8 Perubahan Kecil di Windows 11 yang Seringkali Tidak Banyak Disadari

Perubahan Windows 11

Microsoft dengan sistem operasi terbarunya Windows 11, menggembar-gemborkan tentang banyaknya perubahan besar yang akan dihadirkan pada sistem operasi terbaru mereka. Perubahan menyeluruh pada tampilan, Start Menu, Taskbar, Setting yang diperbaharui, penambahan fungsi Widget, hingga tampilan File Explorer yang dirombak total.

Ternyata, selain beberapa perubahan di atas, masih ada sejumlah perubahan yang seringkali tidak banyak disadari, diantaranya:

1. Estimasi Waktu Yang Dibutuhkan Windows Update

8 Perubahan Kecil di Windows 11 yang Seringkali Tidak Banyak Disadari 12

Windows 11 dilengkapi dengan fitur yang memberitahu penggunanya berapa lama waktu yang dibutuhkan Windows Update untuk melakukan pembaruan. Hal ini sangat berguna, karena dengan adanya estimasi waktu tersebut, pengguna akan dapat dengan mudah menyesuaikan dengan waktu yang dibutuhkan.

Dan ketika pembaruan memerlukan restart device pengguna, Windows Update akan memberi tahu estimasi waktu yang dibutuhkan.

2. Volume Mixer Yang Baru

Di Windows 11, Volume Mixer tidak akan sama dengan pendahulunya. Ketika kamu mengklik kanan ikon speaker di area notifikasi baru, pengaturan akan membuka Volume Mixer yang benar-benar baru.

Dengan Volume Mixer yang baru ini, pengguna dapat mengontrol volume sistem, mengontrol perangkat input output, dan mengontrol suara per aplikasi. Selain itu, Microsoft juga memperbaharui halaman properti untuk speaker dan mikrofon. Dengan ikonografi berkualitas tinggi, termasuk di dalamnya informasi driver, pemeriksaan pembaruan, dan opsi untuk memblokir aplikasi dari akses ke perangkat.

3. Context Menu Juga Baru

Dalam versi terbaru Windows ini, Microsoft memperkenalkan Context Menu yang baru untuk File Explorer, dan Desktop. Sebagai contoh, saat pengguna mengklik kanan sebuah item, akan ada menu baru yang menyertakan beberapa Quick Access. Cut, Copy, Rename, Share, Recycle, dan akan berbeda tergantung pada item yang dipilih oleh pengguna.

Meski demikian, pengguna tetap dapat menggunakan menu klasik dengan menekan Show More, atau dengan tombol Shift + F10.

4. Network Adapters Lebih Mudah Diakses

Di Windows terdahulu, pengguna harus menggunakan Control Panel untuk dapat mengakses Network Adapters. Di Windows 11, dengan Setting yang baru, dapat dengan cepat mengaktifkan dan menonaktifkan adaptor Wi-Fi dan Ethernet.

Dan seperti fungsi pada smartphone, pengguna juga dapat melihat status pengunaan jaringan real-time.

5. Mengontrol Background Application

Biasanya, aplikasi yang diunduh dari Microsoft Store dapat terus berjalan di latar belakang untuk menyediakan fungsi tambahan, termasuk menampilkan pemberitahuan. Di Windows 11 Setting, halaman untuk mengelola aplikasi mena yang harus berjalan di latar belakang sudah tidak ada lagi.

Fitur yang ditawarkan seperti pada Windows 10 belum dihapus, sehinggan memungkinkan pengguna Windows 11 untuk mengontrol Background Application secara menyeluruh.

6. Windows Backup Dan Pencadangan

Di sistem operasi terbarunya, Microsoft mendesain ulang Windows Backup sedemikian rupa. Dengan Windows Backup yang terbaru, Microsoft yakin bahwa perubahan kecil ini akan sangat berguna bagi para penggunanya. Termasuk di dalamnya mencadangkan file, opsi untuk menyinkronkan preferensi pengguna dan daftar aplikasi yang digunakan di seluruh perangkat.

Meski semuanya baru dan mungkin membingungkan sebagian pengguna, Windows Backup masih dapat diakses melalui Control Panel.

7. Beberapa Opsi File Explorer Hilang

8 Perubahan Kecil di Windows 11 yang Seringkali Tidak Banyak Disadari 13

Versi terbaru File Explorer Windows 11 ini mengusung tema minimalis yang hanya menampilkan perintah penting untuk melakukan Copy, Paste, Cut, dan Create New Folder. Fungsi seperti yang ada pada Windows sebelumnya terletak pada See More.

8 Perubahan Kecil di Windows 11 yang Seringkali Tidak Banyak Disadari 14

Dengan tampilan yang simpel, menu Layout And View Option agaknya masih mencantumkan opsi untuk memperlihatkan item dalam ukuran yang berbeda.

Selain itu, submenu Show juga menyertakan opsi untuk mengelola tampilan panel kiri, menampilkan ekstensi, maupun item tersembunyi. Menu See More juga akan menampilkan perintah dan pilihan yang berbeda-beda pula.

8. Taskbar Yang… Lebih Tinggi?

Hampir dipastikan pengguna Windows tidak akan sadar dengan perubahan yang satu ini. Meskipun masih terlihat mirip dengan versi sebelumnya, Microsoft menambahkan banyak peningkatan baru dengan mengusung model perataan tengah. Dengan taskbar yang sekarang lebih tinggi 6 Pixel, setidaknya perubahan tersebut tidak dapat dilihat kecuali dengan membandingkan.

Itulah beberapa perubahan di Windows 11 yang sering tidak disadari. Gimana menurut kalian, apakah masih ada yang bisa ditambahkan untuk beberapa perubahan di atas?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version