8 Game yang Menghadiahi Pemain untuk Tidak Melakukan Apa-apa Sama Sekali

COVER 14

Video game bisa jadi sesuatu yang lama diselesaikan. Kita sebagai gamer tak jarang merelakan waktu kita hanya untuk memastikan kita dapatkan seluruh achievement, kalahkan seluruh boss atau dapatkan sejumlah xp dan gold yang banyak. Namun beberapa game mau berikanmu sedikit hadiah untuk tidak melakukan apapun. Mungkin developer tahu jika game mereka bisa jadi terlalu membuat kecanduan, atau hanya iseng, atau mereka tahu jika kamu terlalu pemalas bahkan untuk bermain video game.

Berikut ini adalah 8 game yang akan menghadiahimu untuk tidak melakukan apa-apa.


1. Far Cry 4 – “Should i stay or should i go?”

Kami sebelumnya pernah menaruh game ini dalam 8 game yang bisa kalian selesaikan tanpa membunuh satu orangpun. Kini game ini hadir kembali karena 1 momen yang sama tapi pada list yang berbeda.

Pada game ini kamu bermain sebagai Ajay yang hadir ke kyrat untuk membawa abu ibunya ke tempat penguburan disana. Ajay berserta mobil yang mengantarnya diserang oleh Pagan Min dan anak buahnya lalu mengundangmu makan di markasnya. Nantinya dia harus mengurus serangan grup resistance yang menyerang markasnya, dan menyuruhmu untuk tetap diam disana hingga dia kembali. Ini adalah kesempatan bagi Ajay untuk pergi, namun jika pemain benar-benar menuruti permintaan Pagan Min yang berarti tidak melakukan apa-apa selama 15-30 menit, Pagan Min akan kembali dan mengantarmu ke tempat penguburan abu ibunya.


2. The Stanley Parable – Achievement untuk tidak bermain selama 5 tahun

Beberapa gamer terlalu serius dengan yang namanya achievement, mereka rela habiskan waktu puluhan jam hanya untuk dapatkan notifikasi “achievement unlocked“. Inilah mungkin yang membuat developer The Stanley Parable – Davey Wreden membuat beberapa achievement konyol tapi di waktu yang sama juga membuat narrator di game bertanya kepada pemain, “Kamu melakukan hal bodoh ini hanya untuk achievement?”.

Achievement konyol ini dimulai dari mencoba melompat (yang dimana tak bisa kamu lakukan di game ini), membuka pintu no. 430 sebanyak 5 kali, dan tentu saja yang menjadi pusat pertama untuk list ini – tidak bermain selama 5 tahun. Untuk dapatkan achievement satu ini, kamu hanya perlu… tidak bermain selama 5 tahun (duh). Atau kamu tinggal ganti tanggal di komputermu dan buka kembali gamenya (Tapi itu namanya nge-cheat, bukan?).


3. World of Warcraft – Rested XP

World of Warcraft sudah dikenal sebagai salah satu game yang membuat ketagihan banyak gamer. Sangking bikin ketagihannya, ada beberapa pemain yang meninggal dunia tepat dimana mereka sedang bermain karena kelelahan. Melihat tragedi-tragedi ini terus terjadi, Blizzard memutuskan untuk membuat Rested XP. Apabila bermain log-off di tempat-tempat tertentu seperti tempat penginapan, tiap 8 jamnya game akan memberikan Rest bubble xp yang akan memberikanmu double XP tiap kali membunuh sesuatu.

Hal ini membuat pemain bisa membuat level karakter orang yang mungkin banyak kesibukan di dunia nyata tak begitu tertinggal dengan mereka yang terlalu hardcore dalam bermain game ini. Apabila mereka yang bermain secara nonstop harus membunuh 10 raid boss untuk naik level, mereka yang punya rested bubble XP hanya perlu membunuh 5. Tapi ya… jika pemain hardcore disini benar-benar “no life”, kurasa kalian masih ketinggalan juga.


4.  Fable 2 – Menjadi billionaire tanpa bermain

Grinding di game RPG memang melelahkan dan bahkan bisa bikin bosan, dan tampaknya creator dari Fable 2 – Peter Molyneux mengerti hal tersebut. Di game ini, Sparrow bisa membeli beberapa perumahan dan sewakan ke orang lain. Dalam beberapa jam, kamu akan dapatkan uang sewa bahkan disaat kamu tidak bermain sama sekali. Apa jadinya jika kamu tak bermain selama 1 bulan? Yup… kamu jadi orang terkaya disana tersebut tanpa harus keluar keringat sedikitpun.

Beberapa orang bahkan mengeksploitasi fitur ini dengan memajukan 2 bulan tanggal di Xbox360 mereka karena mereka terlalu malas menunggu. Sayangnya fitur ini tidak dibawa kembali di Fable 3, tapi siapa juga yang peduli karena Fable 3 juga game yang buruk.


5. Metal Gear Solid 3 – Boss yang mati karena sudah tua

Kojima adalah rajanya soal membuat hal-hal yang aneh, dan boss The End di Metal Gear Solid 3 adalah salah satunya. The End merupakan sniper veteran yang bisa saja bikin repot untuk dilawan karena kalian tahu seberapa menjengkelkannya sniper di video game, belum lagi kepandaian kamuflasenya dengan wilayah sekitar yang membuat dia sulit dicari.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Jika kamu punya masalah dengan boss yang satu ini, ada satu trik untukmu. Save tepat pada saat sedang melawan boss ini, main game lain dan jangan sentuh game ini selama 7 hari. Minggu berikutnya, kamu akan dapatkan cutscene yang memperlihatkan Snake diam-diam ingin menyerang The End dari belakang. Namun tak disangkanya jika boss tersebut mati ditempat karena usia tuanya. Snake berserta rekunya kebingungan sendiri kenapa hal tersebut bisa terjadi, tapi setidaknya kini dia tak harus capek-capek berurusan dengan penembak jitu ini lagi.

https://www.youtube.com/watch?v=ylUDfrnGxCk


6. Final Fantasy V – Boss menyerah karena kamu tak melakukan apa-apa

Pada Final Fantasy V, disaat kamu dan party-mu mencapai wilayah The Tower of Walse, kamu nantinya akan bertemu dengan boss bernama Gogo yang dikenal sebagai boss yang dapat meniru seluruh seranganmu. Mungkin kebanyakan pemain akan menggunakkan seluruh skill terbaiknya untuk mengalahkan boss ini, namun Gogo akan meniru seranganmu tadi dan menyerangmu dengan skill yang sama, membuat kamu dan partymu dikalahkan seketika hanya dalam beberapa menit karena “senjata makan tuan”.

Lalu bagaimana kamu bisa mengalahkan boss yang meniru seluruh seranganmu seakan-akan dia anggota keluarga Uchiha ini? Tentu saja dengan tidak melakukan apa-apa sama sekali. Jika kamu tidak mengeluarkan skill apapun, maka tak ada yang dia bisa tiru, membuatnya kesal dan bosan di waktu yang sama. Jika kau terus biarkan dia seperti itu dia akan melarikan diri karena capek menunggu.


7. Bravely Default – Lebih banyak beristirahat = lebih banyak serangan yang bisa kau lakukan selama pertarungan selanjutnya

Bravely Default yang dikembangkan oleh Silicon Studio ini membawa kembali nuansa lama Final Fantasy di era 16-bit. Salah satu fitur unik dari game ini adalah Sleep Points. Dengan SP ini kamu bisa lakukan beberapa aksi tambahan dalam pertarungan, yang tentu saja begitu penting dan sangat berpengaruh dalam menang-kalah pertarungan tersebut. Cara mendapatkan SP ini nyatanya cukup unik, yaitu dengan tidak melakukan apa-apa sama sekali.

Apabila Nintendo 3DS-mu kamu taruh dalam kondisi sleep mode dengan game ini sedang dimainkan, tiap 8 jamnya kamu akan dihadiahi dengan poin ini. Jika kamu terlalu malah menunggu, SP juga bisa dibeli via microtransaction, yang merupakan cara yang lumayan greedy tapi ya… menunggu itu tak terlalu sulit bukan?


8. Battlefield 2142 – Bonus XP untuk pemain yang tak aktif

Jauh sebelum Battlefield 1, ternyata DICE juga pernah membuat game bertema sci-fi futuristik pada franchise andalan mereka. Dari segi gameplay sendiri, Battlefield 2142 tak jauh beda dengan game sebelumnya kecuali senjata dan kendaraan yang akan digunakkan pemain jauh lebih canggih.

Untuk mengurangi perbedaan level antara pemain yang benar-benar hardcore dengan mereka yang tak bisa terus main karena perkerjaan atau urusan keluarga, DICE berikan bonus point bagi pemain yang tak aktif dalam 24 jam. Bonus point ini akan membuat pemain yang jarang main ini lebih cepat naik level. Cara ini memang hampir sama dengan Rested XP yang diberikan oleh Blizzard lewat World of Warcraft.

Battlefield 2142 sayangnya sudah tiada karena servernya telah dimatikan oleh EA, namun beberapa fans dari game ini sedang kerjakan proyek untuk membawa kembali game ini.


Inilah 8 game yang menghadiahimu untuk tidak melakukan apapun, apakah ada game lain yang wajib masuk dalam list ini? Sebutkan di komen!

Exit mobile version