8 Power Supply Terbaik untuk Komputer di Tahun 2021

Power Supply Terbaik Untuk Komputer Tahun 2021

Memilih sebuah power supply atau PSU untuk komputer tentu memiliki standar tersendiri. Layaknya jantung manusia yang memompa darah, PSU memiliki peran untuk pastikan pasokan daya ke komponen tercukupi dengan baik.

Tak hanya itu, power supply umumnya dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan untuk pastikan komponen komputer terjaga dengan baik. Bila tidak memiliki fitur kemanan, biasanya power supply tersebut dipastikan kaleng-kaleng dan beresiko merusak komponen pada komputer milikmu.

Selain fitur keamanan, tiap pengguna tentu memiliki kebutuhan akan besaran daya yang tak sama. Mungkin di antaranya untuk kebutuhan mining, server, content creation, maupun gaming, besaran daya yang dibutuhkan pasti akan berbeda.

Buat kamu-kamu yang sedang mencari referensi, inilah 8 power supply terbaik untuk komputer di tahun 2021.

Eits, Tentukan Kebutuhan Daya Terlebih Dahulu!

Sebelum masuk ke deretan power supply terbaik, kamu harus memastikan bahwa kebutuhan dayamu terpenuhi. Langkah ini diperlukan untuk pastikanmu manfaatkan kemampuan PSU secara optimal.

Kamu bisa mencoba salah satu dari power supply calculator yang cukup dikenal di bawah ini:

PC Part Picker

Seasonic Wattage Calculator

Setelah kalian coba masukkan semua komponen yang kalian miliki, akan terlihat besaran daya yang dibutuhkan berikut rekomendasi power supply ideal.

Setelahnya, Tentukan Ukuran Power Supply

Buat yang belum tahu, PSU miliki ukuran berbeda-beda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Setidaknya, ada beberapa ukuran power supply yang umum kita gunakan di tanah air, di antaranya adalah:

Semua ukuran power supply di atas tentu harus disesuaikan dengan case yang kalian gunakan. Karena bila sampai salah ukuran, bisa-bisa PSU yang kalian beli tak akan muat dengan case milikmu.

Jangan Lupa Cek Sertifikasi 80 Plus

Ketika mencari sebuah power supply terbaik, icon 80 Plus merupakan sesuatu yang sama sekali tak boleh dilewatkan. Ada beberapa tier 80 Plus yang menentukan besaran efisiensi daya yang mampu ditawarkan oleh sebuah power supply, di antaranya adalah:

Melihat tier di atas, sudah barang tentu sebuah PSU yang tawarkan efisiensi terbesar umum dibanderol mahal. Jadi, kalian harus menentukan PSU mana yang cocok untuk kantong kalian dulu sebelum membeli ya, brott!

Power Supply Terbaik untuk Komputer di Tahun 2021

Setelah membahas beberapa poin penting di atas, kini kita kembali ke pembahasan utama, yakni menentukan power supply terbaik untuk komputer. Sebenarnya, masih ada bejibun faktor lain yang dapat kalian jadikan tolak ukur untuk menentukan kualitas sebuah PSU, di antaranya kapasitor. Namun, untuk hemat waktu, kami akan lakukan itu di lain kesempatan, brott.

Inilah 8 power supply terbaik untuk komputer di tahun 2021 yang bisa kalian pertimbangkan.

Ukuran ATX

Karena ada beberapa ukuran yang kami sebutkan tadi, kami akan berikan beberapa rekomendasi sesuai dengan ukuran yang ditawarkan, mulai dari size ATX.

1. DEEPCOOL DN500W

Rekomendasi ini kami awali dengan produk dari DEEPCOOL yang menawarkan besaran 500W. PSU ini tawarkan efisiensi paling standar, namun kabel yang ditanamkan sudah flat cable, mudahkanmu untuk lakukan cable management. Tersemat 80 Plus merupakan sebuah kelebihan tersendiri untuk PSU ini.

Tawarkan ukuran ATX dan dibanderol sekitar 500 Ribuan, tak ragu kami masukkan power supply ini ke dalam rekomendasi versi kami. Berdasarkan pengalaman penulis, poin tambahan untuk PSU ini terletak pada silent fan berukuran 120mm yang tertanam di dalamnya. Selain itu, brand ini berani berikan warranty yang cukup panjang, yaitu 5 tahun.

2. MSI MAG A550BN

Produk kedua yang merupakan power supply terbaik versi kami jatuh pada brand MSI dengan MAG A550BN. Dengan 80 Plus Bronze, PSU ini mampu berikan efisiensi melebihi rekomendasi awal kami bila kamu memerlukannya. Namun, untuk kamu yang baru saja merakit sebuah komputer, tak ada salahnya bila kamu langsung memilih power supply satu ini.

Masih tawarkan ukuran ATX, kamu sudah bisa mendapatkan PSU ini mulai dari 600 Ribuan. Selain menawarkan efisiensi yang sedikit ‘lebih’, tak lupa brand ini bekali PSU dengan warranty selama 5 tahun lamanya.

3. BE QUIET! Pure Power 11 650W-FM

Kami rasa hampir tidak ada yang tak kenal dengan brand satu ini. BE QUIET! merupakan sebuah brand asal Jerman yang memfokuskan produk berkategori low-noise, dan kalian bisa merasakannya dengan Pure Power 11.

Meski berukuran ATX, namun efisiensi yang ditawarkan sudah kami rasa memadai untuk kebutuhan gaming dan content creation yang cukup menuntut. Berada di kisaran 1 Jutaan, kamu sudah bisa menikmati efisiensi 80 Plus Gold disertai full-modular untuk mudahkanmu lakukan cable management. Selain itu, brand ini pun tawarkan warranty selama 5 tahun.

4. SEASONIC Prime Titanium TX-650

Bila semua power supply di atas dirasa kurang cukup untuk penuhi kebutuhanmu, mungkin kamu harus pertimbangkan power supply satu ini. SEASONIC Prime Titanium tawarkan efisiensi terbesar di kelasnya, yaitu 80 Plus Titanium, ditambah dengan low-noise fan.

Dibanderol 2 Jutaan, rasanya sebuah nilai yang menurut kami cukup mantap karena brand ini membekalinya warranty selama 12 tahun lamanya. Selain itu, kabel full-modular tentu akan mempermudahmu lakukan cable management di case yang terbatas.

Ukuran SFX dan SFX-L

Berikutnya kami akan berikan beberapa rekomendasi power supply dengan ukuran SFX dan SFX-L bersamaan. Kami melakukan ini karena ukuran antara dua size ini tak terlalu berbeda, brott.

1. FSP SFX PRO 450W

Rekomendasi utama untuk power supply berukuran SFX ini ditempati oleh brand bernama FSP dengan SFX PRO 450W miliknya. Bukan bermaksud mempromosikan brand ini, namun PSU dengan efisiensi 80 Plus Bronze ini nyatanya merupakan hot item yang kerap direkomendasikan.

Miliki size SFX, harga yang diberikan cukup mahal, yaitu mulai 900 Ribuan. Berbekal warranty selama 5 tahun, kami rasa ini merupakan power supply terbaik dan bersahabat di range harga ini.

2. COOLER MASTER V650 SFX

Di urutan kedua, Cooler Master ternyata berhasil mengamankan posisi di kategori PSU berukuran compact alias mungil ini. Tawarkan efisiensi 80 Plus Gold, power supply berukuran SFX ini tawarkan kemampuan yang tak kalah dengan ukuran ATX.

Dibanderol 1 Jutaan, kami merasa harga tersebut sudah cukup ideal mengingat perkabelan sudah full-modular dan sudah flat-cable mudahkanmu cable management. Tak hanya itu, brand ini terlihat percaya diri dengan bekali warranty selama 10 tahun, buatnya cukup disegani kompetitor.

3. SILVERSTONE SX700-LPT

Pemain lama yang cukup dikenal adalah SILVERSTONE dengan SX700-LPT miliknya. Miliki size SFX-L, yang memang sedikit lebih besar namun tawarkan efisiensi 80 Plus Platinum.

Dibanderol mulai 2 Jutaan, dengan perkabelan yang sudah full-modular tentu takkan buatmu kalah menjinakkan kabel di case kecil. Sayangnya, brand lama ini hanya mampu berani berikan warranty 5 tahun, yang buatmu harus mempertimbangkannya kembali.

4. CORSAIR SF750

Rekomendasi terakhir dari kami untuk power supply berukuran SFX dikuasai oleh Corsair.

PSU berukuran mini ini menawarkan efisiensi 80 Plus Platinum, dan ditandem dengan warranty selama 7 tahun. Dibanderol mulai dari 2 Jutaan, kami cukup yakin bahwa power supply ini sudah mencukupi kebutuhan gaming maupun content creation yang kamu lakukan. Terakhir, PSU ini pun dibekali fitur full-modular permudah cable management-mu.

Verdict

Memilih sebuah power supply terbaik untuk komputer yang andal ternyata tak semudah yang dibayangkan. Selain harus memperhatikan efisiensi, ternyata kita harus melihat ukuran, warranty, bahkan faktor lainnya yang mungkin harus kita pertimbangkan, terutama harga.

Dengan ukuran paling umum, yaitu ATX dan SFX, sebuah power supply atau PSU mampu memasok daya secara optimal ke semua komponen. Pastikan untuk menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhanmu ya, brott!

Gimana brott, apakah rekomendasi power supply untuk komputer di tahun 2021 kami sudah informatif atau masih ada yang harus ditambahkan?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version