8 Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik untuk Pemula

Aplikasi Edit Video Pc Gratis Terbaik

Mengedit video tidak harus menggunakan aplikasi berbayar, karena kali ini kami akan memberikan rekomendasi aplikasi edit video PC gratis terbaik. Dengan fitur dan fungsi yang kurang lebih sama, umumnya aplikasi edit video gratis ini digunakan oleh para pemula.

Pembuatan konten berupa video, entah itu untuk Youtube maupun keperluan lainnya, tentu membutuhkan aplikasi edit video. Sehingga, aplikasi edit video PC gratis terbaik ini bisa kamu jadikan alternatif buat kamu yang tengah mendalami dunia video editing.

Tidak perlu khawatir dengan spesifikasi yang dibutuhkan, karena aplikasi edit video ini termasuk cukup ringan, brott. Nah, daripada kamu bingung, berikut daftar aplikasi edit video PC gratis terbaik yang bisa kamu gunakan.

1. Wondershare Filmora

Link Detil

Sebagai salah satu aplikasi edit video PC gratis, Filmora cukup dikenal dengan baik karena berbagai kemudahan yang ditawarkan. Spesifikasi yang dibutuhkan juga tidak terlalu menuntut, sehingga bisa digunakan PC yang memiliki spesifikasi kentang sekalipun.

Namanya gratis, tentu ada berbagai batasan yang harus kita terima, seperti ditambahkannya watermark pada video yang telah kita edit tersebut. Kamu harus berlangganan Filmora untuk menghilangkannya, namun buat yang baru belajar edit video, rasanya hal ini tidak akan menjadi permasalahan.

Kelebihan dan Kekurangan Filmora

+ Bisa digunakan secara gratis, termasuk plug-in

+ Memiliki tampilan yang simpel, sehingga cocok untuk pemula

– Hasil video akan diberi Watermark dari aplikasi

2. HitFilm Express

Link Detil

Aplikasi edit video PC yang tidak kalah bagus adalah HitFilm Express. Meskipun gratis, aplikasi satu ini memberikan segudang fitur menarik yang bahkan diklaim mampu bersaing dengan aplikasi berbayar sekalipun. Spesifikasi yang dibutuhkan pun termasuk ringan, sehingga dapat digunakan di PC apapun.

Menyasar para pemula, aplikasi ini juga menawarkan tutorial secara gratis, termasuk peniadaan watermark pada video yang telah di-edit. Aplikasi satu ini sangat cocok buat kamu yang sedang belajar video editing dan gak mau pusing berlangganan sana-sini.

Kelebihan dan Kekurangan HitFilm Express

+ Tutorial gratis untuk membantu para pemula

+ Segudang fitur yang bisa kamu manfaatkan

– Tampilan sedikit bertumpuk yang mungkin akan membingungkan pemula

3. VSDC Video Editor

Link Detil

Aplikasi VSDC Video Editor juga tidak kalah bagusnya, loh brott. Sama seperti HitFilm Express yang menawarkan hampir semua fungsi secara gratis, aplikasi edit video PC ini juga memberikan kebebasan watermark.

Dengan tampilan yang simpel, VSDC menawarkan pilihan transisi, efek, dan pengeditan non-linear yang tentunya bisa kamu bandingkan dengan aplikasi lain. Selain itu, aplikasi ini juga akan cocok untuk pemula yang ingin mendalami video editing.

Kelebihan dan Kekurangan VSDC Video Editor

+ Gratis, dan termasuk ringan

+ Tanpa watermark, dan menawarkan pilihan efek yang cukup lengkap

– Hanya support Windows

4. Shotcut

Link Detil

Berdasarkan informasi yang dimuat situs Shotcut, aplikasi edit video PC ini ternyata merupakan cross-platform video editor. Aplikasi edit video PC ini juga menawarkan segudang fitur yang tentunya tidak kalah dengan aplikasi di list ini.

Selain mampu menghasilkan video tanpa watermark, pengguna bisa memotong, menggabungkan beberapa video, hingga menambahkan berbagai efek. Kelebihan Shotcut lainnya adalah sejumlah shortcut keyboard yang tentu akan memudahkan pengguna.

Kelebihan dan Kekurangan Shotcut

+ Gratis, ringan, dan mudah digunakan

+ Multiplatform, mendukung hampir semua sistem operasi

– Memiliki tampilan yang sederhana

5. Avidemux

Link Detil

Salah satu aplikasi edit video PC gratis terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Avidemux. Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur-fitur dasar yang lebih diperuntukkan untuk para pemula yang tidak ingin ribet.

Aplikasi ini memang terlihat sederhana, namun sudah mendukung banyak jenis format file video, sehingga hasilnya tentu dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Tidak lupa bahwa aplikasi edit video ini termasuk sangat ringan, sehingga dapat digunakan pada PC dengan spesifikasi kentang.

Kelebihan dan Kekurangan Avidemux

+ Tampilan sederhana, gratis, dan ringan

– Sudah lama tidak diberikan update

6. OpenShot

Link Detil

Selain aplikasi edit video di atas, OpenShot juga merupakan salah satu aplikasi yang tidak kalah bagusnya. Video editor satu ini termasuk mudah digunakan, cepat dipelajari, dan memiliki segudang fitur yang bisa digunakan para pemula.

Merupakan open-source, sehingga menjadikan aplikasi layak dipertimbangkan oleh para pemula yang baru saja terjun ke dunia video editing. Meski gratis, namun aplikasi ini juga tidak kalah dengan aplikasi berbayar karena telah dipersenjatai segudang fitur.

Kelebihan dan kekurangan OpenShot

+ Gratis, dan memiliki fitur yang mumpuni

– Membutuhkan 500GB penyimpanan internal untuk pemrosesan

7. Machete Video Editor Lite

Link Detil

Dengan tampilan yang minimalis dan dibuat sesederhana mungkin, menjadikan Machete Video Editor Lite ini aplikasi edit video PC gratis terbaik. Spesifikasi yang dibutuhkan juga tidak terlalu menuntut, bahkan PC dan laptop dengan spesifikasi kentang sekalipun diklaim bisa menjalankannya dengan cepat.

Merupakan versi gratis dari Machete yang berbayar, aplikasi edit video versi lite ini ditujukan untuk proses edit video secara cepat. Selain menawarkan fitur dasar, aplikasi ini juga mampu untuk menghilangkan audio dari video yang ingin di-edit.

Kelebihan dan Kekurangan Machete Video Editor Lite

+ Sangat ringan, dan sangat sederhana

– Fitur yang ditawarkan pun sangat terbatas

8. Blender

Link Detil

Siapa sangka Blender ternyata menawarkan fungsi edit video secara gratis. Selain ringan dan gratis, Blender bahkan bisa digunakan untuk spesifikasi kentang sekalipun. Namun jangan salah, karena meski gratis, fitur yang ditawarkan cukup lengkap, dan tidak kalah dengan aplikasi berbayar sekalipun.

Fitur yang ditawarkan pun cukup beragam, yang nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Dengan kelebihan tersebut, tidak salah bila Blender juga kami rekomendasikan ke dalam list aplikasi edit video PC gratis terbaik.

Kelebihan dan Kekurangan Blender

+ Gratis, ringan, dan dapat digunakan hampir semua OS

+ Fitur cukup lengkap

– Tampilan yang mungkin sedikit ribet

Nah, kira-kira itulah beberapa rekomendasi aplikasi edit video PC gratis terbaik untuk pemula yang menurut kami bisa kamu coba sekarang. Meskipun gratis, namun tidak ada salahnya kita mencobanya terlebih dahulu sebelum terjun lebih dalam ke dunia video editing.

Selain itu, edit di PC akan jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan melakukan edit dari smartphone. Proses akan jauh lebih mudah berkat layar yang lebih besar serta kombinasi keyboard yang akan mempercepat proses secara keseluruhan. Selamat mencoba aplikasi edit video PC gratits terbaik ini ya brott!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version