8 Game Dimana Pemain “Dihadiahi” untuk Nggak Ngapa-Ngapain

Nothing

Nothing

Video game adalah media hiburan interaktif, maka untuk dapatkan pengalaman yang ditawarkan, kamu harus memainkannya. Tiap game selalu tawarkan tantangan dimana kamu harus fokus, tiap input harus dilakukan untuk capai kemenangan, namun bagaimana jika “diam” menjadi salah satu opsi untuk dapatkan hasil terbaik?

Pada listicle kali ini, kami akan bagikan beberapa game dimana kamu akan “dihadiahi” untuk tidak lakukan apa-apa. Berikut game-game yang dimaksud:


1. Far Cry 4 – Pagan Min Selalu Tepati Janji


Pada saat prolog game, kamu diajak oleh sang antagonis Pagan Min untuk makan siang bersama. Namun kedamaian sidangan tersebut diganggu setelah pasukan pemberontak menyerang markas sang diktator. Pagan Min kemudian harus mengurus penyerangan yang terjadi dan memintamu untuk diam di meja, dia berjanji akan membantumu mengantarkan abu sang ibu. Melihat kesadisan yang ia tunjukan sebelumnya, wajar apabila kamu mencoba untuk melarikan diri. Namun bagaimana jika Pagan Min adalah orang yang selalu tepati janjinya?

Apabila kamu menunggu sekitar 15 menit, Pagan Min akan kembali ke meja makan dan menepati janjinya untuk mengantarmu ke pemakaman sang ayah dan menyelesaikan misimu. Kamu akan lewati 99% konten yang disediakan game, namun kamu dapatkan ending “terbaik” di game ini.


2. Far Cry 5 – Tak Mau Ikut Campur Urusan Kultus Sesat

Melanjutkan ending alternatif yang game keempat lakukan, Far Cry 5 juga berikan pemain opsi untuk tidak mau ikut campur dengan konflik yang terjadi. Kamu bermain sebagai custom character dimana kamu ditugaskan menahan Joseph Seed karena ajaran sesat yang ia sebarkan di sekitar Hope County.

Apabila kamu ikut perintah game, kamu akan diserang para pengikutnya dan nantinya terjebak di Hope County dengan terpaksa membantu pasukan pemberontak mengalahkan Joseph berserta keluarganya. Tapi jika kamu tak lakukan apa-apa selama 3-5 menit, kamu akan buat si sheriff bingung dan mendadak berubah pikiran, dia akan meninggalkan misinya merasa kalau aksi ini akan berakhir dengan konsekuensi yang berat dan kamu akan ikut bersamanya. Game kemudian berakhir dengan Joseph Seed meneruskan apa yang ia lakukan dan kamu tak mau ikut campur. Jika kamu ingin speedrun game ini, ini jadi cara terbaik.


3. Fable 2 – Bapak Kos


Di game RPG, mencari uang terkadang menjadi proses grinding yang sanga melelahkan. Terkadang setelah selesaikan puluhan quest dan kalahkan ratusan musuh, kamu masih terlalu miskin untuk beli senjata level tinggi di merchant NPC. Fable II tawarkan mekanik mencari uang yang menarik, kamu bisa membeli properti rumah dan sewakan kepada para NPC. Namun tampaknya developer tidak seimbangkan kembali mekanik ini karena kamu bisa mengeksploitasinya agar kamu kaya dengan usaha yang sedikit.

Uang sewa akan diberikan setiap 5 menit kamu tidak mainkan game, maka apabila kamu miliki properti sebanyak mungkin atau bahkan semua yang ada di game, kamu bisa tinggalkan game selama sebulan dan kamu menjadi orang kaya saat kembali bermain. Atau kamu juga bisa mengatur jam dan tanggal di setting Xbox 360 secara manual dan curangi sistem game.


4. The Stanley Parable – Achievement untuk Tidak Mainkan Game


The Stanley Parable adalah game yang pendek, kamu bisa selesaikan semua ending yang game tawarkan dalam waktu 2 atau 3 jam. Setelah kamu selesaikan game, kecil kemungkinan kamu akan kembali lagi kecuali untuk nostalgia semata. Namun ternyata developer sisipkan achievement yang bisa kamu dapatkan dengan cara tidak mainkan game sama sekali selama 5 tahun. Saat waktunya tiba, game akan memberi notifikasi achievement tersebut dan kini kamu 100% tamati game ini. Atau kamu selalu bisa ganti jam di PC-mu apabila tak mau menunggu 5 tahun.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.


5. Metal Gear Solid 3: Snake Eater – Bos Sulit Mati Karena Tua


Bukan game Kojima kalau tidak ada fitur atau konsep absurd yang ditambahkan. Pada Metal Gear Solid 3: Snake Eater, salah satu bos bisa dikalahkan dengan cara tinggalkan game dan matikan console selama seminggu.

The End ialah bos yang dimaksud. Apabila dimainkan secara normal, bos satu ini cukup tangguh untuk dilawan karena ia adalah seorang sniper yang tajam, miliki pendengaran yang super sensitif, dan sulit dilihat karena kamuflasenya. Tetapi apabila kamu lakukan trik yang saya sebutkan saat melawan bos ini, saat kamu kembali bermain, dia akan meninggal karena usia tua. Sisi buruknya ialah kamu tidak akan dapatkan pakaian kamuflasenya serta senjata Mosin Nagant yang ia pegang, tetapi apabila kamu terlalu frustasi dengan bos ini, mungkin ini menjadi solusi alternatif.


6. Earthbound – Nggak Ngapa-ngapain Biar Game Lanjut


Earthbound merupakan RPG yang tak lazim. Kamu bermain sebagai anak kecil di dunia modern dengan kumpulan musuh yang juga tak lazim mulai dari anjing liar hingga kotoran sentien. Game ini ialah inspirasi di balik Undertale dan kumpulan RPG konyol yang telah ada saat ini. Di beberapa sesi cerita, kamu akan ditantang dihadapi teka-teki yang ternyata jawabannya ialah tidak ada alias kamu nggak perlu ngapa-ngapain.

Sebagai contoh, saat kamu ingin memasuki gudang Blech, kamu akan dihalangi oleh seorang penjaga yang meminta kata sandi untuk masuk. Apa kata sandi tersebut? Tidak ada, kamu hanya perlu menaruh controller-mu dan tidak menyentuhnya selama kurang lebih 5 menit. Hal yang sama terjadi di beberapa bagian cerita lainnya. Kamu masih harus mainkan game pada akhirnya namun terkadang solusi dari sebuah masalah ialah tidak melakukan apa-apa sama sekali.


7. Final Fantasy V – Musuh Mimik Bingung Harus Ngapain


Final Fantasy penuh akan monster dengan kekuatan yang unik, salah satunya ialah Gogo yang dimana ia dapat meniru tiap aksi yang kamu lakukan. Apabila kamu keluarkan skill terbaikmu, ia akan membalas dengan skill serupa dan membuat situasi menjadi “senjata makan tuan”. Lalu apa yang harus kamu lakukan untuk melawan musuh mimik yang ikuti tiap langkahmu? Diam saja.

Ketika kamu diam tidak melakukan apa-apa, Gogo akan bingung dan tidak tahu harus apa karena gimmick dari kekuatannya ialah ia hanya mampu meniru dan tidak dapat lakukan aksi sendiri. Apabila kamu diam selama beberapa menit, dia akan merasa bosan dan meninggalkanmu.


8. Bravely Default – Tidur 8 Jam

Satu lagi JRPG dari Square Enix muncul dalam list ini. Pada game ini, ada dua fitur yang manfaatkan sistem jam real-time. Mari kita mulai dengan sistem SP. Apabila kamu miliki SP, kamu dapat lakukan aksi tambahan dalam combat. Ini akan sangat berguna di banyak situasi khususnya saat pertarungan yang sulit. SP merupakan singkatan dari Sleep Point, SP  hanya dapat didapatkan tiap 8 jam yang setara dengan rekomendasi lama tidur oleh para dokter.

Mekanik dengan sistem waktu real-time lainnya ialah misi rekonstruksi Norende. Pada game ini, tiap gedung dapat diperbarui yang nantinya setelah jadi akan menjadi tempat trading yang item. Proses ini membutuhkan waktu yang lama, tetapi untungnya progress akan terus berjalan selama 3DS dalam posisi sleep. Jadi apabila kamu sedang capek lanjutkan game, tinggalkan saja, main game lain dan nanti kamu dapat akses berbagai item terbaik yang kamu tidak bisa beli di NPC lain, membuat kamu overpowered dengan usaha sedikit.


Exit mobile version