8 Tipe Gamer Pengguna Steam Dilihat dari Kebiasaannya

steam game image collage e1540653358747

Salah satu platform distribusi game digital yang banyak digunakan oleh gamer saat ini adalah Steam. hal tersebut didukung oleh sejumlah faktor, di antaranya adalah banyaknya game yang tersedia, serta kemudahan dalam mengaksesnya. Saat ini tercatat ada lebih dari 150 juta akun Steam yang teregistrasi.

Bicara mengenai para gamer pengguna Steam, mereka tentu memiliki kebiasaan masing-masing. Berikut ini, kami telah membagi tipe gamer pengguna Steam menjadi 8 jenis apabila dilihat dari kebiasaannya. Simak dalam daftar di bawah ini.


1. Sultan

Sesuai namanya, gamer satu ini merupakan tipe gamer yang kelebihan budget. Apabila kamu menengok profil Steam mereka, dijamin akan membuat iri, karena biasanya menampilkan spesifikasi komputer mereka yang ganas ditambah showcase berbagai item game langka dengan harga selangit yang dimiliki. Jika mengintip lebih jauh ke dalam library mereka, kamu akan dibuat ngiler dengan game-game terbaru yang ada di dalamnya.


2. Boros

Tipe gamer yang satu ini bisa mungkin bisa dibilang hampir mirip dengan sultan. Namun, di antara puluhan atau bahkan ratusan game yang mereka miliki hanya beberapa saja yang benar-benar dimainkan. Sementara, sebagian besar lainnya hanya berfungsi sebagai penghias library semata.


3. Seller

Jika ada gamer yang menggunakan Steam untuk mencari keuntungan dengan cara menjual gift, Steam Wallet, ataupun item, mereka adalah Seller. Tipe gamer satu ini mudah dikenali dengan melihat profil Steam-nya. Mereka biasanya mencantumkan daftar harga item atau game yang mereka jual. Kamu juga dapat menemukan adanya testimoni dari para pembeli yang pernah menggunakan jasa mereka.


4. Dekorator

Gamer satu ini sepertinya merupakan tipe yang paling menyukai estetika. Jika mengunjungi halaman profil Steam mereka, kamu akan disuguhi dengan artwork showcase berupa gambar maupun gambar bergerak yang dibuat menyatu dengan background sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan pofil.


5. Kolektor Badge

Tipe satu ini dapat dikenali dengan melihat badge dan level Steam yang mereka miliki. Gamer ini selalu melengkapi setiap kartu dalam game untuk mendapatkan badge dengan level tertinggi. Jika sudah begitu, otomatis level akun Steam mereka akan ikut naik. Gamer ini biasanya juga termasuk tipe sultan.


6. Reviewer

Dibandingkan tipe lainnya, gamer ini paling senang mencari kekurangan dan kelebihan dari setiap game yang mereka mainkan dan mengkomunikasikannya dengan orang lain. Oleh karena itu, tipe gamer ini banyak membuat review untuk membantu gamer lainnya dalam membuat pertimbangan sebelum membeli sebuah game.


7. Pemburu Gratisan

Seperti namanya, gamer tipe ini dapat diketahui dengan menengok library mereka, isinya biasanya adalah game-game free to play dan game yang pernah digratiskan sebelumnya. Apabila dilihat dari profilnya, kamu tidak akan menemukan hal-hal yang mencolok, hanya tampilan default saja dengan sedikit perubahan.


8. Nolep

Nah, gamer satu ini biasanya adalah orang yang tidak ada kerjaan lain. Mereka selalu online dan bermain game setiap saat. Apabila gamer tipe ini ada dalam friendlist-mu, kapanpun kamu login pasti akan selalu mendapati bahwa mereka sedang bermain game.  


Itulah tadi 8 tipe gamer pengguna Steam apabila dilihat dari kebiasaannya menurut Gamebrott. Termasuk tipe yang mana sajakah kamu? Atau malah termasuk tipe yang tidak kami sebutkan sama sekali di atas? Jangan lupa tinggalkan komentar share artikel ini ke temanmu agar mereka juga tahu.

Exit mobile version