8 Game yang Kamu Bisa Mod Sampai Gamenya Crash

cover 19 2

Keberadaan modding community adalah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh PC. Dengan Mod, game tak hanya sekedar diberi tweak atau fix selagi menunggu patch official dari developer, namun juga memberikan konten baru secara gratis untuk game tersebut. Konten baru ini terkadang bersifat hanya untuk lucu-lucuan semata atau juga bisa memberikan game yang baru yang nantinya dijadikan standalone game dari developer mod tersebut.

Beberapa game memiliki mod community yang besar,  yang membuat gamer bisa dengan puas mengotak-atik game mereka dengank kumpulan mod yang ada hingga mencapai titik dimana gamenya tidak mau lagi launch atau crash. Membuat pemain tersebut harus pusing sendiri mencari tahu mod apa yang membuat game mereka bermasalah tersebut. Inilah yang akan dibahas di list satu ini, game-game dengan komunitas modder yang besar yang membuatmu terus-terus menge-mod game tersebut sampai crash.

Penasaran game apa saja? Berikut adalah 8 game yang bisa kamu mod sampai crash.


1. The Elder Scrolls series

Bethesda dan modding community sudah bagaikan Yin dan Yang di PC gaming, dan semuanya bermulai dari seri ketiga dari game RPG ini berjudul Morrowind. Setelah keberadaan game tersebut, komunitas modding seri RPG ini terus tumbuh karena mereka bebas untuk membuat konten mereka sendiri ditambah dengan Bethesda terus memperbarui mod tools mereka. Di seri kelima game ini sendiri yaitu Skyrim mencapai hampir 50 ribu mod di Nexusmod dan lebih dari 1 milyar download.

Tak hanya keberadaan mod ini membuat vanilla game terasa hampa jika tidak dikasih satu mod saja, keberadaan komunitas modding yang luas ini juga membuat seri RPG ini menjadi game paling konyol di dunia karena belasan ribu mod yang tujuannya hanya untuk lelucon semata.

Kepopuleran mod di The Elder Scrolls ini bahkan pernah membuat Valve ingin membuat kebijakan “mod berbayar” di Steam yang tentunya mengundang kontroversi. Tak hanya hal tersebut membuat mod menjadi “DLC dari komunitas gamer” dan menjadi cara mudah para developer serta Valve untuk mengisi dompet mereka tanpa usaha banyak, keberadaan mod berbayar ini juga merusak citra komunitas modding yang hanya membuat mod untuk bersenang-senang atau melatih skill programming mereka. Untungnya Valve masih mau mendengar konsumennya dan membatalkan kebijakan tersebut, rip 2015-2015 paid mods.


2. Fallout series

Yup, lagi-lagi game dari publisher Bethesda, mungkin ini alasan orang memanggil Fallout sebagai “Skyrim with guns”. Bicara soal mod-nya sendiri, tak banyak yang perlu dijelaskan melihat mod yang ada Fallout 3Fallout: New Vegas dan Fallout 4 tak jauh beda dengan The Elder Scrolls. Kamu dapatkan mod yang memberikan quest baru atau bahkan satu campaign baru, beberapa reskin senjata dan tentu saja… kumpulan mod konyol yang tak ada tujuan lain selain membuat gamemu terlihat aneh.

Black Batman with Lightsaber in Silent Hill? What could possibly go wrong?

3. Minecraft

Like Minecraft with guns.

Siapa yang tak kenal game sandbox dari Mojang ini? Bahkan setelah 5 tahun game ini diperkenalkan oleh Notch, game ini masih populer di kalangan gamer dan bahkan masih tampil di acara tahunan E3 di tiap tahunnya. Yang membuat Minecraft sangat populer hingga saat ini adalah kebebasan pemain untuk membangun apapun yang mereka mau dengan kumpulan blok-blok tertentu, basically lego in 16-bit.

Tampaknya kebebasan untuk membangung apapun ini tidak cukup untuk penggemar game ini, mereka perlu lebih banyak hal yang bisa dilakukan di game ini dan satu-satunya cara untuk membuat keinginan tersebut terwujud adalah dengan mod. Melihat game satu ini hanya sekedar berbasis Java semata, modder dengan mudah membuat mod yang mereka mau mulai dari mod yang membuat Minecraft menjadi seperti game RPG, atau bahkan membuatmu menjadi Pokemon Trainer bagi kalian yang terlalu malas keluar rumah untuk main Pokemon GO.

Gotta catch’em all

4. DOOM

THIS IS MY SWAMP!!!

Walau sudah berumur 23 tahun, game yang mempopulerkan genre FPS ke para gamer ini ternyata masih memiliki komunitas modding yang masih aktif sampai sekarang. Mod yang  ada di game dari ID Software ini kebanyakan memberikan custom level bikin kamu selalu punya alasan untuk bermain game ini.

Namun tak hanya itu saja yang dilakukan modder kepada game ini, beberapa modder membuat game jadul ini menjadi terasa modern kembali dengan memberikan tweak sana sini. Contoh terbaik dari apa yang saya maksud adalah Brutal Doom yang dibuat oleh Sergeant_Mark_IV, mod satu ini membuat Doom jauh lebih brutal, fast-paced dan tentu saja metal. Jika kalian adalah penggemar Doom seperti saya, mod satu ini harus kalian coba secepat juga.


5. Grand Theft Auto Series

Kamu tahu alasan kenapa PC gamer ingin game Rockstar hadir di PC selain dari 60 FPS + ultra graphic? Mod tentu saja. Bayangkan kekacauan seperti apa yang dapat kamu lakukan dengan bermain sebagai monyet yang bisa terbang dan menembak RPG. Atau mungkin kamu ingin buat Marvel dan DC saling tonjok di bandara ala film Civil War? Semuanya bisa saja terjadi asal kamu tahu cara menginstall mod di game ini serta tidak ditangkap oleh polisi.

Dan tentunya jika kita bicara soal GTA di PC, kita takkan terlepas dengan mod grafis yang selain bisa membuat visual di GTA kalian terlihat secantik mungkin, juga bisa membuat PC-mu ngos-ngosan atau bahkan meleleh.

Atau mungkin PC-mu tak sanggup mainkan Grand Theft Auto yang baru? Kenapa tidak main yang lama dan pasang mod saja biar terlihat seperti GTA baru. Mungkin saja sakit hatimu tak bisa memainkannya yang baru akan hilang dengan keberadaan mod ini.


6. ARMA series

Game military-simulator yang realistik satu ini memang mengandalkan fitur community content-nya untuk membuat pemain terus tertarik untuk bermain. Bahkan game survival zombie populer DayZ berawal sebagai mod dari game satu ini, dan mod tersebut juga membuat genre Survivor jadi trend hingga sekarang.

Dan apabila kalian sudah bosan perang dengan pakain militer yang selalu monoton, kenapa tidak pake baju dengan gambar Hello Kitty dan mengendarai pesawat dengan gambar My Little Pony saja? Mungkin saja musuh akan menjadi kasihan menembaki prajurit aneh seperti kalian.

 


7. Left 4 Dead series

C9d60833e697d37a77348623bfc4d967

Di Left 4 Dead, kamu dan temanmu harus berjuang bertahan hidup dari ratusan zombie yang akan terus mendatangimu. Apabila zombie terlalu menakutkan bagi kalian atau mungkin sudah terlalu membosankan, kenapa tidak di-mod saja menjadi sesuatu yang baru? Salah satunya adalah Teletubbies, yup … f*ck childhood.

Selain bisa mengganti penampilan musuhmu, kamu juga bisa menambah map baru serta mengubah penampilan tokoh utama di game ini yang tentu tak jauh beda konyolnya. Maksudku, siapa sangka Lara Croft, Ezio dan juga Wrex akan satu tim denganmu dalam mencari tempat berlindung?


8. Half Life series

Game yang seri ketiganya masih menjadi tanda tanya ini bisa saya sebut sebagai “Godfather”-nya modding. Kenapa saya berpikir demikian? Sudah banyak mod dari Half Life ataupun Half Life 2 menjadi game standalone yang kini kita kenal seperti Counter Strike, The Stanley Parable, G-Mod, Black Mesa, Dear Esther, Cry of Fear dan lainnya.

Walau sudah berumur belasan tahun, franchise dari Valve ini khususnya Half Life 2 masih dipenuhi oleh banyak mod single player baru karena kebebasan para modder untuk mengotak-ngatik Source Engine milik Valve ini. Bagi kalian yang masih mau iseng-iseng mencoba mod single player ini atau mungkin penasaran seperti apa versi mod dari G-Mod atau The Stanley Parable bisa cek di Moddb.


Apakah ada game lain yang menurut brott harus masuk di list ini? Sebutkan di komen!

Exit mobile version