8 Tips Bermain Game Multiplayer First-Person Shooter Bagi Pemula


Add Friend

Pernahkah kamu bermain game multiplayer First-Person Shooter atau lebih dikenal dengan FPS untuk pertamakali dan tidak cepat menguasai gamenya meski sudah beberapa minggu bermain game tersebut? Apakah kamu sudah bosan menjadi bulan-bulanan musuhmu sehingga membuatmu mungkin mencari jalan pintas dengan menggunakan cheat? Mungkin beberapa tips dari kami bisa membantumu untuk lebih menguasai game FPS agar kamu bisa memainkannya dengan benar. Tips ini memang tidak akan membuatmu jago bermain game FPS. Namun setidaknya tips ini bisa membantumu memainkan gamenya dengan benar dan menghindarkan cemoohan dari rekan satu tim-mu.


1. Jangan Takut Mati

Kebanyakan player ketika bermain game FPS untuk pertamakalinya adalah takut akan kematian. Mereka lebih suka cari aman dengan bertahan hidup lebih lama atau mati paling belakang. Cara tersebut menurut kami cara yang salah kaprah, justru mati akan menjadi pelajaran bagimu untuk berkembang menjadi lebih baik. Jadikan kematian di tiap sesi dan rondemu untuk mempelajari map, gerak gerik musuhmu, hingga celah dan kesempatan yang bisa kamu gunakan untuk melancarkan strategimu selanjutnya.


2. Selalu Pelajari Map

Menyambung dari poin pertama, map adalah tempat yang paling krusial di tiap permainanmu. Jika kamu mampu menguasainya, maka kamu bisa memanfaatkan apa yang ada di map yang sedang kamu mainkan. Misalnya saja di Battlefield 4 terdapat beberapa gedung dan spot-spot dimana musuhmu biasa bersembunyi yang bisa kamu hancurkan, dan lain sebagainya. Menguasai map juga mampu membuatmu mengatur strategi, misalnya flanking atau langsung kuasai objective musuh.


3. Pelajari Strategi Tim Musuhmu

Di sepanjang permainan, sebisa mungkin kamu harus pelajari strategi musuhmu. Entah mereka selalu menyerang secara individu, satu grup, bertahan dengan patroli di satu area, camping, flanking, dan yang lain. Mempelajari strategi musuhmu sangat penting untuk meningkatkan persentase kemenangan tim-mu dalam sebuah pertandingan.


4. Pelajari Senjata/Class yang Paling Nyaman Untukmu

Teamwork yang bagus tidak akan ada gunanya apabila kamu tidak nyaman menggunakan senjata/class yang kamu pakai. Setiap player memiliki preferensi senjata atau classnya masing-masing. Pelajari senjata atau class yang paling nyaman buatmu dan jadikan prioritas utamamu. Tinggalkan dahulu senjata atau class yang kamu anggap sulit untuk sementara dan fokus pada senjata atau class yang kamu bisa.


5. Latih Aim Melawan Player, Bukan Bot

Berlatih aim di game FPS merupakan hal yang tidak boleh kamu tinggalkan. Beberapa game menyediakan mode latihan untuk aim-mu dengan melawan bot. Misalnya saja seri Counter-Strike yang memungkinkanmu melawan bot dalam tingkat kesulitan tertentu untuk melatih aim-mu. Namun tahukah kamu, bahwa melawan player akan jauh lebih cepat mengasah kemampuan aim-mu? Berbeda dengan bot yang gerakannya gampang ditebak, player memiliki gerakan yang sulit ditebak karena memiliki kemauannya masing-masing. Gaya bermain player yang berbeda dari bot bisa mempertajam instingmu untuk memutuskan suatu hal dan mendaratkan tembakan di saat yang tepat.


6. Pilih Sensitivity Mouse Sesuai Kenyamananmu (PC Only)

Sensitivity adalah satuan seberapa cepat pointer mouse-mu akan berjalan. Semakin besar sensitivity, maka semakin cepat pula kecepatan pointer mouse/aim-mu di game FPS. Hal ini menyebabkan kamu bisa melakukan aim hingga 180-360 derajat hanya dengan gerakan minimum pada mouse. Setiap player memiliki preferensinya masing-masing soal sensitivity pada mouse. Pastikan sensitivity mouse-mu nyaman dengan tanganmu untuk mendaratkan aim tepat pada musuhmu.


7. Selain Mode Team Deathmatch, Selalu Utamakan Objective Daripada Kill

Kami tahu, kamu bermain game FPS pasti ingin membunuh banyak musuh dan memamerkannya kepada teman-temanmu bahwa kamu yang paling hebat di game tersebut. Namun jangan pernah mengutamakan kill di mode selain mode Team Deathmatch setinggi apapun ego yang kamu miliki. Karena menyelesaikan objective adalah salah satu syaratmu untuk memenangkan pertandingan tersebut. Memang benar, membunuh musuh paling banyak merupakan kenikmatan pribadi yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, namun apa gunanya jika tim-mu kalah secara tak terhormat karena kamu atau tim-mu tidak menyelesaikan objective di mode non-team deathmatch?


8. Latihan, Latihan, dan Latihan

Sempurnakan ketujuh poin di atas dengan latihan rutin hingga kamu bisa memainkannya dengan baik dan benar. Poin ke-8 ini akan semakin mempertajam insting, reflek, dan sifat alamiahmu di dunia game FPS, yang mungkin bisa menghantarkanmu menjadi lebih mahir memainkan gamenya. Poin ini mungkin tidak begitu penting bagi kamu yang bermain game FPS secara casual dan hanya untuk fun saja, namun penting jika kamu ingin meningkatkan level-mu ke ranah yang lebih tinggi atau ke tingkat yang lebih profesional.


Kedelapan poin di atas mungkin hanya segelintir dari banyaknya tips yang ada di luar sana. Namun kami rasa poin-poin di atas cukup membantu bagi kamu yang masih pemula di genre FPS secara umum. Jika kamu memiliki tips lain bagi teman gamermu yang masih pemula dengan game FPS di luar sana, jangan malu, kamu bisa membagikannya di kolom komentar.