8 Jurusan Kuliah yang Cocok Buat Kalian yang Minat Bekerja di Industri Game

GEULISSSS

Jujur saja, memilih sebuah jurusan untuk kuliah memang menjadi kesulitan tersendiri bagi beberapa orang yang memang masih belum menetapkan cita-cita mereka. Apalagi kita yang memang hobinya bermain video game, hal ini memanglah umum dirasakan kok Brott. Tapi memang harus diakui, bahwa memilih jurusan kuliah sesuai Passion itu memanglah hal yang penting.

Pastinya tak sedikit dari kalian yang merasa bahwa passion kalian adalah game, dan ingin banget buat bisa bekerja di Industri game ataupun E-Sports. Memang perlu diakui industri game sedang sangat berkembang beberapa waktu kebelakang, diikuti dengan meroketnya pamor E-Sports di dunia terutama dikalangan para remaja sekarang pastinya bisa memastikan perkembangan industri game untuk beberapa tahun kedepan.

Nah buat kalian yang mungkin masih bingung nih ingin melanjutkan studi menuju jurusan mana, disini kita udah rangkum 8 jurusan kuliah yang cocok buat kalian yang memang punya minat bekerja di Industri game. Penasaran apa saja ? Langsung kalian baca aja artikel dibawah ini:


Desain Produk

Mungkin kalian jarang mendengar jurusan yang satu ini, sesuai dengan namanya kalian akan belajar bagaimana merumuskan dan membuat desain dari sebuah produk yang pastinya harus memenuhi standar tertentu. Kemampuan kalian akan diasah untuk bisa mengetahui bagaimana membangun sebuah produk yang akan memiliki kualitas terbaik dan diminati pasar.

Nah biasanya lulusan Desain Produk juga dicari oleh para Game Developer untuk menjadi seorang game tester atau sebagai penganalisis produk keluaran terbaru mereka. Dengan kemampuan yang mereka dapatkan selama menjalankan studinya, mereka diharapkan mampu mengetahui apa saja kekurangan-kekurangan dari game atau produk yang sebuah game developer akan keluarkan agar lebih bisa diterima oleh masyarakat secara umum. Sehingga jurusan Desain Produk boleh juga nih masuk pertimbangan kalian Brott!


Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro sebenarnya sangatlah cocok bagi kalian yang memang memiliki minat khusus pada barang-barang elektronik dan sifat-sifat yang dimilikinya. Mengingat kalian akan belajar berbagai macam ilmu tentang alat-alat elektronik yang pastinya banyak berhubungan dengan kehidupan sehari-hari kita.

Kenapa jurusan Teknik Elektro bisa berhubungan dengan industri game ? Karena sebenarnya setiap sebuah Perusahaan Game mengeluarkan produk perangkat keras atau hardware, mereka pasti membutuhkan seseorang yang bisa melakukan design serta quality control produk terbarunya tersebut, dan seorang lulusan Teknik Elektro sangat cocok untuk menjadi Console Tester.


Computational Science

Mungkin kalian juga jarang banget nih denger jurusan yang satu ini, Computational Science adalah jurusan yang mempelajari Pemrograman, ditambah dengan Sains dan dikombinasikan juga dengan ilmu Matematika Terapan. Salah satu keunggulan dari lulusan S1 Computational Science adalah kemampuan mereka dalam pengolahan data dengan pemrograman.

Percaya atau tidak, tapi memang lulusan Computational Science biasanya memang dicari oleh para Game Developer sebagai Data Scientist yang bekerja sebagai pengatur pengolahan data dari game-game yang mereka rilis. Tak hanya itu, mereka juga biasanya bisa membantu dalam pengembangan sebuah game seperti dalam perbaharuan sistem atau Bug-Fixer.


Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Sistem Komputer/Teknik Telekomunikasi

Nah salah satu jurusan yang mungkin memang sudah kamu prediksi akan masuk kedalam G-List kali ini. Ke-empat jurusan diatas memang punya bidang ilmu yang saling timpah dan berhubungan. Seluruhnya mempelajari pemrograman namun dengan tingkat penekanan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan lulusannya masing-masing.

Tapi lulusan ke-empat jurusan tersebut memang biasanya dicari oleh Game Developer sebagai penganalisa sistem dari game yang mereka buat, serta cocok menjadi seorang Game Tester juga dengan kemampuannya menganalisa sebuah pemrograman dengan baik dan sangat mungkin bisa mengetahui letak kekurangan dari program game yang akan dirilis mereka.


Teknik Industri

Teknik Industri adalah salah satu jurusan yang bisa dibilang favorit dikalangan para lulusan SMA dalam menentukan jurusan kuliah yang akan mereka tempuh. Memang jelas bahwa jurusan yang satu ini akan memberikan pelajaran tentang bagaimana sebuah sistem, proses dan organisasi dapat berjalan dengan baik dalam Industri dari skala kecil sampai besar.

Nah para Game Developer biasanya akan mempekerjakan beberapa lulusan Teknik Industri untuk bisa menganalisis kondisi dari Industri Game secara bertahap selama jangka waktu tertentu. Hal ini penting untuk bisa memastikan bahwa keputusan yang akan mereka ambil kedepannya tepat, dan dapat memberikan dampak baik bagi perusahaannya di Industri Game.


Teknik Informatika

Mungkin yang dibayangkan kalian saat pertama kali saat mendengar jurusan yang satu ini adalah kalian akan memprogram sebuah game bukan ? Tapi percayalah, masih ada hal lain yang mereka bisa lakukan dalam industri game. Seorang lulusan Teknik Informatika dapat menjadi seorang game tester yang unggul, karena pemahaman mereka mengenai jalannya sebuah program.

Di jurusan yang satu ini memang kalian harus memiliki pemahaman akan sebuah program yang baik, mengingat kalian akan diberikan banyak sekali persoalan yang berkaitan dengan kehidupan nyata yang harus kalian selesaikan dengan metode pemrograman yang benar. Hal itulah yang mengasah kemampuan mereka untuk bisa membuat game dan mencoba sebuah game.


Ilmu Komunikasi

Banyak pekerjaan yang berhubungan dengan Industri Game dan E-Sports membutuhkan sebuah penulisan yang baik, mulai dari media-media game dan E-Sports, hingga produsen game yang membutuhkan penulisan jalan cerita yang baik. Pekerjaan-pekerjaan itulah yang bisa dikerjakan oleh seorang sarjana Ilmu Komunikasi dalam Industri Game yang sangat luas ini.

Dalam menjalani proses perkualiahan, seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi akan diajari banyak tentang ilmu jurnalistik, strategi komunikasi, manajemen keadaan dan masih banyak lainnya yang akan membuatmu sangat siap untuk terjun langsung kedalam Industri Game ataupun E-Sports yang memang sedang berkembang cukup pesat dalam beberapa waktu kebelakang.


DKV – Desain Komunikasi Visual

Kalau yang satu ini mungkin kalian sudah paham, dimana DKV alias Desain Komunikasi Visual adalah sebuah jurusan yang akan mengajak kalian untuk mengeksplor kemampuan kalian dalam menggambarkan suatu hal kedalam bentuk nyata. Tak hanya itu, biasanya kalian juga akan diajarkan beberapa ilmu-ilmu lainnya seperti Fotografi, Tipografi, Animasi dan masih banyak lainnya.

Tentu saja bahwa seorang sarjana DKV akan sangatlah dibutuhkan dalam pengembangan sebuah game dari sebuah Game Developer. Kemampuan mereka dalam menginterpretasikan suatu hal akan sangat membantu para pengembang dalam memberitahukan maksud mereka dalam setiap bagian demi bagian yang akan mereka bawakan dalam game mereka.


Jadi itulah kurang lebih 8 jurusan kuliah yang mungkin cocok untuk kalian yang memang memiliki minat dalam Industri Game. Kebetulan Gamebrott punya berita baik bagi kalian yang ingin melanjutkan studi ke salah satu jurusan di atas nih. Partner Gamebrott yakni IDCloudhost.com bekerja sama dengan Telkom University Bandung sedang mengadakan Program Beasiswa Kuliah Full, Gratis!

Jadi kalian bakal pilih yang mana nih? Yuk kita obrolin di kolom komentar dibawah!

Exit mobile version