8 Game PC Ringan Bergenre Kartu Terbaik yang Masih Ramai Dimainkan di 2021

Yugi

Masa pandemi yang sudah berlalu lebih dari satu tahun bukanlah masa yang indah bagi kaum gamer di Indonesia, meskipun kita tetap bisa main game selama di dalam rumah. Namun, hal ini menjadi masalah yang lebih besar bagi para gamer kaum TCG (trading card game), yang perlu keluar rumah untuk bertemu teman-teman di card shop lokal dan memainkan card game favorit mereka secara fisik, baik itu Magic, Yu-Gi-Oh!, atau Cardfight! Vanguard.

Untungnya, bagi para penggemar kartu berukuran 59 x 86 mm dengan gambar naga, gambar monster, atau gambar waifu, masih ada alternatif game online yang bisa dimainkan dari rumah, dengan gameplay yang tidak kalah seru! Apa saja game-game tersebut? Mari kita lihat di bawah ini.

#1: Legends of Runeterra

Legends of Runeterra adalah CCG (collectible card game) online buatan Riot Games, yang mengangkat dunia game MOBA legendaris, League of Legends. Sebagian besar dari gameplay LoR terinspirasi oleh Hearthstone: Heroes of Warcraft, yang merupakan simplifikasi dari gameplay Magic the Gathering.

Namun, LoR bukan sekedar game copy paste Hearthstone dengan karakter League of Legends. LoR juga memiliki banyak elemen gameplay unik, yang menurut saya menjadikan LoR sebagai salah satu CCG terbaik yang ada di pasaran. LoR menggunakan sistem “spell mana”: jika ada Mana yang belum kalian pakai di satu giliran, kalian bisa menyimpan maksimal 3 Mana untuk giliran-giliran selanjutnya, namun Mana tersebut hanya bisa digunakan untuk kartu spell. Selain itu, LoR juga menggunakan sistem dimana kedua pemain memainkan kartu bergantian dalam giliran yang sama, dan konsep “giliran” hanya mengacu pada “siapa yang bisa menyerang giliran ini”.

LoR juga merupakan CCG yang sangat ramah bagi pemain free to play. Game ini memberikan kartu-kartu baru dan wild card secara stabil, dan kalian bisa menggunakan wild card untuk crafting kartu apapun yang kalian butuh untuk deck kalian.

Legends of Runeterra bisa diunduh melalui situs Riot Games.

#2: Shadowverse

Bagi kalian yang merasa wibu (saya juga) dan mencari CCG dengan rasa Jejepangan, maka Shadowverse bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kalian. Game buatan Cygames ini mendatangkan desain karakter yang pasti akrab bagi para penggemar anime, manga, dan game-game Jepang lainnya, baik untuk leader (avatar player kalian) atau untuk masing-masing kartunya. Tidak hanya itu, Shadowverse juga memiliki collab dengan banyak franchise Jepang lainnya, seperti Fate, Love Live, dan Idolmaster!

Secara gameplay, Shadowverse lebih mirip dan mendekati Hearthstone. Perbedaan utamanya adalah mekanisme Evolve, dimana mulai dari turn 4/5, pemain dapat menggunakan Evolve untuk memperkuat follower mereka menjadi lebih kuat, yang bisa mengubah stat atau mendapatkan efek baru.

Shadowverse bisa diunduh melalui Steam.

#3: Gwent: The Witcher Card Game

Minigame kartu dari The Witcher 3 yang menyita waktu banyak pemain dari quest utama yang seharusnya menjadi prioritas kini sudah dikembangkan sebagai CCG tersendiri, yang bisa dimainkan secara online. Inti dari game ini sangat sederhana: kedua pemain bergantian menaruh kartu dari tangan, dan siapapun yang poinnya paling besar menang. Simpel sekali, ya?

Tentu saja, gameplay-nya tidak sesederhana itu. Efek-efek kartu, berbagai macam class, dan sistem ronde memberikan Gwent kompleksitas yang lebih dalam dan membuat game tersebut lebih menantang dan kompetitif. Namun, sistem dasar yang sangat sederhana menjadikan Gwent sebuah card game yang “easy to learn, hard to master”.

Gwent bisa diunduh melalui Steam, atau GOG.

#4: Eternal Card Game

Tidak bisa disangkal bahwa Hearthstone adalah pionir dari genre CCG online. Mulai dari sistem crafting sampai dengan gameplay yang berbasis Mana, banyak sekali elemen dari gameplay Hearthstone yang “dipinjam” untuk CCG lain. Hearthstone sendiri adalah simplifikasi dari Magic the Gathering (MtG), dan sistem Mana tersebut adalah simplifikasi dari sistem land MtG.

Banyak pemain TCG yang menghindari CCG online akibat simplifikasi ini. Untuk pemain-pemain seperti kalian, cobalah cek Eternal Card Game. Eternal menggunakan gameplay yang serupa dengan MtG: kartu Sigil memiliki fungsi yang sama dengan kartu land MtG, dan sistem attack/block yang digunakan juga serupa dengan MtG. Eternal juga menambahkan mekanisme yang memaksimalkan format digitalnya, seperti Warcry, yaitu buff yang bisa diberikan pada unit atau weapon paling atas deck. Eternal juga merupakan game yang sangat ramah free to play.

Namun, jika kalian benar-benar tidak mau lepas dari MtG, jangan khawatir. Kalian masih punya pilihan.

Eternal Card Game bisa diunduh melalui Steam.

#5: Magic the Gathering: Arena

Bagi pemain Magic the Gathering yang ingin memainkan kartu fisiknya, namun tidak bisa karena adanya protokol kesehatan, solusi termudah tentu saja adalah Magic the Gathering: Arena, yang merupakan versi digital MtG yang gameplay-nya dan segala seluk-beluknya benar-benar sama dengan versi fisik MtG. Selain adanya sedikit modifikasi RNG agar kalian lebih jarang dapatkan bad hand dibanding MtG fisik, semuanya sama seperti biasa.

MtG: Arena direkomendasikan untuk pemain yang benar-benar nempel dengan Magic dan tidak mau main card game lain, atau pemain yang ingin mencoba MtG, tapi kartu aslinya terlalu mahal.

MtG: Arena bisa diunduh melalui situs resminya.

#6: Faeria

Berbeda dengan pilihan-pilihan di atas, Faeria bukanlah game free to play, dan untuk mulai main, kalian harus bayar dulu layaknya game premium di Steam, lebih tepatnya seharga Rp.155.000.

Lalu, apa untungnya main game ini?

Tentu saja, dengan format berbayar tersebut, Faeria adalah game dengan sistem koleksi termudah dalam daftar ini. Setiap 12 jam, kalian akan dapatkan 1 “wild card” yang dapat dikonversi menjadi kartu dengan rarity apapun, kecuali Legendary. Lalu, bagaimana caranya dapat kartu Legendary? Dalam game ini, card pack tidak bisa memberikan kartu yang kalian sudah punya dalam jumlah maksimal. Jadi, kalau kalian terus crafting kartu-kartu tier bawah, lama-lama card pack kalian akan penuh dengan Legendary.

Gameplay Faeria adalah gabungan antara card game sejenis Hearthstone dengan board game. Tiap kartu tidak hanya bisa dipanggil atau menyerang, tapi juga bisa bergerak di medan perang, layaknya pion catur. Arena pertarungan kosong saat permainan dimulai, dan pemainlah yang memasang tiap keping arena tersebut, sehingga tiap permainan bisa memiliki bentuk arena yang berbeda-beda.

Faeria bisa diunduh melalui Steam.

#7: Yu-Gi-Oh! Duel Links

Duel Links adalah game PC/mobile yang merupakan adaptasi dari TCG Yu-Gi-Oh!. Namun, Duel Links berbeda dari MtG Arena. Peraturan yang digunakan oleh Duel Links berbeda dari Yu-Gi-Oh! biasa — Duel Links menggunakan aturan Speed Duel. Dalam aturan tersebut, tiap deck berisi 20 kartu, tiap pemain mulai dengan 4 kartu tangan, tidak ada Main Phase 2, dan masing-masing pemain memulai dengan 4000 LP. Selain itu, tiap pemain memiliki satu Skill pilihan mereka, yang berbeda-beda tergantung dari karakter yang dipakai.

Duel Links sangat berbeda dari TCG, namun ada juga hal-hal yang bisa dinikmati dalam Duel Links yang tidak ada dalam TCG. 4000 LP dan sistem Skill dapat memberikan pemain sebuah pengalaman yang lebih serupa dengan duel-duel di kartun Yu-Gi-Oh!. Duel Links juga seringkali menjadi ajang deck-deck yang tidak terlalu kuat di TCG, akibat card pool-nya yang lebih terbatas.

Yu-Gi-Oh! Duel Links bisa diunduh melalui Steam.

#8: Hearthstone

Tentu saja, daftar game CCG yang masih ramai di tahun 2021 tidak akan komplit tanpa Hearthstone. Game satu ini sudah disebut-sebut dalam deskripsi 7 game sebelumnya, dan dengan alasan yang baik. Hearthstone bisa dibilang game yang memulai tren CCG, dengan franchise-franchise lain seperti League of Legends, The Witcher, dan DOTA yang memulai spinoff card game mereka sendiri setelah kesuksesan Hearthstone.

Gameplay Hearthstone menggunakan simplifikasi dari gameplay Magic the Gathering. Dibandingkan game-game di atas, Hearthstone menggunakan lebih banyak faktor RNG, seperti jumlah damage efek yang random, target efek yang random, dan lain-lain. Selain itu, Hearthstone juga memiliki banyak game mode yang berubah-ubah. Kedua hal ini menjadikan Hearthstone card game yang lebih cocok untuk pemain kasual.

Hearthstone bisa diunduh melalui situs resminya.

Itulah 7 game CCG online di PC yang menurut saya patut kalian mainkan di tahun 2021 ini. Bagaimana dengan kalian? Di luar 7 game di atas, adakah game kartu di PC yang sering kalian mainkan? Silakan komentar di bawah!


Untuk membaca artikel tentang game PC online dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version