8 Game PS1 yang Sampai Saat ini Tetap Terasa Unik Dari yang Lain

in ,
Ps7

PlayStation 1 adalah konsol gaming yang pertama kali diluncurkan pada tanggal 3 Desember, 1994. Sejak saat itu, PS1 mulai mendapatkan rilisan game yang masih tergolong legendaris sampai sekarang. Game seperti Final Fantasy VII, Tekken 3, dan Metal Gear Solid adalah sebagian kecil dari legenda dalam sejarah gaming yang berhasil menjadi kenyataan berkat PS1. Dan, bagi anak yang lahir di tahun 90-an, mereka terlahir di waktu yang tepat untuk menikmati masa keemasan gaming.

PS1 membawakan game-game legendaris yang mendefinisikan genre mereka. Setelah game tersebut rilis, banyak game lain yang datang dengan konsep serupa, mencoba untuk berkompetisi di pasar yang sama. Namun, era PS1 juga membawakan game-game dengan konsep dan eksekusi yang unik. Game yang menjadi revolusioner pada jamannya, dan nyaris tidak ada game lain yang menduakan game ini, sampai sekarang.

Apa saja game-game unik ini? Yuk, kita lihat!

Super Shot Soccer

Ps2

Dengan seri game seperti FIFA yang mendapatkan rilisan baru tiap tahun, game sepakbola adalah salah satu genre yang paling pasaran dalam gaming. Game sepakbola juga menjadi langganan rental PS1 dan PS2 pada zamannya. Game seperti FIFA dan Pro Evolution Soccer/Winning Eleven seringkali memenuhi layar TV di dalam toko rental.

Tapi, di antara banyaknya game sepakbola di era tersebut, ada satu game yang memiliki unsur khasnya sendiri.

Super Shot Soccer adalah game sepakbola dengan gameplay dan kontrol yang familiar. Gameplay dasar game ini serupa dengan game sepakbola yang sudah pasaran, seperti FIFA dan Pro Evolution Soccer/Winning Eleven. Pemain bisa bermain sebagai salah satu dari 32 tim nasional yang mengikuti Piala Dunia 2002, dan 3 lagi tim unlockable.

Sesuai dengan judulnya, keunikan dari Super Shot Soccer adalah mekanisme super shot. Setiap tim memiliki jurus khasnya masing-masing, yang terinspirasi oleh fenomena budaya dari negara asal tim. Misalnya, tim Perancis bisa menggunakan Eiffel Tower, dan tim Inggris memiliki Big Ben.

Monster Rancher

Ps4

Monster Rancher adalah game yang menggabungkan genre koleksi monster, RPG, dan simulasi. Dalam Monster Rancher, pemain ditugaskan untuk mengumpulkan, memelihara, dan mengadu monster. Pemain wajib memberi makan monster secara rutin, dan melatih monster, sehingga monster mendapatkan stat tambahan dan skill baru, yang bisa digunakan untuk memenangkan pertarungan.

Bagian paling unik dari Monster Rancher adalah cara pemain mendapatkan monster baru. Pemain bisa menciptakan monster baru secara random di dalam game. Tapi, pemain juga bisa mendapatkan monster baru dengan memasukkan CD apapun yang bisa dibaca. Game kemudian akan menciptakan monster berdasarkan metadata CD yang dimasukkan.

Team Buddies

Ps5

Siapa yang tidak ingat dengan game klasik ini? Team Buddies adalah game yang menggabungkan gameplay aksi dari team deathmatch dengan game real time strategy (RTS). Untuk standar era game PS1, gameplay dari Team Buddies adalah sesuatu yang revolusioner. Bahkan sampai sekarang, tidak ada game lain yang memiliki gameplay serupa.

Team Buddies adalah game action strategy dimana pemain ditugaskan untuk mengalahkan semua musuh dengan pasukan dan senjata yang dibuat sendiri. Pemain memulai dengan satu tentara, tanpa senjata satupun. Pemain bisa mengumpulkan kubus, yang kemudian bisa diubah menjadi senjata, kendaraan, atau bahkan tentara lain yang dikontrol oleh AI.

Bloody Roar

Ps6

Kesuksesan Virtua Fighter di era PS1 mendatangkan tren game fighting 3D. Franchise baru seperti Tekken membawakan gameplay 3D yang masih awet sampai sekarang, dan franchise yang sebelumnya menggunakan 2D mulai mencoba memasuki ranah 3D, seperti Mortal Kombat 4. Salah satu dari kompetitor dalam ranah game fighting 3D ini adalah Bloody Roar, dan Bloody Roar membawakan satu nilai jual yang unik: kemampuan untuk berubah menjadi hewan.

Bloody Roar adalah game fighting 3D dengan empat tombol dasar: punch, kick, grab, dan beast. Menekan tombol punch dan kick mengeluarkan auto combo berdasarkan arah yang ditekan, dan beast mengubah karakter yang kita mainkan menjadi wujud hewannya. Setelah itu, tombol beast mengeluarkan auto combo baru yang hanya bisa digunakan dalam wujud hewan. Setiap karakter juga memiliki special move, dengan input yang mirip-mirip dengan game seperti Street Fighter.

NASCAR Rumble

Ps3

Di masa kejayaan PS1, game racing biasanya mengikuti satu dari dua model. Game racing realistis seperti Gran Turismo umumnya menggunakan model kendaraan yang sesuai dengan dunia nyata, sedangkan game kart racing seperti Mario Kart dan Crash Team Racing condong menggunakan desain karakter dan kendaraan yang kartunis, dan menggunakan item acak seperti misil atau kulit pisang.

Tapi, bagaimana jika kedua model digabungkan dalam satu game?

NASCAR Rumble adalah game racing yang menggabungkan mobil dan gaya visual dari game racing realistis dengan item power-up dan gameplay keseluruhan dari kart racing. Tiap track menggunakan objek dan visual yang realistis, tapi disusun dengan imajinatif, sehingga hal-hal seperti memasuki kandang ayam atau melompati tebing adalah hal yang wajar dalam game ini. Track-track di game ini juga banyak menggunakan jalan pintas yang tersembunyi, sehingga pemain bisa banyak bereksperimen.

Bishi-Bashi Special

Ps

Kita tidak bisa mendiskusikan game unik tanpa game ini. Seringkali disebut sebagai game perusak gamepad PS1, Bishi-Bashi Special menawarkan pengalaman yang benar-benar tidak bisa kita dapatkan di dalam game lain, bahkan sampai tahun 2021 ini.

Bishi-Bashi Special adalah game kasual rilisan Konami yang mengumpulkan banyak minigame arcade di dalam satu paket game PS1. Game ini menggunakan gaya visual yang beragam, namun cenderung bersifat parodi dan karikatur. Kebanyakan minigame dalam Bishi-Bashi Special meminta pemain untuk melakukan button mash, sehingga game ini mendapatkan reputasi game perusak gamepad.

In the Hunt

Hunt

Kawan-kawan game PS1 KW mungkin lebih ingat game ini sebagai “Metal Slug Submarine”. Salah satu genre game yang marak di tahun 90-an adalah game shoot ’em up, atau disingkat sebagai shmup. Game shmup biasanya dimainkan dalam mesin arcade, namun dengan datangnya konsol rumah seperti PS1, banyak game shmup yang mendapatkan port untuk konsol, dan salah satunya adalah In the Hunt.

Rata-rata game shmup menggunakan pesawat terbang sebagai player character. Tapi, In the Hunt berani beda, dengan menggunakan kapal selam sebagai player character! Tentu saja, gameplay In the Hunt dirancang supaya sesuai dengan tema kapal selam yang diangkat. Game ini membuang level auto scrolling yang biasanya ada di game shmup, dan pemain memiliki kontrol penuh atas kapal selam masing-masing, dengan pergerakan yang lebih lambat daripada pesawat di game shmup umumnya.

LSD (Lovely Sweet Dream): Dream Emulator

Lsd

Tentu saja, game PS1 yang paling unik saya simpan untuk bagian akhir.

Darimana bisa kita mulai? Sesuai judulnya, LSD: Dream Emulator adalah game emulasi mimpi. Lebih tepatnya, game ini menunjukkan isi dari mimpi-mimpi yang dialami oleh developer game ini, Osamu Sato.

Pada dasarnya, game ini adalah game first-person adventure, dan pemain hanya bisa (dan hanya perlu) bergerak untuk mengeksplorasi dunia mimpi di dalam game ini. Dan seperti apakah dunia mimpi itu? Kalau kalian pernah mimpi pada saat sakit panas atau demam, mungkin kira-kira terbayang. Ada alasan mengapa saya tidak memasang screenshot gameplay untuk game ini.

LSD: Dream Emulator bisa dibilang game paling unik yang pernah ada, karena mungkin akan lebih baik jika tidak ada yang membuat game seperti ini lagi.

Penutup

Game PS1 yang kita mainkan di masanya akan selalu menjadi kenangan masa kecil yang tidak bisa dilupakan dan digantikan. Terlebih lagi untuk keenam game ini, dengan gameplay yang unik dan tidak terduakan sampai detik ini.

Game PS1 masih bisa dimainkan melalui emulator ePSXe, yang bisa dimainkan melalui PC atau Android.


Untuk membaca panduan, ulasan, dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Jothias Edbert

Written by Jothias Edbert

Content Writer @ Gamebrott.com. Sangat hobi bermain game TCG, game gacha, atau game-game klasik era PS1 dan PS2.