Tentu sensasi yang didapat bisa berbeda daripada melihatnya di media online. Perusahaan-perusahaan yang tergabung penulis yakin bisa menebak siapa saja yang hadir di konvensi ini.

6. BlizzCon

Untuk game konvensi satu ini, merupakan konvensi yang khusus dalam naungan Blizzard Entertainment. Namun, untuk beberapa acara memang pengungkapan IP atau Video Game terbaru memang biasanya mereka mengumumkannya sendiri di konvensi ini. Sebut saja Overwatch (2016), Call of Duty: Modern Warfare (2019) dan masih banyak lainnya.

7. DreamHack

Festival atau konvensi satu ini sedikit berbeda bila dibandingkan dengan konvensi game lainnya, selain adanya pameran video game, berkenalan dengan streamers serta cosplay, yang membedakannya dari yang lain adalah konvensi ini bertajuk LAN Party. Ya, konvensi di Dreamhack mungkin lebih tepatnya seperti pameran yang bersifat secara online meskipun pembaca sekalipun datang di event tersebut. Meskipun begitu, penulis melihat ketika berada disana nanti, pembaca masih bisa berjalan-jalan santai disana dengan melihat acara-acara yang disuguhkan. Konvensi ini berbasiskan di Swedia.

8. PSX

Game konvensi ini berada didalam naungan langsung oleh Sony Interactive Entertainment. Beberapa judul game besar ditampilkan di ajang konvensi ini, seperti Final Fantasy VII Remake. Penulis tidak banyak berpendapat disini karena acara yang disuguhkan kurang lebih memang mirip dengan game konvensi yang berada di bawah naungan langsung induk perusahaan.

Itulah beberapa game konvensi yang mungkin pembaca berminat untuk dikunjungi. Sejujurnya, tidak semua event seperti ini disatukan dalam artikel ini, namun menurut penulis sendiri, pembaca masih bisa mencari game konvensi yang sekiranya masih dapat dikunjungi seperti Brazil Game Show. Selebihnya, komen dibawah ya bila pembaca ingin menambahkan beberapa hal terkait dengan game konvensi. Terimakasih sudah membaca!

Gideonair

Written by Gideonair

Avid Graphic Designer and Photography, also having huge interest in PC Gaming, Peripherals and PC Hardware. Fried Rice Addict.