8 Karakter di Dunia Game yang Kembali Menjalani Hidup Barunya


Add Friend

Umumnya kita akan memulai tahun baru ini dengan membuat resolusi-resolusi tertentu seperti misalnya ingin memiliki body goal laiknya para atlet, atau ingin segera mengakhiri kesendirian atau mungkin juga ingin membasmi kejahatan bagaikan superhero. Apapun itu pastinya setiap dari kita ingin memulai dan menjalankan tahun baru dengan kehidupan yang baru.

Tulisan kali ini tidak ada hubungannya dengan resolusi-resolusi hebat seperti itu.  Namun ada kaitannya dengan hidup baru para karakter di dunia game.  Karakter-karakter ini harus menjalani “hidup barunya” karena suatu hal tertentu seperti hilang ingatan, takdir dan lain-lain.

1. Slayn Wilder

 

Amnesia adalah penyakit yang sering dialami karakter-karakter di sinetron maupun dunia nyata.  Umumnya penyakit ini dialami oleh individu-individu yang tidak ingin mengingat kembali segala hal yang telah dijalaninya, entah itu disengaja atau tidak.

Slayn Wilder adalah protagonis dari seri Growlanser III : The Dual Darkness.  Pria berambut putih (atau silver) ini ditemukan tidak sadarkan diri oleh Annette bahkan dia tidak ingat namanya ketika ditanya olehnya. Annette kemudian memberikannya nama Slayn Wilder.

Pada akhirnya, diketahui Slayn hanya merupakan sebuah jiwa dari seorang assassin dengan julukan Dark Lord yang kemudian merasuki tubuh Gray Gilbert (tubuh yang digunakan Slayn ketika event Growlanser III sedang berlangsung), teman masa kecil Annette.  Di akhir cerita Slayn diberi pilihan ingin mati atau meneruskan hidup.

2. Adol Christin

 

Sang protagonis dari semesta Ys ini merupakan salah satu karakter bernasib paling apes di dunia game. Bagaimana tidak, Adol  kedapatan selalu terdampar di suatu tempat yang sedang terjadi konflik besar atau bahkan bencana yang akan menghancurkan daerah tersebut di masa yang akan datang.  Seperti halnya protagonis lainnya, Adol dengan sigap membereskan semua permasalahan di daerah tersebut.

Entah dikutuk oleh siapa atau apa sehingga Adol terus bernasib seperti ini. Petualangan Adol yang unik ini masih akan berlanjut di Ys VIII : Lacrimosa of Dana. Besar kemungkinan takdir aneh Adol The Red masih berlanjut sampai waktu yang tidak bisa ditentukan.

3. Fei Fong Wong

Mungkin kamu pernah berpikir tentang “hidup setelah kematian”.  Sebagian orang menyebutnya reinkarnasi.  Hal ini lah yang dialami oleh protagonis dari Xenogears ini.  Fei telah mengalami berulang kali reinkarnasi, menariknya di semua kehidupan yang dijalaninya Fei memiliki rupa yang nyaris sama dan selalu berpasangan dengan wanita yang sama yaitu Elly.

Yang perlu diingat adalah di setiap kehidupan barunya, Fei sering kali mengalami kisah hidup yang pahit.  Namun di akhir cerita Xenogears, Fei mampu menemukan kebahagiaannya bersama dengan cinta sejatinya Elly.

4. Serge

Bagi gamer yang pernah memainkan Chrono Cross tentunya paham bahwa game ini adalah salah satu game yang memiliki plot cerita yang membingungkan.  Apalagi pada zaman itu, teknologi internet belum secanggih sekarang yang dapat diakses kapan dan dimana saja, jadi kita sebagai gamer harus memainkan game ini berulang kali untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi.

Serge adalah protagonis utama Chrono Cross yang memiliki kemampuan menjelajah dimensi lain.  Karena satu dan lain hal, Serge terdampar di dunia dimana dirinya dianggap telah mati di masa lampau, lalu Serge berusaha untuk mencari tahu kebenaran akan dirinya.  Di akhir cerita, Serge kehilangan ingatan akan petualangan-petualangan yang telah dialaminya, namun sepertinya masih tersisa sedikit kepingan-kepingan ingatan yang kadang terlintas di kepalanya.

5. Tidus

 

Tidus merupakan pemain blitzball dari Zanarkand, kota metropolis yang sangat maju di zamannya.  Machina War yang terjadi antara Zanarkand dan Bevelle berakhir dengan kekalahan Zanarkand dan menyebabkan sang pemimpin Zanarkand pada waktu itu Yu Yevon, mengorbankan penduduk Zanarkand dan menciptakan Dream Zanarkand.

Dream Zanarkand diciptakan dengan maksud mempertahankan Zanarkand pada masa jayanya dalam dunia mimpi.  Dengan cara ini Zanarkand dan seluruh penduduknya akan terus hidup selamanya.  Eksistensi Tidus sendiri di event Final Fantasy X hanyalah sebuah fayth atau ingatan, sama seperti halnya dengan penduduk Zanarkand lainnya.  Karena campur tangan bapaknya yaitu Jecht, yang mana telah menjadi Sin, sehingga Tidus mampu “hidup kembali” 1000 tahun kemudian yaitu waktu dimana Yuna cs memulai perjalanannya.  But, di akhir cerita Final Fantasy X, akibat kehancuran Sin dan Yu Yevon, seluruh fayth yang ada kemudian mampu beristirahat dengan tenang dan Tidus sebagai bagian dari fayth juga mengalami nasib yang sama.

Pada akhirnya, di event Final Fantasy  X-2 Tidus dibangkitkan kembali oleh para fayth atas permintaan Yuna.

6. Adam Jensen

Teknologi robotik merupakan teknologi yang besar kemungkinan akan terus berkembang di masa depan.  Penggunaan teknologi ini sendiri dapat diaplikasikan di banyak bidang seperti medis, industri, permesinan dan lain-lain.  Berbicara soal penggunaan teknologi ini di dunia medis maka kita akan teringat kepada satu sosok ini yaitu Adam Jensen.

Adam Jensen merupakan seorang security expert yang mendapat luka parah ketika sedang menjalankan tugasnya.  Pria yang menjadi protagonis dari seri Deux Ex ini kemudian mendapatkan modifikasi cybernetic di sekujur tubuhnya.  Usut punya usut ternyata pada masa kecilnya Adam merupakan satu-satunya anak yang selamat dari eksperimen yang dilakukan oleh White Helix Labs.  Akibat dari eksperimen ini, Adam memiliki kondisi tubuh yang sangat compatible untuk dilakukan augmentation.  Adam tidak akan mendapat efek samping akibat dari augmentation atau modifikasi cybernetic.

7. Commander Shepard

Lieutenant Commander Shepard adalah human protagonist dari seri Mass Effect, yang mana gender, penampilan dan nama depan dapat kita ubah sesuai keinginan kita sebagai player.  Di Mass Effect 2, diceritakan bahwa Normandy, spaceship dimana Shepard bertugas di dalamnya, diserang oleh spaceship tak dikenal.  Normandy hancur dan Shepard terpental ke luar angkasa dan mati kehabisan nafas.

Ternyata ada organisasi yang sanggup dan sangat ingin menghidupkan kembali Shepard.  Dengan menggunakan teknologi canggih, tubuh Shepard berhasil di rekonstruksi dan dibangkitkan kembali.  Namun, Shepard bangkit tidak dalam keadaan sempurna seperti sebelumnya, masih terdapat bekas-bekas luka di wajahnya yang mana bekas luka tersebut dapat hilang jika Shepard berfikiran positif atau disebut juga sebagai Paragon Systems.

8. Please Name Your Character

Karakter ini mewakili individu-individu yang tidak memiliki persona yang telah ditentukan oleh developer.  Meskipun begitu, takdir yang diemban mereka tidaklah ringan dan mereka memiliki “hidup baru” akibat hal unik tertentu. Ambil contoh Dragons Dogma, dimana sang protagonis diambil jantungnya oleh The Dragon dan masih tetap hidup.  Usut punya usut, sang naga tersebut tidak sembarangan memilih orang yang akan diambil jantungnya.  Hanya seseorang yang dinilai patut oleh The Dragon lah yang akan diambil jantungnya.  Orang yang bernasib apes ini disebut sebagai Arisen.

Contoh lainnya adalah Grim Dawn.  Di Grim Dawn, protagonis utama merupakan seseorang yang dirasuki oleh Aetherial, mahkluk dari dimensi lain.  Naas baginya, sekelompok orang mencoba membunuhnya dengan harapan Aetherial yang merasukinya akan ikut mati juga.  Beruntung, Aetherial tersebut keluar dari tubuhnya sebelum pembunuhan itu terjadi namun ini menyebabkan si protagonis kehilangan ingatannya.  Dan sudah bisa ditebak, dirinya akan menjalani hidup barunya dengan membunuh Aetherial dan mahkluk-mahkluk aneh lainnya serta menolong sesama manusia.

Itulah sebagian karakter-karakter di dunia game yang karena terpaksa atau tidak harus menjalani hidup barunya.  Apapun yang terjadi, mereka tetap menerima kenyataan dan moved onSo, what say you?

BACA JUGA

Lainnya dari kategori: G | LIST