8 Hal yang Sebenarnya Dapat Kamu Lakukan di Game Subnautica

Subnautica Game

Selain mengeksplorasi dunia bawah laut demi menuntaskan jalan cerita dari game ini, sebenarnya ada banyak hal lain yang dapat dilakukan oleh para pemain di samping mencoba menamatkan game Subnautica.

Subnautica sendiri adalah sebuah game survival open-world dengan genre action-adventure yang dirilis pada tahun 2018 oleh Unknown Worlds Entertainment. Dan saat ini telah memiliki dua series yakni Subnautica dan Subnautica : Below Zero.

Bermula dari pesawat ruang angkasa bernama Aurora yang mengalami kerusakan dan jatuh di planet 4546b. Tak ada yang selamat dalam kecelakaan itu kecuali Ryley Robinson, karakter yang akan kita mainkan. Subnautica mengajak pemain untuk mengeksplorasi dunia bawah laut dan menemukan banyak hal untuk bertahan hidup di sana sampai Ryley dapat pulang kembali ke planet Bumi.

Subnautica menjadi salah satu game paling populer dalam beberapa tahun terakhir dengan menantang pemain untuk menghadapi dunia bawah air yang sangat dalam dan menakutkan. Semuanya dapat ditemukan di lautan planet asing ini dan berikut adalah beberapa hal yang sebenarnya dapat dilakukan pemain.

1. Menjinakkan ‘Stalker’ di Game Subnautica

8 Hal yang Sebenarnya Dapat Kamu Lakukan di Game Subnautica 9

Banyak pemain yang tidak tahu bahwa mereka bisa menjinakkan Stalker di game Subnautica. Memang tidak selalu bisa, namun Stalker dapat dijadikan teman yang sangat berguna untuk kelangsungan hidup.

Pemain hanya perlu memberi makan Stalker segala jenis ikan dan beberapa Metal Salvage. Setelah dijinakkan, Stalker akan berhenti dan memberikan giginya kepada pemain sebagai hadiah.

2. Terbang Bersama Skyray di Planet 4546b

8 Hal yang Sebenarnya Dapat Kamu Lakukan di Game Subnautica 10

Pernah melihat burung di planet yang isinya cuma air ini? Benar. Di Subnautica, ia disebut dengan Skyray. Namun, pernah tidak berpikir untuk mencoba menaiki makhluk ini? Tentu kamu bisa melakukannya.

Kamu hanya perlu pergi ke floating island dan tunggu saja jemputan-mu ini datang mendekat. Ketika dirasa sudah dekat, kamu bisa meloncat ke atas tubuh Skyray tanpa takut makhluk ini akan marah.

Sebenarnya, ini adalah glitch yang menurut penulis lucu. Bagaimana bisa makhluk kecil ini mampu membawa manusia berkeliling di atas langit?

3. Geyser di Game Subnautica Sebagai Kompor Dadakan

8 Hal yang Sebenarnya Dapat Kamu Lakukan di Game Subnautica 11

Hal lain yang bisa dilakukan di Subnautica adalah memasak dengan geyser! Apabila pemain belum mendapatkan Thermal Knife dan persediaan makanan berkurang selama perjalanan, geyser adalah alternatif lain untuk mengobati rasa lapar.

Ikan apapun yang mati akibat erupsi akan berubah menjadi makanan secara instan. Dan tentu saja aman dikonsumsi oleh pemain meskipun dimasak oleh kompor dadakan ini.

4. Jangan Takut Sama Makhluk Besar

8 Hal yang Sebenarnya Dapat Kamu Lakukan di Game Subnautica 12

Terkadang pemain harus mengandalkan refleksnya untuk kabur dari sosok besar nan mengerikan di Subnautica. Mereka juga harus selalu membawa air bladder untuk menghadapi situasi menegangkan seperti ini.

Sebenarnya, membiarkan pemain diserang oleh makhluk besar seperti Leviathan adalah cara efektif, lho. Serangan dari makhluk besar ini menciptakan ‘dorongan’ yang kuat sehingga pemain dapat terlempat keluar dari air dan mampu menghirup oksigen sebanyak – banyaknya. Namun, kamu juga harus berhati – hati karena bisa saja dorongan besar ini mengantarkanmu pada tumpukan batu yang membahayakan.

5. Menghilangkan Diving Mask

8 Hal yang Sebenarnya Dapat Kamu Lakukan di Game Subnautica 13

Subnautica adalah game yang memberikan pemainnya pemandangan bawah laut yang indah. Namun, para pemain menyayangkan satu hal. Sebuah frame dari diving mask yang dikenakan oleh Ryley. Mereka merasa pandangannya terbatas sehingga menilai visualisas diving mask ini sedikit menganggu.

Tentu saja diving mask ini dapat dihilangkan sehingga pemandangan laut di Subnautica menjadi lebih luas tanpa ada batasan. Pemain cukup menekan tombol ‘F6’ dan semuanya akan menjadi normal sebagaimana video game pada umumnya. Jadi, bukan diving mask-nya yang dihilangkan ya dari Ryley, brott!

6. Cyclops Greeting yang SSR?

8 Hal yang Sebenarnya Dapat Kamu Lakukan di Game Subnautica 14

Ini adalah salah satu easter egg Subnautica yang hampir semua pemain tidak pernah dapatkan. Biasanya AI dari Cyclops akan menyambut pemain dengan sambutan “Welcome aboard, captain.” ketika pemain masuk ke dalamnya. Namun, tahukan kamu ada hal lain yang sebenarnya dapat diucapkan oleh sang AI?

Apabila beruntung, AI dari Cyclops ini akan menyambut pemain dengan sambutan “You are the best captain on the planet, I’m not even squidding.” Tentu saja pemain menilai hal ini lucu karena AI-nya dapat melontarkan sebuah pun yang tak terduga.

7. Mengandalkan Geothermal Energy

8 Hal yang Sebenarnya Dapat Kamu Lakukan di Game Subnautica 15

Cara yang satu ini perlu dipikirkan sebelum membangun base. Jika player membangun base di sekitar Tree Spires, maka ventilasi Geothermal akan menyebar dan menyediakan energi yang cukup untuk keberlangsungan base yang telah dibangun pemain.

Minusnya, di sekitar daerah tersebut terdapat makhlus buas seperti Leviathan yang berlalu lalang. Namun, apabila pemain berhati – hati dan tidak menganggu mereka, tentu saja hal ini aman untuk dilakukan.

8. Cara Pintar Menyimpan Looting-an

8 Hal yang Sebenarnya Dapat Kamu Lakukan di Game Subnautica 16

Ternyata beacon sangat berjasa dalam game survival ini. Pemain dapat dengan mudah menggunakan beacon untuk mengambil item yang hilang jika karakter mereka mati. Beacon akan menandai lokasi di mana loot terakhir terjatuh, sehingga pemain dapat dengan mudah menemukan barang-barangnya kembali setelah respawn.

Jadi, ada baiknya ketika ingin menambang atau mengumpulkan item, kamu membawa beacon-mu selalu ya, brott!

Itulah hal – hal yang sebenarnya dapat kamu lakukan di Subnautica. Ada yang sudah kalian coba, brott?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game PC, Game PS 4 atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version