8 Game Jadul dengan Grafis Yang Masih Terlihat Luar biasa


Follow Us

Graphic doesn’t make a game, gameplay does”

Nulis artikel dibayar

Mungkin istilah itu sudah sering kalian dengar, atau bahkan sudah kalian setujui kalau gameplay merupakan faktor utama dalam menentukan game tersebut bisa dibilang bagus atau tidak. Namun harus kita akui jika grafis yang bagus memang menjadi nilai plus dari video game. Grafis juga makin berkembang dengan cepat, yang mulanya grafis di game hanya dari tumpukkan “dot” menjadi seindah dan realistis sekarang.

Perkembangan grafis ini berjalan sangat cepat sampai-sampai game beberapa tahun yang lalu yang kamu anggap keren habis grafisnya, sekarang kelihatan jelek dibandingkan dengan game terbaru sekarang. Akan tetapi, pernahkah kalian memainkan kembali game lama kalian atau pertama kali mencoba bermain game lama tersebut, namun tetap terpukau sama kualitas grafisnya walau game tersebut bisa dibilang “lanjut usia”?

Berikut adalah 8 game jadul dengan kualitas grafis yang masih memukau!

 

1. Crysis (2007)

pic_23

Yup, pilihan yang jelas-jelas akan masuk di artikel ini, dan mungkin game pertama yang bakal banyak orang pikirkan pertama kali ketika membahas topik ini. Walau sudah berumur 9 tahun, kualitas grafis Crysis masih terlihat menakjubkan untuk standar sekarang.

Pada saat pertama kali game ini dirilis, game ini dipuji-puji oleh para kritikus untuk kualitas grafis yang dianggap “sangat realistis” pada saat itu. Kepopuleran kualitas grafis dari game ini juga membuat game Crysis pada saat itu menjadi game paling banyak ditanya oleh PC gamer, “Can i run it?”.

jkflvoz
Crysis with mod obviously

2. S.T.A.L.K.E.R : Shadow of Chernobyl (2007)

s-t-a-l-k-e-r-shadow-of-chernobyl-screenshot-4

S.T.A.L.K.E.R merupakan franchise first person survival horror yang dikembangkan oleh GSC Game World pada tahun 2007 silam. Meski dengan resepsi dari kritikus yang cukup baik, game post apocalyptic yang berlatarkan di Chernobyl ini bisa dibilang “under the radar” kebanyakan gamer. Tak banyak yang tahu soal game satu ini pada awal-awal rilis, namun dengan semakin berjalannya waktu, S.T.A.L.K.E.R perlahan mendapatkan populeritas yang game ini berhak dapatkan hingga menghasilkan salah satu mod community terbesar saat ini.

Untuk kualitas grafis game ini sendiri, tanpa bantuan mod grafis yang sudah banyak dirilis di website modding, game ini masih terlihat bagus ditambah dengan atmosfir post apocalyptic yang begitu atmosferik. Ditambah dengan budget game satu ini yang amat terbatas, sangat menakjubkan GSC Game World bisa hasilkan “underrated gem” satu ini yang orang lain harus coba.

maxresdefault-35


3. Need for Speed : Most Wanted (2005)

h0yzgvv

Need for Speed : Most Wanted mungkin telah menjadi seri favorit para fans game balap dari EA ini karena level design yang keren, mobil yang kamu dapatkan bisa diupgrade semua, gadis-gadis yang cantik ( ?° ?? ?°) dan kualitas grafis yang untuk standar sekarang tetap kelihatan bagus.

Mungkin memang tak sebagus reboot nya pada tahun 2012 lalu, namun untuk game yang sudah berumur 11 tahun, kualitas visual dari game satu ini masih bisa memanjakan mata dan untuk para pengguna PC, game satu ini sudah masuk kalangan “game enteng”. Bicara soal reboot 2012 nya, walau seri tersebut tetap mendapatkan review positif dari kritikus, reboot yang dibuat oleh developer Burnout ini tampaknya banyak dibenci oleh fans game 2005 nya karena dianggap lebih mementingkan kualitas grafis ketimbang konten.

maxresdefault-36


4. Age of Empires III (2005)

aoeiii_screenshot-3-1

Menjadi seri ketiga dari game RTS populer Microsoft – Age of Empires, developer membuat perkembangan pesat akan kualitas grafis game satu ini tanpa membuang kesan Age of Empires yang fans kenal dan cinta. Berbeda dengan Age of Empires II atau Age of Mythology yang perlu “HD remake” biar kelihatan lebih bagus untuk gamer sekarang, Age of Empire III walau tanpa diberi remake untuk 10 tahun yang akan datang tetap akan terlihat mempesona untuk game RTS.

Yang sekarang kita perlukan hanyalah sequel baru dari franchise lama ini. Ayolah Microsoft, sudah 11 tahun lebih kami menunggu!

maxresdefault-37


5. Half Life 2 (2004)

ss_62c484ade710adabd62d65ba6e5f092cac3a4e88-1920x1080

Saat pertama kali dirilis, para jurnalis game tak bisa berhenti membicarakan game satu ini akan betapa revolutionary sequel satu ini. Mulai dari gameplay yang bagus, jalan cerita yang menegangkan, karakter yang menarik, keberadaan ragdoll yang pada saat itu masih baru, physic yang lebih disempurnakan, keberadaan Gravity Gun, dan tentu saja kualitas grafis dari game satu ini. Dan walau sudah berumur 12 tahun, Source Engine sampai saat ini masih dipakai oleh Valve dan beberapa developer lain, Game Titanfall yang menjadi game pembuka generasi baru Xbox bahkan menggunakkan Source Engine.

Untuk Half Life 2 sendiri, walau sudah “lanjut usia”, game satu ini masih dapat memukau mata para gamer. Saya yang baru saja mencoba kembali bermain game ini masih terpukau oleh kualitas visual FPS satu ini seperti sedang melihatnya untuk pertama kali lagi. Melihat game ini game tahun 2004, PC jadul kamu pasti bisa memainkan game satu ini. Maka dari itu, jika kamu belum mencoba game FPS yang dianggap sebagai game terbaik PC oleh majalan PCgamer ini, cobalah sekarang!

ss_e0e7c03dc7efbdfb5fc4314638331ae690567bf4


6. Resident Evil : Gamecube Remake (2002)

residentevil-remake-pretgs-08

Remake Gamecube dari Resident Evil ini merupakan salah satu remake terbaik yang pernah dibuat di sejarah gaming. Sangking bagusnya, remake ini di-remake kembali untuk PS4, Xbox One dan PC, membuktikan bahwa game jadul satu ini masih memukau untuk dilihat walau udah berumur satu dekade lebih ini.

Yang kita perlukan sekarang hanyal remake dari Resident Evil 2 dan Resident Evil 3 dengan kualitas grafis yang sama dengan remake gamecube ini, atau bahkan lebih baik lagi. Please do it, Capcom.

jhid32xsnyv0wrcz74xv
Versi remake HD

7. The Legend of Zelda : The Wind Waker (2002)

wind-waker-windfall

Satu lagi game dari console Gamecube masuk ke list ini, walau mungkin bukan tipe visual yang “realistik” atau “atmosferik” seperti game-game diatas, tema kartun yang diterapkan pada visual The Wind Waker masih tetap menyenangkan untuk dilihat oleh mata walau sudah dianggap sebagai game jadul.

Bahkan jika Nintendo tidak melakukan tweak atau upgrade apapun pada Remake HD game ini di WiiU, The Wind Waker tetap akan terlihat mempesona khususnya untuk mereka pecinta visual kartun seperti saya.

2410758-8778282523-zelda
Versi Remake HD untuk WiiU

8. Final Fantasy X (2001)

e417a353a4df51290d4e876b7441ee9b-970-80

Franchise J-RPG dari Square Enix ini memang dikenal sering memberikan kualitas grafis yang menakjubkan. Final Fantasy VII pernah dipuji karena perkembangan visual yang naik dari 2D sprites menjadi 3D Polygon, dan ya … saya tahu jika game satu itu kelihatan mengerikan untuk standar sekarang, namun hal yang sama tak terjadi pada Final Fantasy X.

Untuk game yang sudah berumur 15 tahun, yup … menurut saya game satu ini masih terlihat bagus. Square Enix bahkan membuat remake HD untuk game klasik PS2 ini berserta sequelnya X-2 untuk PS4, Xbox One dan PC pada bulan Mei lalu.

ffx_besaid_wild

Inilah 8 game jadul dengan visual yang masih enak untuk dipandang mata, apakah ada game jadul lain yang menurut brott pantas masuk ke list ini? Sebutkan di komen!


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item