8 Game One Piece Terbaik yang Mungkin Kamu Lewatkan


Follow Us

Siapa yang tak kenal One Piece? Ia merupakan sebuah manga atau komik Jepang karya Eiichiro Oda yang mendunia. Kepopulerannya membuat banyak perusahaan ingin mengadaptasinya menjadi sebuah produk lain yang diperuntukkan bagi para fans. Mulai dari studio animasi yang mengadaptasinya menjadi sebuah serial anime, hingga perusahaan besar sekelas Bandai Namco yang memegang lisensi resmi untuk membuat video game.

Nulis artikel dibayar

Video game karya mereka memang pantas diacungi jempol, namun semakin bertambahnya zaman, sepertinya Bandai Namco mulai main aman dengan memainkan formula yang kurang lebih sama. Buat beberapa game teranyarnya terkesan terlalu monoton tiap dirilis. Terlepas dari semua itu, kamu tahu ngga sih, dari sekian banyaknya game One Piece yang diadaptasi, beberapa di antaranya merupakan karya terbaik yang mungkin kamu lewatkan? Apa saja gamenya? Yuk, simak daftar kami di bawah!

8. One Piece: Set Sail Pirate Crew (Tobidase Kaizokudan) – PlayStation 1


Merupakan seri One Piece dengan sedikit elemen RPG di dalamnya. Kamu akan membuat tiga karakter orisinal yang akan berpetualang bersama anggota bajak laut topi jerami. Tujuanmu hanya satu: mencari harta karun. Di sepanjang perjalanan, kamu akan menemui berbagai rintangan dengan battle turn-based yang lumayan kompleks. Mengarungi lautan akan mengurangi ketahanan kapal dan makananmu. Jadi, pastikan bahwa semuanya telah terpenuhi dengan baik sebelum melanjutkan perjalanan.

7. One Piece: Treasure Cruise – Android dan iOS


Game free-to-play ini mungkinkanmu untuk membuat bajak lautmu sendiri dari card pack yang kamu dapatkan seiring berjalannya cerita. Dengan screen-tapping battle system layaknya game mobile pada umumnya, One Piece: Treasure Cruise miliki karakter dengan kemampuan unik yang dimilikinya masing-masing. Membuat battlenya tak sekedar mengetuk-ngetuk layar smartphonemu saja, namun juga membuatmu berpikir taktis untuk mengalahkan musuh-musuhmu. Perlu diingat, game ini merupakan game free-to-play, jadi kamu yang tak membayar konten di dalamnya akan merasakan betapa sulitnya progression system yang diimplementasikan.

BACA JUGA  Game Baru yang Ingin Dipamerkan Koei Tecmo Ternyata Adalah Game "Balap Kuda"

6. Fighting for One Piece – PlayStation 2


Seperti yang telah kita ketahui, seri One Piece memang paling sering dapatkan adaptasi game fighting, namun Fighting for One Piece merupakan game fighting yang berbeda dari kebanyakan genre sejenis. Ia lebih klasik dan lambat seperti game fighting lawas. Meski miliki banyak moveset yang unik, namun 13 karakter yang dihadirkan di game ini dengan minimnya detil akan gamenya membuatnya mudah dilupakan. Sayangnya lagi, game ini cuman dirilis di Jepang saja.

5. One Piece: Unlimited Cruise – Nintendo Wii, Nintendo 3DS


Satu lagi game adventure dengan segelintir elemen RPG di dalamnya. Merupakan game adaptasi dengan beberapa cerita dari manga-nya langsung. Ia hadirkan beberapa sistem combo yang baik di setiap karakternya. Semakin sering kamu memainkan seorang karakter, maka semakin banyak pula combo miliknya yang bisa kamu buka. Game ini juga sediakan VS mode bagi kamu yang malas memainkan ceritanya. Jika kamu lihat gameplay di atas, game ini sepertinya menjadi cikal bakal One Piece: Pirate Warriors yang kamu kenal sekarang.

4. One Piece: Super Grand Battle X – Nintendo 3DS


Dari sekian banyak game fighting, seri Grand Battle merupakan salah satu seri yang paling populer di antara beberapa judul lain, dan Super Grand Battle X menjadi seri terbaik yang pernah ada. Sama seperti iterasi sebelumnya, game ini miliki special move dan movelist super banyak dari beberapa karakternya. Ia juga adaptasi beberapa elemen dari Super Smash Bros, seperti arenanya yang panjang dengan beberapa random item drop dan platform yang bisa dipijak. Berbeda dari seri lawasnya dengan kontrol yang terasa kaku dan canggung, game ini dikerjakan dengan sangat baik dan responsif di berbagai elemen, termasuk arena dan movenya. Membuat battlenya terasa lebih seru dan menegangkan.

BACA JUGA  Armor King, Craig Marduk, dan Julia Segera Bergabung di Tekken 7

3. One Piece: Pirate Warriors – PlayStation 3


Dirilis empat tahun setelah Unlimited Cruise, game yang dikerjakan oleh developer Dynasty Warriors ini simplenya merupakan game One Piece rasa Dynasty Warriors dengan berbagai elemen yang sama persis dengannya. Berbeda dengan dua seri setelahnya dengan karakter yang lebih banyak, Pirate Warriors pertama merupakan seri terbaik yang pernah dibuat. Hal ini disebabkan karena ia miliki misi linear yang lebih banyak, quick-time event, dan CG scene yang menceritakan kisahnya lebih baik dari dua seri selanjutnya yang lebih fokus pada base capture.

2. One Piece: Burning Blood – PC, PlayStation 4, PlayStation Vita, Xbox One


Meski hadir dengan konsep yang itu-itu saja, nyatanya game yang dirilis tahun 2016 silam ini merupakan game fighting terbaik One Piece yang pernah ada di pasaran. Tampil dengan style layaknya game fighting ala Bandai Namco dengan mode 3 vs 3 dan 9 vs 9 bagi kamu yang cukup “gila”, Burning Blood tambahkan elemen Haki yang sama persis di anime maupun manga-nya. Adanya sistem Haki membuat pertempuran tiap karakter akan terasa berbeda. Misalnya saja pemilik kekuatan buah setan tipe Logia yang bisa menghindari kekuatan pemilik kekuatan buah setan lain, namun jika ia melawan pemilik kekuatan Haki, maka kekuatannya akan tak berguna sama sekali. Sistem seperti ini menjadikan karakter seperti Nami atau Usopp bersinar dengan berbagai keunikan yang dimilikinya dan bagaimana mereka bisa mengisi komposisi tim yang dibuat. Keren bukan?

BACA JUGA  2B Resmi Dapatkan Tanggal Rilisnya di SoulCalibur VI

1. One Piece: Unlimited World Red – PC, PSVita, PS3, PS4, Nintendo Wii U, Nintendo Switch


Sama seperti Treasure Cruise, game adventure brawler dengan fokusnya pada cerita ini mungkinkanmu untuk melawan boss, sekumpulan musuh layaknya Pirate Warriors, dan stage yang menarik. Meskipun terasa sangat linear, namun mereka mengubahnya dengan porsi yang cukup. Beberapa elemen RPG seperti membeli item sebelum menjalankan quest layaknya Monster Hunter juga turut meramaikannya. Menjadikannya game action adventure adaptasi One Piece yang diimpikan oleh para fans.

[BONUS] One Piece: World Seeker – PC, PlayStation 4, Xbox One


Meskipun belum dapatkan tanggal rilis pastinya, namun One Piece: World Seeker mungkin akan jadi pengubah haluan game adaptasi One Piece selanjutnya. Game adventure ini dikonfirmasikan akan miliki dunia open world yang luas, kota, combo, dan beberapa fitur unik termasuk misi stealth. Meski bakal melenceng dari kisah utamanya, namun konsep yang dipresentasikan oleh Bandai Namco terlihat menjanjikan.

Itulah delapan game adaptasi One Piece terbaik yang mungkin kamu lewatkan. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu pernah memainkannya? Atau mungkin kamu punya game lain yang tidak kami cantumkan di atas? Curahkan pendapatmu di kolom komentar di bawah.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+