8 Mod Cyberpunk 2077 yang Mungkin Dapat Tingkatkan Pengalaman Bermainmu

Tctblahrjgeeeubd2xyr3f

Sebelumnya menjadi game paling diantisipasi di akhir tahun 2020, Cyberpunk 2077 seketika menuai kritik pedas dan pers buruk setelah perilisannya. Masalah teknis yang banjiri game khususnya versi console membuat pengalaman bermain game terbaru CDPR jauh dari kata optimal. Bagi kamu yang bermain di PC, game ini mungkin bisa kamu tamatkan tanpa masalah serius selain dari bug dan glitch, namun sebuah bohong besar apabila banyak celah yang membuat game ini jauh dari mencapai potensi terbaiknya.

Positifnya bermain di PC ialah apabila developer belum siap untuk merilis patch baru, selalu ada komunitas yang “kerajinan” untuk memperbaiki game dengan cara mereka sendiri. Pada list kali ini, kami akan berikan beberapa mod yang mungkin dapat meningkatkan pengalaman bermain Cyberpunk 2077-mu. Tanpa panjang lebar lagi, berikut mod yang dimaksud:


1. Borderlandfy 2077

Cyberpunk 2077 dan Borderlands adalah dua game yang jauh berbeda meski miliki beberapa elemen yang mirip, namun satu sentuhan kecil pada gaya visual dapat membuat game CDPR ini terlihat seperti sekuel baru franchise garapan Gearbox tersebut.

Dengan mod reshade ini, tiap objek akan miliki efek cel-shade yang khas dengan gaya visual dari Borderlands. Apabila dilihat secara sekilas, game terlihat amat mirip dengan franchise looter-shooter tersebut. Bagi kamu yang ingin visual di game ini terlihat lebih stylish, mungkin mod ini menjadi salah satu pilihan

Download


2. Better Controls Menu

Untuk studio yang telah eksis selama hampir dua dekade, CDPR seharusnya sudah tahu akan pentingnya opsi key-binding khususnya di PC. Meskipun game ini memilikinya, banyak kontrol yang tidak disediakan, membuat kamu terpaksa stuck dengan kombinasi tombol yang mereka pikir “nyaman”.

Kalau saya pribadi, membuat tombol “dodge” sebagai double-tap tombol bergerak ialah ide terbodoh untuk game semacam ini. Untungnya mod sederhana dari Nibrodooh ini perbaiki masalah tersebut bersamaan dengan beberapa konfigurasi lainnya yang game tidak muat.

Download


3. Better Vehicle Handling

CDPR tak miliki portofolio akan game berlatar modern, maka sedikit wajar apabila eksekusi mereka di handling kendaraan beroda sedikit kaku dibandingkan game garapan studio open-world lain seperti Rockstar atau Ubisoft. Mod dari CalinZ2 ini akan memberikan sedikit perbaikan pada kontrol berkendara di game, membuatnya belokan tajam lebih mudah dieksekusi dan tidak begitu terkesan seperti berbelok di lantai es. Masih jauh dari handling layaknya game seperti Forza atau Gran Turismo, tetapi setidaknya ada sedikit usaha untuk memperbaiki.

Download


4. Cyber Engine Tweaks

Cyberpunk 2077 penuh dengan masalah teknis yang dimana CDPR sedang perbaiki lewat patch secepat mungkin. Bahkan dengan PC hardware kencang, game mungkin tidak berjalan seoptimal mungkin. Cyber Engine Tweaks mencoba perbaiki setiap masalah tersebut selagi developer kembangkan update.

Mod ini tak hanya perbaiki masalah seperti SMT pada CPU Ryzen, tetapi juga menghadirkan berbagai menu debug yang dapat kamu atur sesuai keinginanmu.

Download


5. Instant Dissamble/Crafting

Cyberpunk 2077 punya masalah serupa dengan Animal Crossing pada fitur crafting mereka – tiada opsi membuat banyak sekaligus. Hal tersebut sangat menjengkelkan di Animal Crossing dan lebih menjengkelkan lagi disini karena kamu selalu butuh ammo dan semakin tingginya bahan crafting yang dibutuhkan untuk upgrade level tinggi. Absennya suara ataupun musik selagi crafting layaknya di Animal Crossing menambah amarah selama crafting/dissamble di game ini.

Mod sederhana ini mencoba mempercepat proses tersebut dan meskipun masih tidak menjadi solusi absolut, setidaknya mengurangi buang-buang waktu khususnya mereka yang menginvestasi skill point mereka ke pasif crafting.

Download


6. Arasaka Appearance Updater

Cyberpunk 2077 mungkin tawarkan kustomisasi yang begitu detil hingga alat kelamin bisa diatur, namun entah kenapa game tidak biarkan pemain mengubah kembali penampilan mereka sesudahnya. Di dunia dimana orang bisa memasang implant dan mengubah bagian tubuhnya secara total, sebuah kesempatan yang dibuang sia-sia untuk tidak hadirkan semacam salon atau dokter operasi plastik.

Mod ini tidak berikan lokasi baru, tetapi setidaknya memberikan opsi untuk mengubah V kapanpun apabila kamu bosan atau ada hal yang kamu tak sengaja lakukan selama kustomisasi awal. Masih diharapkan CDPR dapat memberikan solusi sebenarnya nanti lewat patch, namun untuk sementara mod ini menjadi opsi yang gamer PC miliki.

Download


7. Climate Change Mod

Hujan dan tidak hujan, itulah cuaca yang ada di Cyberpunk 2077, setidaknya dari yang saya ingat selama bermain. Mod dari essenthy ini memberikan lebih banyak varian cuaca yang membuat Night City lebih atmosferik. Bahkan secara tidak langsung mod cuaca ini dapat membuat Cyberpunk 2077-mu terlihat seperti rekreasi Blade Runner karena kabut dan pencahayaan yang lebih muram.

Download


8. Ultra Enhanced Reshade

Cyberpunk 2077 miliki visual yang cantik, namun modder selalu miliki cara untuk lebih mempercantiknya lagi. Mod reshade ini berikan detil visual yang lebih gelap namun di sisi lain juga berikan efek sharpening yang lebih tajam daripada yang ditawarkan versi vanilla. Efek performa yang disebabkan juga sangat minim. Apabila kamu tidak terlalu puas dengan kontrasdan komposisi warna yang ditawarkan versi vanilla, mungkin reshade satu ini menjadi pilihanmu.

Download


Honorable Mention – JB TPP Mod (work-in-progress)

Banyak yang kecewa dengan Cyberpunk 2077 karena game mengusung perspektif first-person, mod satu ini mencoba kabulkan permohonan untuk perspektif kamera yang berbeda namun untuk sementara masih jauh dari kata sempurna. Melihat game ini tidak dikembangkan untuk third-person sama sekali, CDPR tidak begitu memperhatikan aspek animasi di luar dari perspektif pemain. Hal ini wajar dan masuk akal untuk para developer, banyak game FPS lainnya yang melakukan hal serupa.

Melihat masih begitu kaku dan anehnya animasi third-person, mod ini hanya kami taruh di honorable mention bagi yang penasaran semata.

Download

Exit mobile version