8 Soundtrack Game Terbaik dari Tahun ke Tahun Versi The Game Awards

Soundtrack Game Terbaik

Ajang The Game Awards 2022 tinggal sebentar lagi. Berbagai kategori nominasi tahunan turut hadir meramaikan kembali ajang perhelatan penghargaan yang diselenggarakan oleh jurnalis Geoff Keighley sejak tahun 2014.

Soundtrack Game Terbaik Versi The Game Awards dari Tahun ke Tahun

Komposer musik game Nobuo Uematsu

Salah satu kategori yang lumayan kami nantikan adalah Best Soundtrack atau Best Scoring and Music yang hadir tiap tahunnya. Sebagai penikmat musik dalam game, ajang ini menjadi salah satu perkenalan juga terhadap musik di video game yang sudah tidak dapat dipandang sebelah mata.

Banyak sekali komposer-komposer hebat dan bertalenta yang meracik soundtrack game dan layak dapat perhatian lebih. Judul game yang memenangkan kategori Best Scoring di The Game Awards ini juga merupakan game yang memang populer di masanya. Berikut adalah 8 Soundtrack game terbaik versi The Game Awards sepanjang masa.

1. Destiny (2014)

Destiny

Hadir sebagai game multiplatform yang awalnya di-publish oleh Activision sebelum pisah di tahun 2019. Game first person shooter ini berhasil memenangkan kategori Best Score dari The Game Awards 2014, bersaing langsung dengan game-game papan atas lainnya: Alien: Isolation, Child of Light, Transistor, dan Sunset Overdrive.

Komposer ternama Marty O’Donnell yang sebelumnya mengerjakan seri Halo bersama Michael Salvatori berhasil mengisi kemegahan dunia Sci-Fi Destiny dalam gubahan soundtrack mereka. Walau kandidat lain juga tidak kalah secara sound design yang menurut kami tetap layak dapat apresiasi.

2. Metal Gear Solid V: The Phantom Pain (2015)

Metal Gear Solid V: The Phantom Pain

Soundtrack game besutan Hideo Kojima di seri terakhir Metal Gear sebelum dirinya hengkang dari Konami ini memang menawarkan sesuatu yang sudah lazim di perbincangan OST game terbaik atau musik game terbaik.

Game stealth action ini memang sudah ditinggali kreator. Namun bukan berarti perpisahan ini menurunkan kualitas dari musik game tersebut. Bersaing secara langsung dengan Fallout 4, Halo 5: Guardians, The Witcher 3: Wild Hunt, dan Ori and the Blind Forest dimana seluruh jajaran nominasinya punya potensi yang sama.

3. Doom (2016)

Doom (2016)

Doom berhasil memenangkan Soundtrack game terbaik di TGA 2016 yang mana jajaran nominasinya adalah Battlefield 1, Inside, Rez Infinite, dan Thumper. Game buatan id Software dan di-publish oleh Bethesda Softworks ini berhasil keluar sebagai pemenang Best Music/Sound Design tahun 2016.

Mick Gordon yang terkenal dengan musik game Wolfenstein dan Killer Instinct ini juga memenangkan beberapa award lain untuk komposisinya di Doom (2016) ini di kategori Best Music.

4. NieR: Automata (2017)

NieR: Automata

NieR Automata tidak bisa dipungkiri adalah salah satu game terpenting yang pernah diciptakan. Selain mempunyai pesan filosofis yang dalam dan desain dunia yang fantastis, NieR: Automata juga punya salah satu OST game terbaik yang pernah ada di seri NieR itu sendiri.

Bersaign langsung dengan Cuphead, Persona 5, Destiny 2, Super Mario Odyssey, dan the Legend of Zelda: Breath of the Wild. Jajaran game tersebut termasuk saingan yang berat dan punya ciri khas masing-masing.

5. Red Dead Redemption 2 (2018)

Red Dead Redemption 2

Saingan musik game terbaik tahun 2018 juga lumayan berat. Hadirnya Marvel’s Spider-Man, God of War, Ni no Kuni 2: Revenant Kingdom, dan Celeste menambah saingan Red Dead Redemption 2 besutan Rockstars Games.

Komposer Woody Jackson yang sebelumnya sudah mengerjakan Red Dead Redemption pertama dan Grand Theft Auto V ini kembali hadir di seri prekuel perjalanan Arthur Morgan ini. Membuatnya memenangkan kategori best scoring di tahun 2018.

6. Death Stranding (2019)

Death Stranding

Memang sebagai seorang penikmat musik, Hideo Kojima tidak sembarangan membiarkan musik game di proyek pertamanya dengan Sony ini. Terkenal karena genre stealth action seperti Metal Gear membuatnya ingin mencoba sebuah genre game baru yang ia namai Strand game.

Musik game yang dipilih pun bisa dibilang top notch dan sangat sesuai dengan ambien gamenya yang post-apocalyptic. Ludvig Forssell yang menggubah musik gamenya berhasil menciptakan suasana dunia kosong dan mencekam.

7. Final Fantasy VII Remake (2020)

Final Fantasy 7 Remake

Seri Final Fantasy memang sudah melekat dengan soundtrack yang fenomenal. Jadi tidak mengherankan jika seri remake dari game Square Enix (yang dulunya Square Soft) juga dapat perhatian yang sama oleh developernya.

Final Fantasy VII Remake menghadirkan gubahan yang lebih modern dan megah dari versi originalnya yang hadir di konsol PlayStation 1. Beradu head-to-head dengan Doom: Eternal, Hades, The Last of Us Part 2, Ori and the Will of the Wisp.

8. NieR Replicant ver.1.22474487139… (2021)

NieR Replicant ver.1.22474487139…

The Game Awards 2021 yang hadir tahun lalu ketika artikel ini ditulis juga menghadirkan nominasi kuat Deathloop, Marvel’s Guardians of the Galaxy, Cyberpunk 2077, The Artful Escape.

NieR Replicant ver.1.22474487139 keluar sebagai pemenang kategori Best Score/Music untuk tahun 2021 menjadikan kedua kalinya game besutan Yoko Taro ini menang di ajang The Game Awards untuk kategori OST game terbaik.

Merupakan remaster dari NieR: Replicant yang hadir di Jepang tahun 2010. NieR Replicant sendiri rilis bareng dengan NieR: Gestalt namun hanya versi Replicant yang dapat remaster dan pertama kalinya rilis di luar pasar Jepang. Sedangkan Gestalt belum ada kabar dari pihak Square Enix.

Itulah 8 soundtrack game terbaik dari tahun 2014 hingga The Game Awards 2021. Karena ajang tahun ini tinggal beberapa hari lagi, menurut kalian judul mana yang akan menang untuk kategori Best Score di The Game Awards 2022? Kasih tahu pendapat kalian ya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game Terbaik atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version