8 Tips Jitu Agar Kamu Bisa Master Tier di Pokémon UNITE, Nomor 8 Paling Penting!

Pokemon Unite

Pokémon UNITE adalah game MOBA Pokémon yang sudah rilis terlebih dahulu di Nintendo Switch dan baru saja rilis untuk Android dan iOS.

Game MOBA keren ini memiliki Learning Curve yang tidak susah, namun masih banyak pemain yang belum mengerti strategi dalam game ini. Pada artikel ini, Penulis akan menjelaskan tips berdasarkan post Facebook oleh seorang pemain Veteran game ini agar kamu bisa mencapai tier Master di Pokémon UNITE.

1. Pelajari Rotasi dari Game.

8 Tips Jitu Agar Kamu Bisa Master Tier di Pokémon UNITE, Nomor 8 Paling Penting! 10

Kalian harus tahu menit berapa Pokemon creep akan spawn. Gambar di atas menjelaskan menit berapa pokemon creep akan spawn beserta arah rotasi farmingnya. Pelajari juga fungsi/role dari masing – masing Pokemon yang kalian gunakan beserta potensi dan kekurangannya. Penempatan role seperti Speedster, Attacker, Defender terkadang masih terlalu bias (misalnya Greninja/Gekkouga memiliki role attacker, tapi juga punya kapabilitas sebagai speedster).

Beberapa Pokemon memang dapat digunakan diluar rolenya, akan tetapi hal tersebut tidak terlalu efektif dalam ranked match. Usahakan juga penyesuain role dengan tim sehingga kamu dapat melakukan rotasi yang lebih efektif.

2. Jangan Ambil Corphish Midlane Jika Kalian Bukan Midlaner

8 Tips Jitu Agar Kamu Bisa Master Tier di Pokémon UNITE, Nomor 8 Paling Penting! 11

Hal yang sering terjadi bagi pengguna Speedster (Midlane) adalah Corphish pada Midlane diambil oleh teman sendiri. Hal ini berakibat fatal untuk early game karena pemain Midlane terpaksa harus berkeliling lagi untuk mendapatkan exp agar mereka dapat membantu lane lain.

Terkadang ini tidak disadari para pemain Pokemon Unite, banyak yang dengan mudahnya mengatakan bahwa itu tidak masalah namun kemudian menyalahkan speedster ketika tim kalah.

3. Hindari Gabut Ketika Menjadi Midlaner

8 Tips Jitu Agar Kamu Bisa Master Tier di Pokémon UNITE, Nomor 8 Paling Penting! 12

Meskipun point sebelumnya membela para pemain Midlaner, pada point ini merupakan tips untuk para Midlane. Pada early game ketika semua creep telah habis, lihatlah lane mana yg membutuhkan bantuan. Midlane wajib membantu lane yg kesusahan ketika sudah menghabiskan creep mid.

Hal ini membantu perkembangan level dari pokemon yg ada di lane yang terdesak. Jika tidak bisa melakukan kill lawan saat gang, minimal seorang Midlaner harus bisa claim zona Vespiqueen yg akan spawn setiap 1 menit 10 detik. Setelah itu baru balik ke jungle untuk melakukan farm.

4. Koordinasi dengan Tim

8 Tips Jitu Agar Kamu Bisa Master Tier di Pokémon UNITE, Nomor 8 Paling Penting! 13

Untuk yang bermain di Top atau Bottom lane pada early game kalian akan creeping Aipom yang ada di sepanjang lane. Pada saat bertemu dengan 2 Aipom yg berdampingan, koordinasilah dengan teman kalian untuk tidak memukul 2 Aipom itu. Lebih baik kalian curi start untuk menghabiskan creep didekat goal zone dan mencuri creep pada area lawan.

Setelah semua sudah diambil, kalian bisa kembali sebentar untuk mengambil 2 Aipom Yang kalian tinggalkan tadi. Dengan begitu kalian akan mendapat exp yang lebih banyak tanpa harus takut diserang lawan ketika farming.

Selalu lakukan koordinasi ketika melakukan hal lain seperti mengambil Rotom dan juga Drednaw, karena yang sering menjadi masalah adalah tim sering tidak sadar ketika kita ingin melawan kedua Pokemon tersebut.

5. Perhatikan Timer Match

8 Tips Jitu Agar Kamu Bisa Master Tier di Pokémon UNITE, Nomor 8 Paling Penting! 14

Buah yang akan memberikan buff Movement Speed akan muncul ketika permainan sudah berjalan selama 1 menit. Midlaner dapat mengambil buff tersebut agar dapat lebih cepat ke lane tujuan sehingga dapat membantu tim untuk mengamankan posisi. Setelah itu Midlaner juga dapat kembali ke lokasi buff tersebut untuk mengalahkan Corphish yang baru muncul.

Jika timer sudah mendekati menit 7 (Tersisa 3:00 lagi), Toplaner, Midlaner, Botlaner harus bisa sesegera mungkin mengalahkan drednaw yang ada di Bottom lane. 7.20 adalah waktu yang ideal untuk turun ke Bottom lane.

Zapdos juga akan muncul ketika waktu tersisa 2 menit lagi. Zapdos merupakan pokemon creep terkuat dalam match yang dapat memberikan Instant Scoring serta memaksimalkan scoring tim. Mendapatkan Zapdos bisa dipastikan akan memenangkan pertandingan.

6. Perhatikan Drednaw dan Rotom

8 Tips Jitu Agar Kamu Bisa Master Tier di Pokémon UNITE, Nomor 8 Paling Penting! 15

Rotom adalah minion yang memberikan efek Instant Scoring ketika pokemon tersebut masuk kedalam Goal Zone. Usahakan mengalahkan Rotom ketika pokemon tersebut sudah muncul. Dengan begitu kalian dapat menghancurkan Toplane lawan lebih cepat. Tetapi jangan terlalu agresif, perhatikan sekitar ketika ingin mengambil Rotom karena musuh tentunya akan mencuri Rotom jika kalian tidak waspada.

Begitu juga untuk Drednaw. Pokemon ini akan memberikan buff sehingga satu tim dapat melakukan push dengan aman. Sama seperti Rotom, perhatikan sekitar ketika ingin mengalahkan Drednaw agar tidak dicuri oleh musuh.

Jika kalian gagal mengambil Drednaw atau mengalami kesulitan karena goal zone Tier 1 sudah hancur dan musuh sudah mengalahkan Drednaw, sesegera mungkin kalian harus ambil Rotom. Jangan terpancing untuk war ketika musuh di Bottomlane masih dapat buff Drednaw dan seluruh team tidak ada dibawah.

7. Jangan Force War Jika Tak Yakin

8 Tips Jitu Agar Kamu Bisa Master Tier di Pokémon UNITE, Nomor 8 Paling Penting! 16

Hindari war jika musuh masih berada di dalam goal zone mereka. Pancing mereka keluar dari zona sebelum melakukan war. Hal ini lebih efektif dibandingkan memaksa masuk ke area goal zone lawan karena ketika musuh berada di goal zone, mereka akan mendapatkan HP Regeneration yang cukup tinggi.

Hindari melakukan War yang beresiko ketika Zapdos akan spawn. Hal ini selalu menjadi kesalahan yang fatal sehingga pemain akan sering kalah ketika mereka terlalu agresif pada saat Zapdos akan muncul.

8. Zapdos Adalah Kunci Kemenangan

8 Tips Jitu Agar Kamu Bisa Master Tier di Pokémon UNITE, Nomor 8 Paling Penting! 17

Serang Zapdos langsung ketika pokemon ini telah muncul. Jangan lakukan hal – hal aneh seperti mencuri point ketika tim sedang berperang di Midlane. Lebih baik membantu tim jika dirasa tim kamu tidak akan menang 4 vs 5. Zapdos akan membuat chance menang kalian naik menjadi 90%. Jadi, Selalu incar Zapdos untuk mengamankan kemenangan.

Ketika tim kamu mendapatkan Zapdos, jangan terpancing oleh ajakan war dari musuh. Fokus untuk mencetak point terlebih dahulu karena 10% kekalahan pemenang Zapdos adalah tidak adanya Point yang dicetak ketika telah mendapatkan buff.

Jika tim kamu tidak mendapatkan Zapdos, langsung mundur ke Goal Zone tim agar dapat melakukan counter tim lawan. Kalahkan mereka sebelum mereka mencetak skor agar tim kamu bisa memenangkan pertandingan.

8 Tips Jitu Agar Kamu Bisa Master Tier di Pokémon UNITE, Nomor 8 Paling Penting! 18

Lakukan Tips – Tips di atas agar kamu dapat memenangkan pertandingan dan dapat menuju Master Rank di Pokémon UNITE. MOBA ini berbeda dari MOBA pada umumnya jadi beberapa hal yang telah kamu kuasai pada game MOBA lain tidak semuanya akan berguna pada game ini. Selamat melakukan Ranked Match, brott!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version