8 Jumpscare Tak Terduga di Game Non-Horror

in

Dengan kepopuleran game seperti Outlast, Slender : The Eight Pages dan Five Nights at Freddy’s. Jumpscare menjadi teknik horror paling mudah serta paling klise untuk menakut-nakuti pemainnya. Walaupun demikian, jumpscare tetap ampuh dalam membuat pemain terkejut dan bikin mereka jatuh dari kursi hingga sekarang. Bahkan penonton youtube sekarang ini sering mengemis kepada penonton lain di detik berapakah akan ada jumpscare di video yang mereka tonton.

Dan seperti yang kamu tahu, jumpscare sudah biasa ada di horror game. Bahkan pemain bisa menebak di detik berapa akan ada jumpscare di saat bermain horror game sangking overusednya teknik ini.

Tapi apa yang terjadi ketika jumpscare tersebut muncul di game yang pada dasarnya tidak ingin menakut-nakutimu alias non-horror? Kemungkinan besar pemain tersebut akan terkejut akan lebih besar karena mereka tak menyangka sama sekali akan ada jumpscare di game tersebut.

Maka dari itu, berikut adalah 8 jumpscare tak terduga dari game non-horror yang membuat gamer terkejut.

1. Batman Arkham Knight – Man Bat Jumpscare dan New Game+ Jumpscare

maxresdefault (26)

Aku mainkan game ini pada tengah malam karena pada jam tersebut game ini dirilis di Steam. Dan hal mengerikan yang game ini berikan pertama kali adalah betapa buruknya performa game ini di PC. Tapi hey … kita tidak bicara soal itu, kita bicara soal jumpscare dari man-bat yang tiba-tiba teriak didepan mukamu pada saat kamu mencoba untuk menaiki salah satu gedung dengan grappling hook.

Jumpscare ini merupakan perkenalan awal dari side quest game yang dimana kamu harus menangkap man-bat dan mencari tahu siapa dia serta obat untuk memulihkannya. Jumpscare ini juga tidak hanya terjadi sekali, namun dua kali dengan Joker yang nantinya akan melakukan jumpscare yang sama dipertengahan game.

Oh … dan bicara soal Joker, jika kamu memutuskan untuk bermain new game+ (atau new story+) pada intro pertama yang dimana mayat Joker dibakar. Bagian ini berbeda dengan intro pada new game biasa, karena untuk yang satu ini, Joker akan mengejutimu di akhir intro.

https://www.youtube.com/watch?v=f8FukHPRv4k


2. Bioshock Infinite – Boy of Silence

aaedjNd

Bioshock Infinite jauh dari kata horror game, game ini terlalu warna-warni untuk bisa dibilang horror dan kamu punya sidekick yang amat cantik bernama Elizabeth yang selalu menemanimu dan bahkan membantumu disaat bertarung. Maka dari itu tak ada yang menyangka kalau Ken Levine bakal tega menaruh jumpscare khususnya pada saat kondisi mulai tenang karena kamu sampai di objective utama.

Disaat kamu berhasil sampai ke tujuan untuk menarik sebuah lever, kamera akan menuju ke arah sebuah monitor besar dan pesan misi baru muncul. Kamu merasa tenang karena telah berhasil mengalahkan semua musuh selama perjalanan dan hanya tinggal jalan santai ke objective selanjutnya. Namun BOOOM, jumpscare tepat di belakangmu oleh Boy of Silence yang teriak tepat setelah kamu memutarkan kepalamu, Thanks game.


3. Thief – “You shouldn’t be here”

thief1

Di reboot Thief, yang dulunya juga pernah dibuat oleh Ken Levine. Kamu lagi-lagi bermain sebagai Garrett, seorang maling proffesional yang tujuan utamanya adalah mencuri barang dari mereka yang kaya. Karena kamu bermain sebagai “maling”, wajar-wajar saja kalau kamu akan sering mengintip lewat lubang kunci pada pintu. Yang jadi masalah adalah, apakah kamu selalu siap dengan apa yang dibalik lubang tersebut?

Ketika kau mendatangi Moira Asylum, kamu akan menemui banyak pintu terkunci yang membuatmu sebagai maling penasaran apa dibalik pintu tersebut. Mungkin saja barang berharga ada di sana sampai-sampai ruangan tersebut harus dikunci. Otomatis kamu mengintip dari lubang kunci di pintu, mencoba untuk melihat apa saja ada yang di balik pintu tersebut, tapi … BOOOO … sosok wanita mengerikan tiba-tiba muncul di hadapanmu dan mengatakan “Kau tak seharusnya disini”. Ok … *Kabur dari pintu*


4. Mortal Kombat – Krypt monster jumpscare

Kryptmonster

Tiap kali kamu selesaikan sebauh pertarungan, kamu dihadiahkan dengan koin. Namun untuk apa koin tersebut? Kamu ternyata bisa membeli kostum, concept art, video dan bahkan custom fatality. Daripada tidak terpakai sama sekali, kamu pergi ke Krypt dan mencari sesuatu yang mungkin akan menarik perhatianmu.

Selagi kamu keliling sana sini, tiba-tiba monster aneh muncul di depan layar dan berteriak dengan keras, membuatmu kaget karena tak mengira keberadaan jumpscare tersebut. Jumpscare ini datang secara random, ada yang bilang akan datang ketika kamu terlalu lama di Krypt, atau terlalu banyak menghabiskan koin di Krypt. Namun beberapa pemain melaporkan tak pernah menemui jumpscare ini sekalipun dan juga tidak tahu apakah ada cara agar jumpscare tersebut tidak muncul.

Keberadaan jumpscare ini membuat orang menjadi takut untuk pergi ke Krypt dan menghabiskan koin yang mereka kumpulkan, termasuk saya. Dan tradisi ini dilanjutkan di game terbarunya Mortal Kombat X, dan parahnya adalah … kali ini ada 3.


5. Call of Duty : Black Ops 2 – Sniper Jumpscare “easter egg”

maxresdefault (27)

Jumpscare satu ini hadir di map Mob of The Dead yang merupakan salah satu konten dari DLC Uprising. Pada map ini, developer tampaknya ingin menakuti-nakuti pemain untuk tidak menggunakan sniper dengan menaruh jumpscare.

Ketika pemain sampai di atap gedung, tempat dimana kamu diharuskan merakit pesawat untuk menyelesaikan misi. Jika kamu memegang senjata sniper seperti Barret M82A1 atau DSR 50, dan mengunakkan scope senjata tersebut ke arah kembang api yang berada di background map, kamu akan dihadiah dengan jumpscare dengan wajah Russman muncul tepat di scopemu dan suara teriakan yang keras.

Jumpscare ini juga muncul di DLC Origins, jika kamu menggunakkan scope senjata snipermu dan arahkan ke arah gereja yang terbakar, gambar tengkorak akan muncul dengan suara teriakkan yang sama seperti pada jumpscare Mob of The Dead. Kedua map ini ternyata dibuat oleh tim yang sama  yang menjelaskan kenapa kedua jumpscare tersebut terlihat persis.


6. Bioshock – Painless Dental clinic

52

Bioshock pertama walau memiliki banyak momen yang menakutkan, game tersebut tidak didesign sebagai horror game. Namun karena lingkungan rapture yang sering gelap, monster yang mengerikan dan atmosfir yang creepy, beberapa orang beranggapan bahwa game ini sebagai game horror. Dan salah satu momen menakutkan ini adalah pada saat kamu memasuki Painless Dental clinic.

Pada saat kamu memasuki ruangan tersebut, ruangan tiba-tiba akan dipenuhi kabut dan pintu belakangmu terkunci. Setelah kabut tersebut hilang, mayat perempuan bertopeng tiba-tiba hadir di hadapanmu, tapi itu bukanlah jumpscarenya.

Jika kamu terus memasuki wilayah tersebut kamu akan menemukan tonic bottle berserta audio log di ujung ruangan. Setelah kamu mengambil benda-benda tersebut, kabut lagi-lagi mengisi ruangan dan jika kamu berbalik ke belakang setelah kabut tersebut hilang, kamu akan diperkenalkan sama pemilik klinik tersebut yang siap membunuhmu setelah kau membalikkan badan.

Jumpscare ini mungkin membuatmu berpikir dua kali untuk memasuki ruangan kosong yang optional untuk dikunjungin. Tapi hey … setidaknya kamu dikasih item penting.

https://www.youtube.com/watch?v=zAmQfpUJXgg


7. Super Mario 64 – Evil Piano

Piano

“Bagaimana bisa game tentang menyelamatkan tuan putri dan mengalahkan raja berbentuk kura-kura bisa hadirkan jumpscare?” kamu mungkin bertanya. Dan harus saya akui, yang satu ini juga tampaknya tidak bisa dikategorikan sebagai “jumpscare”. Tapi … pada saat saya masih kecil, momen satu ini memberikan saya mimpi buruk dan membuat saya tak pernah mau lagi menyentuh ruangan itu sampai sekarang.

Jadi pada level Big Boo’s Haunt, setelah kamu memasuki rumah berhantu ini, akan ada beberapa pintu yang dimana salah satunya akan membawamu ke ruangan berisikan piano yang awalnya diam dan terlihat seperti benda mati. Ada koin merah di belakang piano tersebut yang pastinya akan memancing perhatian pemain dan langsung lari mengambil koin tersebut, yang mereka tidak tahu adalah jika kamu berjalan terlalu keras, piano tersebut akan marah dan menyerang Mario tiba-tiba dengan suaranya yang lumayan keras. Untuk mereka yang pernah memainkan game ini saat kecil mungkin masih trauma seperti saya.


8. Metro 2033 – Librarian

maxresdefault (28)

Untuk game bertema Post-Apocalyptic, tentu akan ada monster-monster aneh yang akan kamu temui di game. Librarian merupakan salah satu monster di game yang dianggap paling pintar ketimbang monster yang lain, dan ditambah dengan habitatnya yang sering berada di perpustakaan, wajar saja monster ini diberi nama “librarian”. Monster ini juga sangat kuat dan dapat menghabisi Artyom dalam beberapa serangan saja, tapi Artyom bisa membuktikan jika dia tidak mau menyerangnya dengan cara menatapi monster tersebut hingga pergi.

Di pertengahan game nantinya, waspadalah dengan keberadaan item yang berada di dekat dinding berlubang  atau monster ini akan menarikmu secara tiba-tiba.

Apakah kamu pernah kena jumpscare oleh game yang bukan horror? Sebutkan di comment!

 

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.