8 Game dengan Story yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

in ,

Video game adalah gabungan dari media-media yang lain mulai dari musik, visual, dan tentu saja story. Dan sama seperti media storytelling lainnya seperti novel ataupun film, video game terkadang mengambil inspirasi dari kisah nyata yang mungkin tak 100% akurat dengan apa yang sebenarnya dan banyak diubah sana sini dengan tujuan tidak membuat gameplay menjadi membosankan.

Penasaran game apa saja yang dimaksud? Berikut ada 8 game yang terinspirasi dari kisah nyata.


1. Assassins Creed

maxresdefault-68

Mungkin kalian sudah menebak yang satu ini melihat kepopuleran game satu ini sangatlah meroket dari seri pertama game ini dirilis. Tentu saja tak sepenuhnya story di game ini benar-benar nyata, maksudku jika di dunia ini benar-benar ada yang namanya apple of aden tampaknya dunia sampai sekarang masih akan perang dunia untuk merebutkan benda tersebut.

Ubisoft berhasil menceritakan peristiwa bersejarah serta memperkenalkan figur bersejarah dengan twist yang unik agar gameplay tetap fun bagi pemain, namun di waktu yang sama juga mengajarkan mereka sedikit fakta sejarah secara tak langsung. Tak aneh jika orang sering bilang Assassin’s Creed adalah guru sejarah terbaik.


2. L.A Noire

landscape-1463400765-la-noire-wallpaper-pearls

L.A Noire mungkin game detektif terbaik sampai sekarang, dan bukan karena tak ada alasan. Game satu ini dipenuhi dengan kasus kriminal yang menarik untuk ditelusuri serta setting yang benar-benar membuat pemain seperti berada di tahun 40an. Apa rahasia dari developer asal Australia ini? Mereka melakukan banyak riset agar dapat membuat game mereka terlihat sama persis seperti Los Angeles di tahun 40an

Seluruh desain kota Los Angeles dibuat sesuai dokumen foto dari berbagai macam lokasi di Los Angeles di tahun 40-50an dan juga kebanyakan kasus kriminal yang harus diselesaikan oleh detektif Cole Phelps terinspirasi dari kasus kriminal dunia nyata yang benar-benar terjadi di kota tersebut.


3. Brothers in Arms: Road to Hill 30

bia_pc_screen_3

Sebenarnya ada banyak video game yang terinspirasi dari perang dunia kedua mulai dari Call of Duty, Company of Heroes, Medal of Honor dst. Akan tetapi jika kita bicara yang mana yang paling akurat dengan peristiwa bersejarah ini, Brothers in Arms: Road to Hill 30 adalah jawabannya.

Sebagai seri pertama franchise, game satu ini diambil dari kisah nyata Mission Albany yang dimana pemain yang bermain sebagai Sersan Matt Baker harus berusaha untuk meyelesaikan misi tersebut. Yup, saya tidak terlalu tahu soal perang dunia, maka dari itu maklumi saja penjelasan payah saya soal plot game ini, at least i tried.


4. The Saboteur

the-saboteur-pc-047

Satu lagi game yang mengambil inspirasi dari kisah nyata perang dunia kedua, kali ini merupakan game hasil racikan Pandemic Studios yang dikenal pernah mengurus Star Wars: Battlefront II. Berlatar di negara Prancis yang dihuni oleh pasukan jerman, kamu bermain sebagai Sean Davlin, seorang mekanik mobil balap yang mencoba untuk mensabotase Nazi dari negara tersebut.

Karakter Sean Davlin didasari dari seorang figur dunia nyata, William Grover Williams yang merupakan juara grandprix yang kemudian direkrut Inggris sebagai mata-mata saat perang terjadi. Sayangnya berbeda dengan Davlin, Williams meninggal setelah ketahuan dan berhasil ditangkap oleh agen Jerman.


5. Valiant Hearts: The Great War

valiant-hero-1024x576

Didasari dari kisah nyata yang terjadi saat perang dunia pertama, Valiant Hearts: The Great War menceritakan kisah 4 pahlawan: Seorang tentara dari pranchis bernama Emily, menantunya yang bernama Karl, seorang tentara Amerika bernama  Freddie, dan juga seorang perawat dari Belgia bernama Anna.

Kisah keempat tokoh ini diadaptasi dari kisah-kisah nyata yang terjadi selama perang, konflik yang terjadi di game ini juga dibawakan seakurat mungkin namun dengan penggambaran kartun dari Ubisoft. Game bahkan memberikan pemain informasi detil tentang perang dunia pertama lewat in-game encyclopedia. Jika brott tertarik untuk bermain game ini, siapkan saja tisu banyak-banyak, i’ve warned you.


6. Dynasty Warriors 2

sles-50057-f-s

Game action dari Omega Force ini tak diragukan lagi kesuksesannya hingga dapat menghasilkan 7 sequels dan beberapa spin-off yang diadaptasi dari franchise lain seperti Gundam, Dragon Quest, One Piece, Berserk dan juga The Legend of Zelda.

Namun tahukah kalian jika seri-seri awal Dynasty Warriors diadaptasi dari kisah nyata? Yup, seri-seri awal dari Dynasty Warriors sebenarnya didasari oleh buku sejarah China di abad ke-14 berjudul Romance of Three Kingdoms, yang menceritakan secara detil perjuangan suku-suku perang dalam mempersatukan negeri China.


7. That Dragon, Cancer

332930-that-dragon-cancer-whom-shall-i-fear_1280

Berbeda dengan game-game sebelumnya, game satu ini bukanlah game action atau adventure, dan juga tidak diadaptasi dari kisah perang atau konflik penuh kekerasan lainnya. Game satu ini mencoba untuk menceritakan kisah biografi anak dari Ryan dan Amy green yang kini telah meninggal karena penyakit kanker, Joel.

Di game yang lebih saya anggap sebagai interactive documentary ini kalian diajak untuk melihat perjuangan Joel dalam melawan penyakit kankernya yang telah dia derita sejak umur 12 bulan dan diperkirakan hanya punya waktu 4 bulan untuk hidup. Meskipun didiagnosa demikian oleh dokter, Joel berhasil bertahan hidup selama 4 tahun. namun karena kondisi tumor yang makin parah, Joel mengalami sedikit masalah mental dan belum mampu bicara pada umur 2 tahun. Orang tua Joel melakukan segala cara untuk mengobati penyakit anaknya tersebut mulai dari terapi hingga mencoba obat-obat experimental, apa hasilnya? Kamu harus cari tahu sendiri.


8. The Beginners’ Guide

2015-09-29_00039-noscale

[SPOILER ALERT]

Setelah merilis game kocak yang mendapatkan banyak pujian yaitu The Stanley Parable, game kedua dari Davey Wreden tampil jauh berbeda dari game sebelumnya. Game satu ini menceritakan kisah persahabatan antara Davey dan Coda, Coda selalu membuat game tak jelas yang tak punya maksud apapun dan Davey setia untuk memainkan satu persatu game dari Coda tersebut karena dia berpikir ada rahasia dibalik game yang dibuat oleh Coda.

Pada dasarnya kisah yang baru saja saya ceritakan hanyalah fiksi semata, Coda tidaklah nyata sama sekali dan hanyalah representasi dari sifat depresi dari Davey setelah membuat The Stanley Parable yang dia ciptakan hanya untuk maksud “just for fun” semata. Proyek yang awalnya dia buat hanya untuk maksud bersenang-senang ini tak disangka olehnya akan disukai banyak orang dan juga dipuja banyak kritikus.

Walau mungkin developer akan tenang dengan resepsi positif seperti ini, hal yang berbeda terjadi pada Davey. Resepsi positif ini membuat fans terus meminta lebih darinya, membuat Davey merasa tertekan dan takut karya selanjutnya tak sebagus TSP. Rasa tertekan ini bertentang dengan maksud “just for fun” yang dia terapkan selama membuat The Stanley Parable dan ingin mengekspresikan rasa depresinya ini lewat sesuatu yang benar-benar dia tahu… membuat video game.


Inilah 8 game yang terinpirasi dari kisah nyata. Apakah masih ada game lain yang menurut brott harus masuk di list ini? Sebutkan di komen!

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.