8 Game Stealth 2D Terbaik

Genre stealth sudah ada dalam dunia video game sejak lama, melalui seri Thief, Deus Ex, dan Metal Gear Solid kita bisa merasakan tegangnya mengendap-ngendap di belakang garis musuh menghindari penjaga dan sistem keamanan lainnya. Memainkan game stealth memang lebih nyaman jika anda bisa bergerak ke 4 arah melalui format 3D, namun bukan berarti anda tidak bisa mengendap-endap dalam format 2D, terbatasnya ruang gerak justru memberi tantangan esktra untuk menghadapi berbagai macam sistem keamanan. Berikut adalah game stealth dengan format 2D terbaik.


1. Counter Spy

Counter Spy adalah game side-scrolling 2D dengan elemen stealth yang kuat, game ini dirilis untuk keluarga PlayStation dan mobile (namun untuk versi mobile sepertinya sudah ditarik peredarannya). Game ini mengambil tema konflik perang dingin tahun ’60 an dimana anda berperan sebagai mata-mata untuk menghentikan penggunaan senjata nuklir. Sebagai mata-mata anda memiliki kemampuan akrobatik dan juga variasi senjata yang luas untuk menetralisir berbagai macam ancaman.


2. Deadbolt

Deadbolt adalah game faced-paced 2D dengan tambahan elemen stealth dan juga supranatural. Anda berperan sebagai Reaper, seorang pembunuh dengan kemampuan supranatural untuk menghabisi para undead yang menginfestasi berbagai macam tempat. Meskipun punya senjata keren dan kemampuan supranatural, anda harus berhati-hati karena Reaper bisa mati jika terkena serangan sekali, oleh karena itu going stealth is necessary.


3. Deadlight

Jika anda bosan dengan game zombie shooting gallery, anda bisa mencoba Deadlight, game side-scroller dengan estetik siluet yang keren. Anda berperan sebagai Randal Wayne, seorang survivor yang tengah mencari keluarganya yang hilang selama zombie outbreak di Seattle. Untuk gameplay-nya, anda harus benar-benar memanage sumber daya dan rute yang anda lalui karena anda tidak bisa menghajar setiap zombie yang anda temui, setiap serangan dari zombie sangat fatal dan junmlah mereka lebih banyak dari peluru yang anda punya.


4. INSIDE

Inside adalah game kedua dari Playdead yang sebelumnya menciptakan Limbo, keduanya sama-sama ‘dark’, sureal, dan tetap pada 2D side-scroller. Selain fokus pada puzzle solving seperti pendahulunya, Inside juga menambahkan unsur stealth dimana anda harus menunggu dan menggunakan timing yang tepat untuk menghindari berbagai macam bentuk keamanan. Meskipun singkat, Inside tidak akan membuat anda kecewa dengan beragam kejutan yang akan menemani anda selama 3 jam permainan.


5. Haunt the House: Terrortown

Penasaran bagaimana rasanya menjadi hantu dan menakuti orang? Haunt the House: Terrortown adalah game yang sangat direkomendasikan. Game ini bergenre side-scroller dengan elemen puzzle dan stealth, anda berperan sebagai hantu yang bisa merasuki berbagai macam objek dan menakuti manusia dengannya. Game ini tersedia di multiplatform dengan port yang baik sehingga dimanapun anda bermain, pengalaman anda tidak akan tercederai karena buruknya port.


6. Mark of the Ninja

Menjadi ninja di era modern memang susah-susah gampang, pengalaman inilah yang akan anda rasakan saat bermain Mark of Ninja. Game ini memfasilitasi anda dengan berbagai atribut ninja seperti kunai, pedang, smoke bomb dll., anda juga bisa memanjat, bergelantung, dan menyatu dengan bayangan. Di sisi lain musuh anda memiliki teknologi dan persenjataan yang jauh lebih baik dari anda sehingga anda harus ekstra hati-hati dalam menyelesaikan berbagai level.


7. Wildfire

Wildfire menceritakan kisah seorang pengguna elemen yang tentu saja dianggap sebagai hal yang tabu pada abad pertengahan sehingga anda harus melarikan diri dari mereka yang ingin membakar anda. Dengan kekuatan elemental anda bisa menggunakan kekuatan alam mulai dari api sampai tanah untuk menyerang dan menyembunyikan diri anda. Anda juga bisa memanfaatkan platform tinggi, dedaunan, hingga bawah tanah untuk lolos dari kejaran musuh.


8. This War of Mine

Berdasar kisah nyata dari perang sipil di Sarajevo pada tahun ’92, anda akan merasakan perang dari perspektif warga sipil yang putus asa. Sebagai warga sipil yang pada umumnya tidak dibekali kemampuan bertarung yang memadai, mengendap-endap adalah cara terbaik untuk selamat, baik saat mencari makanan, bahan bangunan, atau sekedar melewati daerah rawan konflik. Anda juga tidak bisa seenaknya membunuh orang yang anda temui karena anda bisa saja menyesali hal tersebut dan berujung rasa bersalah mendalam.

Exit mobile version