8 Software Perekam Layar PC Gratis Tanpa Watermark yang Wajib Kamu Punya


Follow Us

Sebagai gamer, YouTuber, atau media video game seperti kami, video gameplay tentu menjadi salah satu konten utama yang sangat krusial. Oleh karena itulah, software perekam layar menjadi satu dari sekian banyak software penting yang harus dimiliki.

Nulis artikel dibayar

Banyaknya software perekam layar yang tersebar di internet tak hanya janjikan video yang powerful, namun juga membantumu untuk membuat konten yang kamu butuhkan. Sayang, terkadang mereka memberikan berbagai batasan seperti demo beberapa hari saja, tak kompatibel dengan video game, free version dengan batasan rekam, hingga yang paling menjengkelkan adalah watermark. Namun tenang, gamebrott telah merangkumkan sebanyak delapan software perekam layar untuk PC yang wajib kamu punya ngga pake ribet. Software di bawah akan memiliki 9 ciri seperti berikut:

  1. Gratis
  2. Tanpa batas rekam meski versi gratis (untuk beberapa software yang miliki fitur premium/bayar)
  3. Tanpa watermark meski versi gratis (untuk beberapa software yang miliki fitur premium/bayar)
  4. Bisa Format MP4
  5. Cocok untuk Rekam Game dan Kegiatan Desktop (hybrid)
  6. Tak gunakan kapasitas HDD besar
  7. Tak gunakan resource besar saat merekam video game
  8. Support 1080p ke atas dan 60 fps ke atas
  9. Masih update hingga sekarang

Software dengan ciri di atas juga kami urutkan dari kualitas dan fungsi yang cukup hingga yang terbaik meskipun nyaris semuanya merupakan software yang baik setelah kami coba sendiri. Tidak seperti beberapa software layaknya XSplit Gamecaster atau Ezvid, software yang kami rekomendasikan merupakan software tanpa batasan meski beberapa miliki versi gratis. Oke, ngga perlu menunggu lama lagi, yuk langsung saja!

8. Atomi Active Presenter


Software ini sebenarnya ditujukan untuk melakukan presentasi karena ia satu paket dengan fungsi presentasi layaknya Microsoft Powerpoint dan video editing setelah rekaman layar. Namun untuk kamu para content creator, Atomi Active Presenter bisa menjadi salah satu pilihan untuk merekam layar desktopmu. Khususnya kamu yang ingin berikan tutorial atau sekedar main game biasa. Meskipun miliki fitur premium, namun versi gratisnya lebih dari cukup. Terlebih ia tak miliki batasan rekam dan watermark. Nice!

Download Atomi Active Presenter

7. Windows 10 Game Bar


Bagi kamu pemilik OS Windows 10 Pro atau Windows 10 pada umumnya, kamu ngga perlu download software tambahan lagi untuk sekedar rekam layar karena Microsoft telah suguhkan apa yang kamu butuhkan. Ia adalah Game Bar. Software ini didesain kompatibel dengan video game, mengingat ia juga dikerjakan oleh tim yang juga mengerjakan software Xbox.

Ngga Perlu Download, Cek di Search Windows

6. Debut Video Capture


Software perekam layar gratis yang satu ini memang miliki desain yang ketinggalan zaman, namun di balik kejadulannya, ia miliki kemampuan yang luar biasa. Tak hanya merekam layarmu, Debut Video Capture juga bisa merekam dari beberapa hardware external seperti webcam hingga CCTV. Ia juga bisa merekam sesuai jadwal yang telah kamu tentukan.

Download Debut Video Capture

5. Flashback Express by Blue Berry Software


Flashback Express dari Blue Berry Software ini merupakan software perekam layar berbayar namun dengan versi gratis yang ngga pelit dan mostly kamu butuhkan. Ia bisa digunakan oleh pemula dengan sangat mudah. Kamu bisa merekam kegiatan desktop dan gaming dalam sekejap, memilih area mana yang ingin kamu rekam, fps berapa yang kamu inginkan, hingga hilangkan icon desktop yang berantakan, cukup praktis dan mudah. Versi berbayarnya akan berimu kemampuan editing, tambahkan teks, hingga yang lain. Tapi, hey, merekam video dan mengeditnya di software lain yang lebih lengkap karena didedikasikan untuk editing video justru lebih nyaman bukan untuk kontenmu?

Download Flashback Express by Blue Berry Software

4. AMD Radeon ReLive


Halo pengguna GPU AMD, kamu sebenarnya punya software bawaan dari driver AMD sendiri lho, namanya AMD ReLive. Software bawaan driver AMD ini bisa digunakan oleh kamu yang miliki Radeon seri RX 400 ke atas dan bisa dibilang sangat lengkap. Mulai dari merekam replay, jadikan gameplay terakhirmu dalam format GIF, hingga melakukan livestream. Berbeda dari si hijau, ia tak membutuhkan registrasi untuk menggunakannya.

Download AMD Radeon ReLive (1 Paket dengan AMD Graphics Card Driver)

3. NVIDIA GeForce Experience Shadowplay


Sama seperti AMD ReLive, NVIDIA Shadowplay merupakan software perekam layar gratis bawaan driver GPU NVIDIA yang hanya bisa digunakan bagi kamu yang miliki seri GTX 650 ke atas untuk Desktop PC dan seri GTX 660M ke atas untuk laptop. Ia akan berimu kemampuan screenshot, rekam replay 20 menit, rekam layar PC, gameplay, streaming di NVIDIA SHIELD smart TV, hingga livestream dengan resolusi maksimal 4K 60 fps sesuai setting yang didukung oleh platform situs livestream. Ia juga miliki photo mode dan game filter untuk beberapa game yang mendukung fiturnya. Meski membutuhkan registrasi, namun beberapa fitur yang disajikan terasa cukup lengkap bagi kamu yang memang penikmat si hijau.

Download NVIDIA GeForce Experience Shadowplay

2. OBS Studio


Siapa yang ngga kenal software perekam layar gratis yang satu ini? OBS Studio miliki nama yang sangat tenar di luar sana sebagai salah satu software perekam layar gratis terbaik untuk gamer dan telah digunakan oleh beberapa Streamer video game terkenal di luar negeri. Tak hanya merekam layar desktop dan gameplay, ia juga bisa kamu gunakan untuk livestream di berbagai platform mulai Facebook, YouTube, Twitch, hingga Mixer. Berbeda dengan beberapa software perekam layar lain yang miliki setting yang telah ditentukan, OBS Studio bisa kamu setting sesuka hati sesuai kemampuan hardware PCmu masing-masing. Ia juga mendukung rekaman software lain seperti voice chat dari Discord atau yang lain. Software ini juga bisa kamu gunakan untuk merekam layar PS4, Xbox One, maupun Nintendo Switch jika kamu memiliki capture card seperti Elgato atau Razer Ripsaw.

Download OBS Studio

1. Streamlabs OBS


Serupa namun tak sama, itulah kesan pertama dari Streamlabs OBS. Software perekam layar yang merupakan versi upgrade dari OBS Studio ini dikerjakan oleh tim yang berbeda namun masih menggunakan dasar kemampuan yang dimiliki kakaknya. Berbeda dari OBS, Streamlabs miliki fitur yang lebih banyak namun juga lebih praktis untuk masalah livestream. Fokusnya pada livestream tak tinggalkan fitur lain yang dimilikinya yakni sebagai perekam layar. Kamu bisa merekam layar baik kegiatan desktop maupun gaming hingga resolusi terbesar yang kamu miliki. Ia juga mendukung 30, 60, hingga frame per-second terbesar yang mampu diberikan oleh PCmu. Namun sama seperti kakaknya, settingnya yang sangat bebas buatmu perlu melihat beberapa tutorial YouTube agar dapatkan kualitas dan performa yang kamu inginkan. Sama seperti kakaknya, software ini juga bisa kamu gunakan untuk merekam layar PS4, Xbox One, maupun Nintendo Switch jika kamu memiliki capture card seperti Elgato atau Razer Ripsaw.


Itulah delapan software perekam layar PC yang sangat powerful, ngga ribet (meski nomor 1 dan 2 cukup ribet untuk settingnya), tanpa watermark dan batas rekam, dan 100% gratis lengkap dengan fitur yang kamu impikan demi konten videomu, baik tutorial hingga gaming. Adakah software gratis premium lain yang kamu rekomendasikan selain rekomendasi kami? Seperti biasa, cantumin komentar kamu di bawah ya.

Kamu bisa membaca artikel sejenis melalui link berikut agar kamu miliki pengetahuan lebih di industri video game, teknologi, dan yang lain. Atau, kamu bisa baca artikel keren lain dari Ayyadana Akbar.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item