8 Game Zaman PS2 Terbaik yang Bisa Dimainkan di PS5

in , , , , , , ,
Untitled 1

Berbicara tentang konsol video game pastinya tidak terlepas dari salah satu konsol legendaris yaitu Playstation 2. Pertama kali rilis pada tahun 2000, konsol buatan Sony tersebut sukses meraih resepsi yang baik dari para kritikus maupun para pemain. Kesuksesan tersebut tentu dibuktikan dengan terjualnya 158 juta unit konsol dalam kurun waktu 13 tahun. Hingga saat ini, Playsation 2 masih memegang rekor sebagai konsol dengan penjualan terbaik yang pernah ada.

Kepopuleran Playstation 2 juga didukung oleh berbagai macam game yang menarik dan inovatif. Terdapat sekitar 3,800 game yang telah dirilis untuk Playstation 2 dan lebih dari 1.5 triliun game sukses terjual. Hingga kini, sejumlah game tersebut masih aktif dimainkan oleh para fans dan komunitasnya. Hal ini pun membuat Sony memutuskan untuk merilis kembali sejumlah game Playstation 2 di generasi Playstation berikutnya.

Dengan konsol Playstation 5 yang akan segera rilis di Indonesia, beberapa dari kalian mungkin saat ini sudah melakukan pre-order dan menunggu tanggal perilisan. Banyak gamer yang pastinya sudah tidak sabar untuk bermain game eksklusif Playstation 5 seperti Demon’s Soul, Spider-Man Remastered, Godfall dan sebagainya. Namun, jika kalian berniat untuk bernostalgia kembali ke zaman PS2, berikut rekomendasi 8 game Playstation 2 terbaik yang bisa kalian mainkan di Playstation 5 melalui fitur backwards compatibility.


8. Max Payne

Mp1 Hero Screenshot

Max Payne bisa dibilang merupakan salah satu pionir dalam game bertemakan third-person shooter. Max Payne sendiri merupakan game karya Remedy Entertainment, menceritakan seorang polisi yang ingin membalas dendam atas kematian keluarganya yang tewas terbunuh. Dengan cerita yang terkesan dark dan gameplay yang inovatif membuat Max Payne menjadi game yang dipuji oleh para kritik dan juga pemain.

Max Payne juga dikenal sebagai game pertama yang mengimplementasikan fitur bullet-time dimana pemain berkemampuan bergerak secara slow-motion layaknya film aksi. Saat ini, Max Payne hanya tersedia di Playstation Store US yang bisa kalian beli seharga $14.99.(Rp 211.000).

7. Metal Slug Anthology

Metal Slug Anthology

Meal Slug Anthology merupakan game dengan genre side-scroller shooter yang rilis di tahun 2007. berawal dari game arcade, game yang dikembangkan oleh SNK Playmore tersebut sukses memikat hati para gamer dengan gameplay yang terinspirasi dari Contra serta adanya fitur 2 player co-op untuk bermain bersama.

Pada versi ini, kalian akan mendapatkan 7 game sekaligus dalam satu paket yang terdiri dari Metal Slug, Metal Slug 2, Metal Slug X, Metal Slug 3 Metal Slug 4, Metal Slug 5 dan Metal Slug 6. Metal Slug Anthology tersedia di Playstation Store US seharga $19.99 (Rp 282.000).

6. Ace Combat 5: The Unsung War

Ace Combat 5 The Unsung War

Franchise Ace Combat sebenarnya sudah ada sejak tahun 1995 yang rilis di Playstation 1. Namun, game yang dikembangkan oleh Bandai Namco ini mulai populer setelah perilisan Ace Combat 5: The Unsung War. Dengan 50 macam pesawat yang berbeda, 32 misi campaign serta cutscene yang menggunakan animasi 3D menjadikan Ace Combat 5 game paling ekspansif dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Untuk mendapatkan Ace Combat 5 di PS5, kalian tidak bisa langsung membelinya di Playstation Store. Dikarenakan game ini merupakan bonus pre-order dari Ace Combat 7: Skies Unknown. Tetapi, beberapa orang melaporkan bahwa kalian masih bisa mendapatkannya dengan membeli Ace Combat 7 Deluxe Edition. Terdapat cara khusus untuk menjalankan game ini di PS5, kalian bisa mengikuti tahapannya pada video berikut.

5. Manhunt

Header

Salah satu game yang banyak menuai kontroversi, Manhunt bisa dibilang merupakan game paling menyeramkan yang pernah dibuat oleh Rockstar Games. Manhunt memberikan pengalaman bermain sebagai seorang kriminal yang diharuskan untuk membunuh secara sadis dengan berbagai alat dan senjata seperti stik baseball, kantong plastik, linggis dan sebagainya. Hal ini pun membuat Manhunt dikecam oleh banyak orang tua hingga beberapa toko terpaksa menarik salinan game dari etalase.

Dengan berbagai kontroversi, Manhunt tetap meraih kesuksesan karena gameplay yang inovatif dan latar cerita yang unik dan menakutkan. Saat ini, manhunt tersedia di Playstation Store US seharga $14.99 (Rp 211.000)

4. The Warriors

Boysnblue

Salah satu game legendaris lainnya dari Rockstar Games yaitu The Warriors. Merupakan game ber-genre beat em’ up yang didaptasi dari film aksi dengan judul yang sama. Keunikan dari game ini yaitu beberapa karakter dari game disuarakan langsung oleh pemeran asli dari filmnya. Sehingga, performa dari para aktor menjadi salah satu alasan game ini populer di kalangan para pemilik Playstation 2. Selain itu, para kritik juga memuji aspek gameplay yang menarik serta soundtrack yang ikonis. The Warriors tersedia di Playstation Store US seharga $14.99 (Rp 211.000).

3. Resident Evil 4

Bio4 Share Global

Jika kalian pernah memiliki Playstation 2, Resident Evil 4 merupakan game yang wajib kalian miliki. Capcom selaku developer berani mengambil langkah yang riskan dengan mengubah mekanik survival horror dari game sebelumnya menjadi third-person shooter. Tetapi, keberanian Capcom pun terbayar karena Resident Evil 4 merupakan suatu terobosan baru yang diapresiasi oleh para kritikus maupun fans.

Sampai sekarang, Resident Evil 4 dinobatkan sebagai pelopor game shooter dengan kamera over-the-shoulder. Awalnya, game ini hanya rilis untuk konsol Gamecube. Namun, kini Resident Evil 4 sudah diporting ke banyak platform lainnya seperti Playstation 2 hingga Playstation 4. Resident Evil 4 bisa kalian beli secara fisik atau secara digital melalui Playstation Store seharga Rp 267.000

2. Bully

6ade053fb551b183a0a68a43349609a5

Pertama kali rilis tahun 2006, Bully meraih kesuksesan besar dengan terjualnya 1.5 juta salin di platform Playstation 2. Game ini memiliki gameplay layaknya GTA namun dengan latar sekolah dimana kalian akan bermain sebagai Jimmy Hopkins, seorang anak yang ditempatkan di sekolah boarding oleh orang tuanya.

Disana, pemain akan diberikan beberapa misi dengan tujuan untuk menguasai sekolah sembari menghindar dari hukuman para guru. Layaknya game Rockstar yang lain, game ini juga menuai banyak kontorversi. Namun, hal ini tidak menghentikan para fans dan kritikus mengapresiasi salah satu karya terbaik dari Rockstar Games. Kalian bisa mendapatkan Bully melalui Playstation Store US dengan harga $14.99 (Rp 211.000)

1. Grand Theft Auto: San Andreas

608ba 16039491330012 800

Sebelum kehadiran Nico Bellic dan kawan-kawannya, sebelum adanya Lamar yang meledek Franklin, disinilah masa kejayaan Rockstar. Grand Theft Auto: San Andreas atau disingkat GTA: San Andreas merupakan game yang dianggap sebagai game terbaik sepanjang masa. Gameplay sandbox yang menarik, cerita yang ikonis, berbagai karakter yang mengesankan membuat GTA: San Andreas dinobatkan sebagai game paling laris di konsol Playstation 2.

Hingga kini, San Andreas masih aktif dimainkan oleh para fans nya serta kehadiran beragam macam mod, membuat komunitas tetap aktif sampai saat ini. Kini, GTA: San Andreas tersedia di Playstation Store US yang dibanderol seharga $14.99 (Rp 211.000).


Itulah 8 game Playstation 2 yang bisa kalian mainkan di Playstation 5. Perlu diingat lagi bahwa game-game tersebut sebenarnya bukanlah game khusus PS5, melainkan game PS4 yang dijalankan melalui fitur backwards compatibility. Sony sudah memberi peringatan bahwa beberapa game yang dijalankan mungkin tidak akan sama persis seperti aslinya sehingga kalian dapat mengantisipasi adanya kehadiran bug, fitur yang hilang, kualitas grafis yang menurun dan sebagainya. Namun, setidaknya kalian masih bisa bernostalgia kembali dengan memainkan game klasik zaman Playstation 2.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Playstation 2 dan Playstation 5 serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.