8 Game Dengan Tema Bencana Alam

Img 04082020 085021 (800 X 450 Pixel)

Img 04082020 085021 (800 X 450 Pixel)

Bencana alam adalah suatu fenomena yang sulit diprediksi dan oleh karena itu juga sulit untuk dicegah. Sub-genre tentang bencana alam memang tidak sepopuler perang nuklir atau wabah penyakit, sub-genre ini menuntut unsur realisme yang cukup tinggi agar bisa ‘masuk akal’ dan tidak mencederai pengalaman bermain, konflik yang dibangun umumnya juga harus realistis mengikuti temanya sehingga berbagai macam event mungkin bisa sangat membosankan. Bagaimanapun, sub-genre ini memberi angin segar bagi anda yang bosan dengan perang nuklir atau wabah zombie, berikut adalah 7 game terbaik yang mengangkat tema bencana alam.


1. I Am Alive

I Am Alive menceritakan kisah seorang survivor bernama Henry yang kembali ke kota Haventon untuk mencari istri dan anaknya. Selama di Haventon, anda akan menjelajahi puing-puing sembari menghindari badai debu yang berbahaya, Henry juga harus menghindari para survivor yang berusaha merampok anda maupun yang hanya tidak suka jika anda berada di dekatnya. Meskipun tidak memiliki cerita yang kuat, gameplay dari game ini menegangkan dan juga ‘cerdas’ sehingga anda akan dibuat berdebar-debar dari awal hingga akhir.


2. The Flame in the Flood

Ketika anda melihat air sungai mulai meluap, maka bersiap mengungsi adalah pilihan yang tepat. Dalam game The Flame in the Flood, anda berpacu dengan derasnya banjir untuk menuju dataran yang lebih tinggi, di perjalanan anda akan bertemu dengan karakter menarik dan juga mengumpulkan resource. Unsur survival pada game ini juga cukup hardcore dengan banyaknya kondisi yang bisa membunuh anda mulai dari infeksi, sepsis, patah tulang, cacingan dll.


3. Just Cause 4

Seri Just Cause terkenal berkat aksi Rico Rodriguez yang bombastis, dan Just Cause 4 meningkatkan standar ‘bombastis’ tersebut lebih tinggi lewat tema bencana alamnya. Dalam seri keempat ini, Rico harus menghadapi teroris yang memiliki senjata untuk mengontrol cuaca, tentu saja anda juga bisa menggunakan ‘senjata’ tersebut untuk keungtungan pribadi. Anda bisa membuat badai petir dan tornado menghantam tank, helikopter, atau fasilitas vital lainnya milik musuh sehingga anda tidak perlu repot-repot mengalahkan mereka satu persatu, let the mother nature consumes them.


4. The Long Dark

The Long Dark merupakan gambaran realistis apabila manusia kehilangan sumber energinya, lewat bencana geomagnetik yang menyebabkan perubahan medan magnet, seluruh listrik menjadi padam, manusia pun diliputi ketakutan dan keputusasaan. Lewat tema ini, The Long Dark menjelma menjadi game survival paling realistis, stress, dan unik, jika di game survival lain musuh terbesar anda adalah binatang atau monster, di game ini alam-lah yang menjadi musuh terbesar anda. Game ini cocok bagi anda yang super sabar dan mengingkan game survival yang fresh dan menantang, oh ya game ini juga memiliki fitur permadeath.


5. Disaster Report series

Disaster Report merupakan seri game yang menceritakan perjuangan survivor dalam menghindari bencana alam yang tengah terjadi. Game ini memang memiliki premis menarik, namun pada akhirnya game ini terasa lebih seperti kombinasi interactive movie layaknya game dari Telltale dan hollywood simulator layaknya CoD daripada game survival. Meskipun demikian, Disaster Report adalah game bencana alam dengan pendekatan terbaik karena menempatkan player di tengah bencana alam, bukan setelahnya.


6. Frostpunk

Frostpunk adalah kombinasi game survival dan city building sim yang mengangkat tema badai salju yang mendorong manusia menuju kepunahan. Game ini memiliki sistem yang kompleks dimana anda harus membuat berbagai pilihan sulit agar manusia selamat. Jika anda bosan dengan game city building sim biasa, maka anda bisa mencoba game ini.


7. Stop the Disasters!

Stop the Disasters! adalah game edukatif yang dikembangkan oleh PBB sebagai pembelajaran untuk menghadapi berbagai bencana alam. Game ini meminta anda untuk melindungi suatu daerah dari berbagai bencana alam seperti tsunami, gempa, dan tornado dengan dana dan waktu yang minim. Jika tertarik ada bisa memainkannya secara gratis disini.


8. A Girl Adrift

A Girl Adrift adalah kombinasi unik dari idle game dan RPG yang dirilis untuk platform iOS dan Android. Game ini menceritakan dunia yang terkena tsunami hebat yang menenggelamkan sebagian besar daratan, tugas anda adalah menjelajahi dunia untuk mencari sisa-sisa peradaban manusia. Game ini memiliki atmosfer yang tenang nan sunyi, cocok bagi anda yang ingin memainkan game casual.

Exit mobile version