8 Game FPS dengan Platformer Terbaik

Img 23082020 164916 (800 X 450 Pixel)

Img 23082020 164916 (800 X 450 Pixel)

Ada yang berkata bahwa game first person dan platformer tidak bisa bersatu dikarenakan implementasi perspektif dan aksi yang tidak seimbang, pada game first person terdahulu, unsur platformer banyak menyebabkan player merasakan motion sickness. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, unsur platformer di game first person semakin membaik, mulai dari penambahan kamera yang adaptif, hingga penyesuaian desain level dan pacing pada game. Berikut adalah 8 game first person dengan implementasi platformer terbaik yang dijamin tidak akan membuat anda pusing.


1. Titanfall series

Titanfall adalah seri yang berhasil meningkatkan ‘level’ FPS ke tingkat yang lebih tinggi berkat sistem pertarungan akrobatik yang memungkinkan anda bergerak secara vertikal dan horizontal dengan mudah. Tentu saja gameplay ini diimbangi dengan sudut kamera yang sangat baik yang dapat menyesuaikan gerakan player dan apa yang dilihat oleh player. Seri spin-off Titanfall, Apex Legend bahkan menghadirkan sensasi pertempuran lebih ekstrim dengan implementasi battle royale nya.


2. Mirror Edge: Catalyst

Seri pertama Mirror Edge sempat membuat takjub gamer di seluruh dunia dengan keindahan arsitektur dan gameplay parkour yang menarik, sayangnya kamera yang kurang adaptif dan gerakan karakter yang sedikit kaku membuat banyak gamer mengeluhkan motion sickness. Sequel dari game ini menghadirkan berbagai perbaikan, mulai dari durasi dan pacing, hingga kamera yang lebih baik. Sistem combatnya juga lebih inuitif dan accessible dari seri sebelumnya.


3. Doom Eternal

Sebagai sequel dari salah satu game FPS terbaik saat ini, Doom Eternal memfasilitasi player dengan sistem combat menarik untuk menghadapi pertempuran yang gila. Eternal menambahkan elemen platformer yang biasa kita temui pada game side scroller seperti ‘pole’ dan two sided wall, bukan sekedar gimmick, elemen ini membantu player untuk bertempur lebih taktis. Doomguy pun bisa bergerak lebih leluasa dengan adanya thruster yang memungkinkan player melakukan double jump dan dash.


4. Dishonored series

Meskipun ‘baru’ di industri video game, nama Dishonored melambung sebagai salah satu game stealth (dan steampunk) terbaik, berkat desain level menarik dan gameplay yang mendorong gamer menjadi kreatif. Dishonored memposisikan anda sebagai seorang pembunuh dengan kemampuan supernatural, berkat kemampuan ini anda bisa menggunakan kemampuan seperti teleportasi dan time stop. Berbagai kemampuan keren ini memungkinkan player menyelesaikan berbagai misi dengan gaya mereka sendiri.


5. Dying Light series

Bosan dengan game zombie ‘konvensional’? Anda bisa memasukkan Dying Light ke dalam daftar anda. Dying Light adalah game zombie yang mengusung tema parkour, dengan balutan dunia open world super luas, anda bisa dengan bebas menggunakan berbagai macam taktik yang diperlukan untuk bertahan hidup. Sistem parkour pada game ini juga sangat fleksibel baik dari segi pergerakan dan combat sehingga anda tidak akan kewalahan menghadapi zombie yang banyak sekalipun.


6. Valley

Valley adalah game first person adventure dimana player dibekali dengan L.E.A.F suit yang memungkinkan anda bergerak bebas di dunia yang luas. Game ini memiliki unsur puzzle dan juga misteri di dalamnya sehingga perjalanan anda di dunia game ini tidak akan membosankan. Game ini juga mengusung semacam sistem konsekuensi dengan skala besar, dimana setiap perbuatan anda dapat mempengaruhi ‘keharmonisan’ dunia gamenya.


7. Prey (2017)

Diracik oleh Arkane Studio, studio sama yang meracik Dishonored, Prey mennjadi salah satu game sci-fi FPS saat ini. Karena diracik oleh studio yang sama, anda akan menemukan banyak persamaan dengan Dishonored sehingga jika anda pernah memainkan seri Dishonored, anda tidak akan asing dengan berbagai mekanime. Prey menceritakan Morgan Yu, seseorang yang menjadi subjek eksperimen kekuatan alien di stasiun luar angkasa Talos 1, dengan kekuatan alien ini, anda akan berusaha menyelamatkan Talos 1 dari entitas asing yang mengancam anda dan kru stasiun.


8. Half Life series

Half Life adalah salah satu seri FPS paling berpengaruh di industri game, melalui inovasi narasi, physics, dan gameplay, Half Life membawa FPS modern ke arah yang lebih baik. Salah satu keunggulan Half Life sebagai seri FPS adalah desain level semi open world yang keren, anda tidak akan menjelajahi lorong yang sama terus menerus, anda akan berlari, melompat, mengendarai, dan bahkan berenang, semuanya dalam pacing yang sempurna. Half Life Alyx juga memiliki desain level yang keren, hanya saja masih kurang variatif dibandingkan seri terdahulu.

Exit mobile version