8 Kebaikan yang Pernah Dilakukan Developer Game untuk Penggemar Mereka

in , , ,

Dengan makin marak dengan yang namanya season pass yang kelihatan hanya untuk narik lebih banyak duit dari kantong gamer, pre-order yang makin lama makin terlihat memaksa, serta banyaknya bug dan glitch pada game di hari pertama rilis, gamer tampaknya mulai kehilangan rasa percaya mereka kepada developer game sekarang ini. Banyak dari kita mulai berpikir developer tak peduli lagi soal fans dan hanya mementingkan uang dari gamer, akan tetapi kita semua salah jika berpikir demikian.

Beberapa developer masih rela luangkan waktu mereka melakukan kebaikan untuk fansnya. Walau mungkin kebaikan tersebut tak terdengar banyak dan spesial untuk kita, untuk mereka yang merasakan sendiri kebaikan dev tersebut? Tentu tak ternilai.

Berikut adalah 8 Hal kebaikan yang pernah dilakukan oleh developer untuk fans mereka.


1. Nintendo – Memberikan Paket Spesial untuk Fans yang Kehilangan Saudaranya.

img_5597__banner-auto-cropping-1

Corey Austen dan adiknya Matt merupakan fans berat Zelda yang sering habiskan waktu mereka bermain dan berbicara soal seri The Legend of Zelda. Mendengar Nintendo sedang kerjakan game baru dari seri tersebut berjudul The Legend of Zelda: Breath of the Wild tentu membuat kedua saudara ini begitu hyped untuk bermain game tersebut bersama.

Sayangnya, harap tersebut tak tercapai karena Matt meninggal pada Mei 2016 karena penyakit epilepsi yang dideritanya. Austen mengirimkan surat ke Nintendo untuk berterima kasih telah memberikan sebuah franchise yang begitu spesial baginya dan juga adiknya, Nintendo yang tersentuh akan isi surat tersebut melakukan 2 hal spesial khusus untuk Corey. Pertama adalah membuat Amiboo wolf link yang merupakan Amiboo dari karakter favorit Matt memberikan konten khusus di Breath of the Wild, dan kemudian mengirimkan paket khusus untuk Corey yang berisi koleksi merchandise bertema The Legend of Zelda. Corey yang tak menyangka akan hadiah dari Nintendo ini hanya bisa berterima kasih kepada Nintendo yang mau meluangkan waktunya untuk membaca pesannya dan juga merespon pesan tersebut.

byktnsv-1024x1024

Cerita lengkapnya bisa dibaca disini


2. Respawn Entertainment – Berikan Paket Spesial untuk Gamer yang Kemalingan

x1jbal5-768x1024

Di malam perayaan Haloween, pria bernama Matt keluar rumah bersama anaknya untuk melakukan trick-n-treat. Saat pulang di rumah, dia terkejut karena pintu rumahnya telah dibuka secara paksa dan juga beberapa barangnya dicuri oleh maling termaksud PS4 yang berisi disk Titanfall 2 didalamnya.

Merasa kesal dan sedih, Matt menceritakan pengalaman buruknya tersebut ke Reddit yang kemudian menjadi pusat perhatian banyak redditor lain. Beberapa saat kemudian dia menerima private message dari Respawn Entertainment sendiri, yang kemudian mengiriminya paket khusus ke rumahnya berisi copy Titanfall 2 baru lengkap dengan tanda tangan masing-masing staff disana berserta merchandise Titanfall 2.

e2ikxkl-1024x768

Cerita lengkapnya bisa dibaca disini.


3. Bethesda – Berikan Sebuah Persembahan untuk Penggemar yang Kehilangan Ayah dan Saudaranya.

crghy4pxyvxzhzknglrz-768x401

NoohjXLVII, seorang redditor yang sekaligus fans Fallout menceritakan kisah sedihnya akan kedekatannya dengan ayah dan saudaranya yang juga penggemar Fallout. Dia bahkan ingin memperlihatkan sebuah bangunan keren yang dia buat di Fallout 4 kepada adiknya, sayangnya hal tersebut tak terealisasikan karena adiknya meninggal setelah koma beberapa hari di ruangan ICU.

Kisah sedih dari redditor ini dibaca oleh Bethesda yang kemudian memutuskan untuk memberikan kejutan untuknya. Tak hanya mengirimkan paket khusus berisi merchandise Fallout didalamnya, Bethesda juga membuat NPC bernama Evan yang merupakan nama dari saudara NoohjXLVII di DLC terakhir Fallout 4 yaitu Nuka World. Di DLC tersebut Evan berperilaku sangat sopan dan ramah kepada pemain dan akan memberikanmu resep crafting secara cuma-cuma tanpa harus membayar atau melakukan quest.

qgbvlxk-1

Baca cerita lengkapnya disini.


4. 11-Bit Studios – Berikan Para Pembajak Game Mereka Secara Gratis di Piratebay

landscape_gaming-this-war-of-mine-06

Di zaman dimana developer sibuk meminta bantuan Denuvo untuk memproteksi game mereka, beberapa developer tak mau merepotkan konsumen original mereka dengan DRM tersebut dan mengerti jika tak semua gamer bajakan punya alasan sendiri kenapa mereka membajak game. 11-Bit Studios, developer indie dari Polandia secara langsung hadir di website The Pirate Bay untuk membagi-bagi secara gratis cd-key dari game This War of Mine yang mereka telah kerjakan 2 tahun.

a9mmxzw_700b

Mereka juga menjelaskan bahwa mereka mengerti bahwa tak semua gamer itu bisa membeli karena masalah tertentu. Perilaku positif yang dilakukan 11-Bit Studios ini tentu membuat banyak gamer yang membuka website tersebut merasa bersalah telah membajak game mereka dan berpaling untuk membeli game tersebut di Steam.


5. Gearbox: Mengenang Fans yang Telah Meninggal Sebagai NPC Setelah Tak Sempat Menepati Janji

maxresdefault-75

Janji memang sulit ditepati khususnya disaat kamu harus selesaikan game sebesar Borderlands 2. Seorang penggemar bernama Carlo menuliskan pesan email ke Gearbox yang berharap mereka mau meluangkan waktu mereka untuk melakukan sesuatu untuk temannya Michael Mamaril yang sedang melawan penyakit kankernya, dia ingin mereka mau mengucapkan sebuah kata-kata semangat untuk temannya dengan suara Claptrap yang merupakan karakter favoritnya.

Sayangnya, Mamaril meninggal pada usia 22 tahun dan Gearbox terlambat menepati janji tersebut. Merasa bersalah mereka mencoba untuk mengenang Mamaril dengan menjadikannya NPC di Borderlands 2 yang akan memberikanmu item bagus serta achievement khusus apabila kamu berhasil menemuinya.


6.  Karyawan Playstation – Memodifikasi Kontroler PS4 untuk Gamer dengan Cerebral Palsy

daass-1024x597

Seorang gamer asal New Jersey, Amerika Serikat bernama Peter Byrne menghubungi pihak Playstation Support mengenai masalahnya terhadap kontroler DualShock 4 miliknya. Peter memang memiliki keterbatasan dimana ia menderita Cerebral Palsy, kondisi dimana terganggunya fungsi otak dan jaringan saraf yang mengendalikan gerakan (wikipedia) yang menyebabkan kanan kirinya diam dalam posisi tertekuk tanpa bisa berada di dalam posisi normal.

Ajmal Alex Nawabi, salah satu karyawan di Sony merasa tidak enak melihat desain baru controller PS4 ini dapat merepotkan beberapa gamer dengan keterbatasan seperti Peter dan mencoba untuk mencari solusi yang tepat untuk masalah tersebut. Setelah melakukan riset sana-sini, Ajmal mengirimkan sebuah kontroller khusus yang telah dimodifikasi khusus untuk Peter. Ajmal juga akan persiapkan controller yang lain jaga-jaga controller hasil modifikasinya tersebut belum efektif.

11215876_1133731226642800_4814404651043435974_n

Baca cerita lengkapnya disini.


7. PM Studios – Berterima Kasih Kepada Pembajak

maxresdefault-5-768x432

Hampir sama seperti 11-Bit Studios, developer dari SUPERBEAT XONiC ini bukannya marah disaat mengetahui jika game mereka dibajak oleh banyak gamer, developer ini justru berterima kasih kepada para pembajak karena telah “mencoba game mereka”. Tak hanya itu saja mereka juga mengajak gamer bajakan yang berkumpul di Reddit ini untuk “berpartisipasi” membeli game tersebut dengan harga diskon.

discount

 

Walau mungkin tidak memberikan game gratis seperti 11-Bit Studios, sikap ramah dari developer ini tetap membuat para gamer bajakan dari game tersebut terkejut dan berpaling ke original.

Baca cerita lengkapnya disini.


8. Techland – Meminta Bantuan Orang Tua Fans yang Telah Meninggal untuk Membuat Tribute di Game

uid_980e4f47253bcc3858d0ab0ecfdbd6b91450414812522_width_633_play_0_pos_0_gs_0_height_355

Youtuber dengan nama BadWolfGaming mungkin terdengar asing untuk kalian, dan saya bisa mengerti hal tersebut karena Youtuber ini hanya memiliki subscriber sebanyak 1k. Akan tetapi hal tersebut tidak berarti developer akan mengabaikan permohonan orang tua almarhum begitu saja. Ya, BadWolfGaming meninggal tahun lalu setelah melawan tumor pada daerah perutnya, dia bahkan tak sempat untuk membuat video dari game yang paling diantisipasinya yaitu Dying Light karena sibuk mengobati penyakitnya tersebut.

Saudara dan Ibu dari pria yang bernama asli David ini menghubungi pihak Techland untuk memberitahu betapa senangnya David dengan game Zombie buatan mereka. Techland merasa tersentuh akan kisah dari saudara dan ibu David dan memutuskan untuk membawa mereka berdua ke kantor Techland yang berlokais di Polandia untuk membantu mereka membuat in-game tribute untuk David. Hasil akhirnya ada sebua graffiti sederhana yang mungkin tak terdengar spesial bagi kalian, namun sangat berarti untuk kerabat David.

9bee815d7a06d5a3d5ff69abb91bc5c9-650-80

Agar lebih mengapresiasi & support hasil kerja keras para developer – developer diatas, ada baiknya kita sebagai gamer menggunakan produk original mereka. Di Play Inc kamu dapat membeli game console, PC, dan aksesoris gaming lainnya nya dengan harga kompetitif serta pelayanan yang memuaskan 24/7 untuk dedicated gamer seperti kamu.

 

[fb_plugin page href=https://www.facebook.com/playincstore]

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.