8 Game Mobile Terlaris di Dunia Sepanjang Tahun 2021

Game Mobile Terlaris di Dunia 2021

Beberapa hari yang lalu, kita telah mengucapkan selamat tinggal tahun 2021 dan menyambut tahun 2022. Banyak hal telah kita lalui bersama terlebih dalam bermain video game, baik itu game PC, konsol maupun game mobile. Ada banyak sekali game mobile yang telah dimainkan gamer yang disebut-sebut sebagai game terbaik dan terpopuler yang bahkan menjadi salah satu game mobile terlaris di dunia pada tahun 2021 yang lalu.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai 8 game mobile terlaris di dunia sepanjang tahun 2021. Daftar ini berdasarkan data total penghasilan game mobile dari Sensor Tower pada perangkat smartphone Android dan juga iOS. Bahkan game mobile tersebut telah berhasil mendapatkan total penghasilan lebih dari $1 Miliar. Data tersebut terhitung dari 1 Januari 2021 hingga 14 Desember 2021.

Inilah 8 game mobile terlaris di dunia berdasarkan total pendapatan sepanjang tahun 2021!

8. Garena Free Fire

8 Game Mobile Terlaris di Dunia Sepanjang Tahun 2021 10

Game mobile terlaris di dunia sepanjang tahun 2021 pertama dalam daftar ini adalah Free Fire atau Garena Free Fire. Game buatan developer 111 Dots Studio pertama kali rilis pada 23 Agustus 2017 untuk platform Android dan iOS.

Garena Free Fire menghadirkan permainan battle royale yang sudah tidak asing lagi bagi para penikmat game mobile di Indonesia. Game ini terus menghadirkan berbagai variasi fitur gameplay dan event menarik untuk menghibur pemain setia serta menarik perhatian pemain baru.

Dengan populernya genre battle royale shooter di platform PC maupun smartphone Android dan iOS, tidak heran jika banyak gamer ketagihan terhadap game-game seperti Free Fire. Menurut data dari Sensor Tower, Garena Free Fire berhasil mendapatkan pendapatan sekitar $1,1 Miliar atau sekitar Rp 15,83 Triliun sepanjang tahun 2021. Pendapatan tersebut sudah termasuk pada game Garena Free Fire di platform Android dan juga iOS.

7. Candy Crush Saga

8 Game Mobile Terlaris di Dunia Sepanjang Tahun 2021 11

Selanjutnya ada game match three puzzle buatan developer King berjudul Candy Crush Saga. Game ini sangat digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan umur, baik itu anak-anak, remaja bahkan hingga orang dewasa. Hal tersebut berkat fitur gameplay yang sangat mudah dimainkan dan dipahami oleh semua orang.

Game ini pertama kali rilis untuk platform browser pada 12 April 2012. Kemudian disusul perilisannya untuk platform iOS pada 14 November 2012. Lalu rilis juga untuk platform Android pada 14 Desember 2012.

Menurut data dari Sensor Tower, Candy Crush Saga berhasil mendapatkan pendapatan hingga mencapai $1,2 Miliar atau sekitar Rp 17,27 Triliun sepanjang tahun 2021. Total pendapatan tersebut sudah diakumulasi dari pendapatan pada perangkat smartphone Android dan juga iOS.

6. Pokemon GO

8 Game Mobile Terlaris di Dunia Sepanjang Tahun 2021 12

Kemudian ada game dari seri franchise populer Pokemon di perangkat smartphone Android dan iOS, yaitu Pokemon GO. Game ini dibuat dari hasil kerja sama antara developer Niantic dengan Nintendo serta The Pokemon Company. Game berbasis Augmented Reality (AR) dari seri Pokemon rilis pertama kali pada 6 Juli 2016 untuk platform Android dan juga iOS.

Pokemon GO menghadirkan sebuah permainan seru dimana pemain dapat menangkap berbagai macam Pokemon dari berbagai generasi dengan memanfaat fitur map dan juga GPS pada smartphone. Kalian harus bermain di luar rumah dan berkeliling di sekitar area untuk menemukan Pokemon dan juga menangkapnya.

Tidak lupa juga dengan dihadirkan sistem Gym dimana kalian bisa menantang para pemain Pokemon GO lainnya yang sangat kuat. Apa yang kalian harapkan dalam game Pokemon di dunia nyata terealisasikan pada game ini. Namun harap diingat untuk tetap waspada disekitar kalian ketika bermain sambil berjalan-jalan di luar mencari Pokemon.

Diketahui bahwa Pokemon GO berhasil mendapatkan total pendapatan di Android dan juga iOS mencapai sekitar $1,2 Miliar atau sekitar Rp 17,2 Triliun sepanjang tahun 2021 menurut data dari Sensor Tower.

5. Coin Master

8 Game Mobile Terlaris di Dunia Sepanjang Tahun 2021 13

Game mobile terlaris di dunia sepanjang tahun 2021 selanjutnya ada game yang bisa dimainkan secara santuy berjudul Coin Master. Game buatan developer Moon Active rilis pertama kali pada tahun 2015 untuk platform Android dan iOS.

Coin Master populer dikalangan pemain casual berkat fitur permainannya yang santai dan tidak memiliki banyak tantangan yang terlalu sulit. Berkat hal tersebut Coin Master berhasil raih total pendapatan sebesar $1,3 Miliar atau sekitar Rp 18,71 Triliun sepanjang tahun 2021.

4. Roblox

8 Game Mobile Terlaris di Dunia Sepanjang Tahun 2021 14

Kemudian ada game platform yang menghadirkan berbagai mode permainan berjudul Roblox. Game ini sangat populer dikalangan anak-anak dan remaja di berbagai negara berkat dihadirkannya fitur game creation dimana pemain bisa membuat berbagai macam mode gameplay mereka sendiri dan bisa dimainkan bersama dengan pemain lain.

Game buatan developer Roblox Corporation ini rilis pertama kali pada 1 September 2006 di platform PC. Berkat kepopulerannya, Roblox pun dirilis juga untuk platform iOS pada 11 Desember 2012 dan juga Android pada 16 Juli 2014. Kemudian disusul perilisannya di Xbox One pada 20 November 2015.

Dengan kepopulerannya yang masih tinggi diantara pemain anak-anak dan remaja di dunia, Roblox berhasil mendapatkan total pendapatan sebesar $1,3 Miliar atau sekitar Rp 18,7 Triliun sepanjang tahun 2021.

3. Genshin Impact

8 Game Mobile Terlaris di Dunia Sepanjang Tahun 2021 15

Selanjutnya ada game mobile yang sudah tidak asing lagi bagi kalian, yaitu Genshin Impact. Game buatan developer miHoYo ini rilis pertama kali pada 28 September 2020 untuk platform Android, iOS, PC, PS4 dan kemudian disusul perilisannya untuk PS5.

Tidak perlu ditanya lagi kenapa Genshin Impact masuk dalam daftar ini. Dengan menghadirkan game open world yang sangat luas dengan berbagai fitur gameplay dan karakter menarik, membuat game buatan miHoYo ini sukses besar. Tidak hanya dikalangan para penggemar anime saja, bahkan pemain umum dan streamer di Youtuber serta Twitch juga suka memainkan game ini.

Menurut data dari Sensor Tower, Genshin Impact berhasil raih total pendapatan sebesar $1,8 Miliar atau sekitar Rp 25,9 Triliun. Data tersebut sudah diakumulasi dari total pendapatan Genshin Impact pada platform Android dan juga iOS.

2. Honor of Kings

8 Game Mobile Terlaris di Dunia Sepanjang Tahun 2021 16

Daftar selanjutnya ada game Honor of Kings (dikenal sebagai Arena of Valor di Indonesia) buatan developer TiMi Studio Group. Game ber-genre multiplayer online battle arena atau biasa disingkat MOBA ini rilis pertama kali 26 November 2015 untuk platform Android dan iOS.

Tidak heran jika game MOBA seperti Honor of Kings menjadi salah satu game game mobile terlaris sepanjang tahun 2021. Diketahui bahwa Honor of Kings berhasil mendapatkan total pendapatan sebesar $2,8 Miliar atau sekitar Rp 40,27 Triliun.

1. PUBG Mobile

8 Game Mobile Terlaris di Dunia Sepanjang Tahun 2021 17

Game mobile terlaris di dunia sepanjang tahun 2021 di urutan pertama adalah PUBG Mobile. Game battle royale shooter buatan developer LightSpeed & Quantum Studio rilis pertama kali pada 19 Maret 2018 untuk platform Android dan iOS.

PUBG Mobile menghadirkan permainan yang sama dengan induk game-nya PUBG. Pemain akan bersaing satu sama lain dengan total pemain 100 dalam pulau yang luas untuk bertahan hidup. Berbagai senjata api dan perlengkapan survival bisa pemain temukan untuk menjadi yang terbaik dan ‘winner winner chicken dinner‘.

Menurut data dari Sensor Tower, PUBG Mobile berhasil meraih total pendapatan hingga mencapai $2,8 Miliar atau sekitar Rp 40,2 Triliun. Total pendapatan tersebut sudah diakumulasikan dengan pendapatan PUBG Mobile di platform Android dan juga iOS.

(Sumber: Sensor Tower)

Itulah informasi mengenai 8 game mobile terlaris di dunia sepanjang tahun 2021 berdasarkan data dari website Sensor Tower. Apakah game favorit kalian masuk dalam daftar ini?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game TerbaikGame Android, Game iOS, Game Mobile atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version