8 Game Multiplayer Ringan yang Bisa Dimainkan Tanpa Internet Melalui Koneksi Lokal (LAN)

in , , ,
Screenshotasdas 1

Begitulah kira-kira suasana saat LAN Party, hingga salah satunya ada yang rela menempel di atas langit-langit entah mungkin karena ruang yang sempit atau hanya iseng. Istilah LAN Party adalah dimana para gamer berkumpul dan membawa peralatan gaming-nya masing-masing untuk bermain game multiplayer melalui koneksi LAN. Sayangnya, tradisi tersebut sepertinya sudah mulai hilang semenjak kemajuan internet yang saat ini semakin mudah untuk diakses banyak orang.

Namun, tradisi LAN Party memiliki sensasi tersendiri yang tentunya tidak bisa dirasakan dengan bermain game online biasa. Bermain game bersamaan dalam satu ruangan bersama teman-teman tanpa khawatir kuota habis merupakan pengalaman yang pastinya tak akan tergantikan. Bahkan beberapa game pun langsung menyediakan fitur LAN agar bisa dimainkan bersama secara langsung. Contohnya seperti 8 game berikut yang bisa dimainkan secara offline melalui koneksi lokal yang tentunya juga lancar dijalankan pada PC low-spec.

8. Call of Duty: World at War

Maxresdefault

Selain mode singleplayernya yang berkesan, Call of Duty: World at War juga dikenal melalui mode multiplayernya yang terbilang underated. Disini, pemain akan dibawa ke dalam medan tempur dengan setting perang dunia II. Dengan berbagai pilihan senjata kuno tanpa adanya attachment canggih seperti red dot sight, ACOG scope, dan silencer membuat game World at War cukup ikonis dari seri Call of Duty lainnya.

Selain itu, pemain juga dapat mengendarai tank bersama teammates lainnya dan bisa saling bertempur dengan tank lawan. Pilihan senjatanya pun juga cukup beragam dengan tersedia berbagai class yang masing-masing memiliki playstyle tersendiri.

COD: World at War kini tersedia di PC melalui Steam. Meskipun fitur online sepertinya sudah sepi pemain, kalian masih bisa memainkannya melalui koneksi LAN. Selain itu, terdapat bonus mode Zombie yang bisa dimainkan secara co-op yang pastiya tidak boleh terlewatkan.

7. Star Wars: Battlefront II (2005)

Star Wars Battlefront Ii Original Games With Gold

Game yang satu ini memang memiliki fanbase yang cukup besar hingga EA pun mengangkatnya kembali melalui Star Wars: Battlefront (2015) yang merupakan versi remake dari seri Battlefront terdahulu. Namun, sepertinya fans tidak puas dengan versi remake tersebut karena EA membuatnya terlalu bersandar pada microtransaction dan lootbox. Kegagalan tersebut akhirnya membuat Battlefront versi lawas semakin diapresiasi oleh pemainnya.

Gameplay yang disajikan juga cukup menarik dimana pemain ditempatkan di berbagai lokasi ikonis dalam film Star Wars. Selain itu, terdapat berbagai kendaraan unik dan berbagai faction seperti tentara Rebels, Stormtrooper, bahkan Droid sekalipun yang masing-masing memiliki kelas dan senjata tersendiri. Pemain yang memiliki skor tertinggi juga dapat bermain sebagai Hero khusus berdasarkan karakter utama dari filmnya seperti Luke Skywalker, Darth Vader, Han Solo, Yoda dan masih banyak lagi.

Jadi, bagi kalian yang ingin bermain seri Battlefront terbaru namun terkendala PC lowspec, game ini merupakan alternatif terbaik. Terlebih terdapat banyaknya mod yang menyediakan sejumlah map dan skin karakter baru. Meskipun fitur online sudah dinonaktifkan, game masih lancar dimainkan secara LAN yang sudah menjadi fitur resmi didalamnya. Berikut tautan untuk halaman Steam-nya

6. Halo: Combat Evolved

Halo Combat Evolved Pc Flight Delay

Kepopuleran mode multiplayer dalam game Halo: Combat Evolved merupakan salah satu pilar penting dalam game multiplayer. Bahkan banyak game lainnya yang mencoba menandingi pencapaiannya. Namun sepertinya sampai saat ini belum ada yang bisa menyambangi kesuksesan Halo.

Hal tersebut karena Halo: CE menyajikan berbagai pilihan senjata unik serta berbagai pilihan kendaraan yang ikonis dalam seri Halo. Terlebih dengan komunitas fanbase yang cukup besar membuatnya menjadi salah satu game yang sering dimainkan saat LAN Party.

Halo kini juga tersedia di PC melalui Halo: The Master Chief Collection (tersedia di Steam) yang merupakan versi remaster dari enam game Halo, termasuk Halo: CE. Namun, bagi PC lowspec tak perlu khawatir karena dalam versi remaster, Halo: CE memilki fitur untuk mengubah grafis menjadi versi lawas hanya dengan menekan satu tombol saja (umumnya tombol TAB).

5. Team Fortress 2

Screenshot 1

Sepertinya setiap game buatan Valve memang memiliki keunikan tersendiri. Contohnya seperti Team Fortress 2 yang menginspirasi terciptanya game seperti Overwatch dan Paladins. Namun, kepopuleran Team Fortress 2 sepertinya masih belum bisa tertandingi bahkan hingga saat ini.

Team Fortress 2 memiliki banyak mode seperti Payload, Capture the Flag, Control Point, Arena, King of the Hill dan masih banyak lagi. TF2 juga menyediakan sejumlah karakter yang memiliki peran dan kemampuannya masing-masing. Sehingga, kerja sama dan koordinasi merupakan kunci utama demi mengalahkan tim lawan.

Team Fortress 2 juga sering dimainkan pada saat LAN Party. Karena dengan konteks gameplaynya yang unik membuatnya semakin seru apabila dimainkan bersamaan secara langsung. Team Fortress 2 teredia di Steam dan dapat dimainkan langsung secara gratis.

4. Half-Life 2: Deathmatch

Xerogs

Entah mengapa jarang sekali orang yang bermain game yang satu ini. Padahal, gameplay yang disajikan cukup menarik. Kehadiran Grafity Gun pun sudah cukup untuk menjadikan Half-Life 2: Deathmatch berbeda dari game multiplayer pada umumnya.

Memang mode yang disajikan hanya sebatas Deathmatch dan Team Deathmatch saja. Tapi, dalam game ini kalian bisa menggunakan semua properti sebagai senjata dengan bantuan Gravity Gun. Contohnya seperti meja, balok kayu, tong barel, bahkan toilet sekalipun.

Jadi, bagi kalian yang ingin mencari pengalaman unik bersama teman, Half-Life 2 Deathmatch merupakan game yang cocok terlebih apabila dimainkan langsung melalui LAN. Kini, game tersedia di PC melalui Steam. Game ini juga merupakan bonus apabila kalian membeli game Half-Life 2 di Steam.

3. Battlefield 2

Maxresdefault (1)

Battlefield 2 merupakan awal dari kepopuleran seri Battlefield. Hingga kini, masih banyak modder yang mencoba untuk mengembalikan kejayaan Battlefield 2 seperti Project Reality yang kesuksesannya membuahkan sekuel resmi yaitu Squad. Bahkan tak jarang para fans yang mencoba mengembalikan server Battlefield 2. Sayangnya, hal tersebut tidak disetujui oleh EA dan sejumlah server tersebut terpaksa harus ditutup.

Kesuksesan tersebut tentunya berkat gameplay yang benar-benar menggambarkan skenario perang modern yang realistis. Battlefield 2 menghadirkan berbagai class yang masing-masing memiliki senjata dan kemampuannya tersendiri seperti Assault, Medic, Anti-tank, Engineer, Support, Special Forces dan Sniper. Selain itu, battlefield 2 juga menyediakan beragam kendaraan seperti tank, mobil jeep, speedboat, bahkan pesawat tempur.

Sayangnya, Battlefield 2 kini sudah tidak tersedia lagi secara retail sehingga salah satu cara legal untuk kembali dimainkan adalah membeli bekas di toko game atau sejumlah marketplace online. Meskipun server resmi sudah tutup sejak lama, game tentunya masih bisa dimainkan melalui koneksi LAN.

2. Left 4 Dead 2

Left 4 Dead 2 Download Xgamex

Left 4 Dead 2 sering kali dinobatkan sebagai game co-op terbaik sepanjang masa. Gameplay yang unik dimana pemain diharuskan bekerja sama demi menghadapi segerombolan zombie membuat game buatan Valve satu ini masih populer hingga kini. Bahkan tak sedikit game lainnya yang mencoba meniru kesuksesan Left 4 Dead 2 yang sampai saat ini sepertinya masih belum bisa dikalahkan.

Dalam game, tersedia empat karakter yang masing-masing harus saling bekerja sama demi bertahan hidup dari serangan zombie. Jenis zombienya pun juga bermacam-macam yang masing-masing memiliki kemampuan khusus untuk memisahkan pemain. Sehingga koordinasi sangat penting agar dapat bertahan hingga mencapai safe house selanjutnya.

Left 4 Dead 2 cocok untuk dimainkan secara LAN untuk melatih kerja sama tim. Melalui console command, kalian juga dapat bermain lebih dari jumlah maksimal pemain (4 orang). Selain itu, terdapat juga bermacam-macam mod untuk menambah map baru, skin karakter, skin senjata dan sebagainya. Left 4 Dead 2 tersedia di PC melalui platform Steam.

1. Counter-Strike

Highxtar Counter Strike 1.6

Yang menarik dari seri Counter-Strike adalah game ini sebenarnya berawal dari mod Half-Life yang dibuat oleh dua orang. kepopuleran mod tersebut akhirnya membuat Valve meresmikannya menjadi game retail yang kini sudah dikenal banyak orang. Mulai dari Counter-Strike 1.6 hingga seri terbarunya yaitu Counter-Strike: Global Offensive (CSGO), masing-masing memiliki keistimewaannya tersendiri yang hingga kini masih ramai dimainkan oleh komunitasnya.

Gameplaynya pun juga cukup unik, terutama mode Bomb yang hingga kini sering ditiru oleh game lainnya seperti mode Search and Destroy dalam seri Call of Duty. Koordinasi dan strategi penyerangan merupakan hal penting demi memenangkan setiap ronde. Variasi senjatanya juga cukup beragam dan masing-masing senjata memerlukan keterampilan dari pemain untuk dapat digunakan sesuai kondisi tertentu.

Counter-Strike merupakan game yang sangat populer dimainkan saat LAN Party. Tak hanya seri terbarunya, Counter-Strike versi lama pun juga masih sering dimainkan dengan komunitas yang masih cukup aktif. Seluruh seri Counter-Strike dapat dibeli melalui Steam, kecuali CSGO yang bisa langsung diunduh secara gratis.


Selesai sudah daftar 8 game yang bisa dimainkan melalui koneksi LAN. Tradisi LAN Party memang sepatutnya untuk terus “dilestarikan” meskipun saat ini mungkin sejumlah game bisa dimainkan secara online. LAN Party juga bisa dijadikan alternatif bagi kalian yang bosan melakukan kegiatan yang itu-itu saja saat berkumpul dengan teman. Terlebih saat ini kalian tak perlu lagi membawa PC kemana-mana. Hanya cukup menggunakan laptop sudah dapat bermain sejumlah game yang tentunya cukup ringan untuk perangkat lowspec.


Baca juga kumpulan listicle-listicle lain serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.